Fitur dan Harga Lebih Oke, Wuling Almaz RS Juga Siap Jegal Toyota Kijang Innova

Dhoni · 30 Mar, 2021 18:00

Wuling Almaz RS 2021 telah resmi diluncurkan dengan 3 varian yang terbagi dalam jumlah penumpang dan opsi fitur canggih yang tersedia. Wuling Almaz RS 2021 yang masuk dalam segmen Sport Utility Vehicle (SUV), memiliki harga yang begitu kompetitif. Bahkan dengan modal fitur yang canggih,  Wuling Almaz dapat menantang kendaraan di kelas Multi Purpose Vehicle (MPV), seperti Toyota Kijang Innova.

Fitur dan Harga Lebih Oke, Wuling Almaz RS Juga Siap Jegal Toyota Kijang Innova 01

harga Wuling Almaz RS 2021 ditawarkan dari Rp355,8 juta hingga Rp370,8 juta

Jika dibandingkan, harga Wuling Almaz RS 2021 ditawarkan dari Rp355,8 juta hingga Rp370,8 juta. Sementara itu, Toyota Kijang Innova berkisar dari harga Rp342 juta hingga 445 juta.

Perbandingan harga Wuling Almaz RS 2021 dan Toyota Kijang Innova:

Perbandingan harga Wuling Almaz RS 2021 dan Toyota Kijang Innova
Brand Tipe Harga
Wuling Wuling Almaz RS EX 5-seater Rp355,8 juta
Wuling Almaz RS EX 7-seater Rp365,8 juta
Wuling Almaz RS Pro 7-seater Rp370,8 juta
Toyota Toyota Kijang Innova 2.0 G M/T bensin Rp342,4 juta
Toyota Kijang Innova 2.0 G A/T bensin Rp361,3 juta
Toyota Kijang Innova 2.0 V M/T bensin Rp391,1 juta
Toyota Kijang Innova 2.0 V A/T bensin Rp410,6 juta
Toyota Kijang Innova 2.0 G M/T diesel Rp373,5 juta
Toyota Kijang Innova 2.0 G A/T diesel Rp394,7 juta
Toyota Kijang Innova 2.0 V M/T diesel Rp426 juta
Toyota Kijang Innova 2.0 V A/T diesel Rp445,7 juta

Harga WuLing Almaz RS 2021 bersubsidi vs Harga Toyota Kijang Innova PPnBM

Walaupun tidak masuk skema PPnBM, khusus pembelian Wuling Almaz RS 2021 hingga akhir 30 April 2021, harga yang ditawarkan akan mendapatkan subsidi. Wuling Almaz RS EX 5-seater jadi Rp340,8 juta, Wuling Almaz RS EX 7-seater Rp350,3juta dan Wuling Almaz RS Pro 7-seater Rp354,8 juta.

Tidak hanya subsidi harga, pada program tersebut, setiap pembelian Wuling Almaz RS juga akan gratis service 50 ribu kilometer atau 4 tahun dengan syarat dan ketentuan berlaku. Namun harga subsidi ini hanya berlaku untuk pembelian di area Jakarta saja.

Fitur dan Harga Lebih Oke, Wuling Almaz RS Juga Siap Jegal Toyota Kijang Innova 02

Sedangkan harga Toyota Kijang Innova dipastikan akan mengalami penurunan setelah mendapatkan relaksasi PPnBM, berkisar antara Rp315,2 juta hingga Rp406,3 juta. Walau telah mendapatkan diskon 20%, ternyata Toyota Kijang Innova tetap lebih mahal dari Almaz RS.

Lalu bagaimana dengan spesifikasi dari keduanya? 

Fitur dan Harga Lebih Oke, Wuling Almaz RS Juga Siap Jegal Toyota Kijang Innova 03

Toyota Kijang innova 2021

Wuling Almaz RS 2021 dibekali teknologi WISE

Wuling Almaz masuk dalam segmen SUV, sedangkan Toyota Kijang Innova adalah MPV. Memang tidak apple to apple secara jenis namun secara kisaran harga saling berdekatan sehingga sangat menarik untuk dikomparasi.

Kami akan membandingkan kedua model dengan menggunakan Wuling Almaz RS EX 7-seater dan Toyota Kijang Innova 2.0 V A/T. Memang kijang Innova 2.0 V A/T sebenarnya dibanderol Rp410,6 juta, tetapi setelah mendapatkan relaksasi PPnBM akan berkisar di angka Rp378,2 juta. Sedangkan harga normal Wuling Almaz RS EX 7-seater berada di harga RP370,8 juta. Harga yang tidak terlalu berbeda jauh.

Fitur dan Harga Lebih Oke, Wuling Almaz RS Juga Siap Jegal Toyota Kijang Innova 04

Wuling Almaz RS EX 7-seater dengan WISE

Secara spesifikasi, Wuling Almaz RS EX 7-seater merupakan varian tertinggi dari Almaz RS 2021. Berbagai fitur canggih telah tersedia pada Wuling Almaz RS EX 7-seater hasil dari inovasi Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE).

Di dalam WISE terdapat Internet of Vehicle (IoV), Advanced Driver Assistance System (ADAS). Almaz RS tentunya didukung perintah suara canggih berbahasa Indonesia pertama, Wuling Indonesian Command (WIND).

Fitur dan Harga Lebih Oke, Wuling Almaz RS Juga Siap Jegal Toyota Kijang Innova 05

MyWuling+ hanya tersedia untuk Wuling Almaz RS 2021

Melalui aplikasi MyWuling+, pemilik Wuling Almaz RS 2021 dapat mengakses IoV seperti Vehicle Remote Control, Bluetooth Key, Vehicle Positioning, dan Geo-fencing Securit. Selain itu pengguna juga dapat mengetahui status bahan bakar dan jarak tempuh yang tersisa. 

Fitur dan Harga Lebih Oke, Wuling Almaz RS Juga Siap Jegal Toyota Kijang Innova 06

kokpit Wuling Almaz RS EX 7-seater

Sedangkan untuk mengontrol penggunaan head unit model layar sentuh berukuran 10,4 inci, Anda tidak perlu menyentuhnya. Untuk mengakses head unit yang ada didalamnya, terdapat Online Navigation, Online Music, dan Internet Messaging App dapat dilakukan dengan perintah suara berbahasa Indonesia berkat tersedianya Wuling Indonesian Command (WIND).

Kemampuan lain dari WIND pada Wuling Almaz RS 2021, yaitu dapat untuk membuka atau menutup jendela, mengoperasikan wiper hingga mengatur kebutuhan mode pendingin atau AC.

Fitur dan Harga Lebih Oke, Wuling Almaz RS Juga Siap Jegal Toyota Kijang Innova 07

Layar sentuh 10,4 inci pda Wuling Almaz RS EX 2021

Sedangkan fitur yang sangat diminati pada kendaraan ini adalah tersedianya ADAS, agar dapat memberikan kenyamanan dan keamanan selama berkendara. ADAS atau Advanced Driver Assistance System merupakan fitur yang terdiri dari:

Adaptive Cruise yang terdiri dari Adaptive Cruise Control (ACC), Bend Cruise Assistance (BCA), Traffic Jam Assistance (TJA), dan Intelligent Cruise Assistance (ICA).

Fitur dan Harga Lebih Oke, Wuling Almaz RS Juga Siap Jegal Toyota Kijang Innova 08

Cruise Control pada Wuling Almaz RS EX 7-seater

Lane Recognition yang didukung Lane Departure Warning (LDW) dan Lane Keeping Assistance (LKA).

Safe Distance & Braking Assistance yang didalamnya terdapat Safe Distance Warning (SDW), Forward Collision Warning (FCW), Automatic Emergency Braking (AEB), Intelligent Hydraulic Braking Assistance (IHBA), Collision Mitigation System (CMS).

Automatic Light diakomodasi melalui Intelligent Head Beam Assistance (IHMA).

Dengan mengandalkan WISE, tentunya Wuling Almaz RS EX 7-seater akan lebih memiliki nilai ekonomis lebih baik dibandingkan Toyota Kijang Innova.

Keselamatan, kenyamanan dan keamanan telah diramu dengan komposisi yang pas menjadi Wuling Almaz RS 2021. Terlebih pada Wuling Almaz RS EX 7-seater telah terdapat panoramic sunroof, start-stop button, 360 Camera, Electric Parking Brake (EPB) dan Auto Vehicle Holding (AVH).

Adu Spesifikasi Mesin dan Transmisi Wuling Almaz RS EX 7-seater vs Toyota Kijang Innova 2.0 V A/T

Wuling Almaz RS EX 7-seater mengandalkan mesin berkapasitas 1.500cc, 4 silinder yang dapat menghasilkan tenaga sebesar 141,9 PS dengan torsi mencapai 250 Nm. Seluruh tenaga yang dihasilkan mesin Wuling Almaz RS 2021 disalurkan ke roda depan melalui transmisi CVT.

Fitur dan Harga Lebih Oke, Wuling Almaz RS Juga Siap Jegal Toyota Kijang Innova 09

Mesin Wuling Almaz RS EX 7-seater

Sedangkan Toyota Kijang Innova 2.0 V A/T mengunakan mesin berbahan bakar bensin 2.0 L dengan kapasitas mesin 1.990 cc, 4 silinder segari 16 katub DOHC. Mesin tersebut dapat mengeluarkan tenaga sebesar 138,9 PS dengan torsi 183 Nm. Tenaga tersebut ditransferkan ke roda belakang (RWD) melalui transmisi otomatis.

Bicara tentang tenaga yang dihasilkan, di atas kertas Wuling Almaz RS EX 7-seater pasti lebih unggul dibanding Toyota Kijang Innova 2.0 V A/T. Walau kami belum menguji secara head to head untuk konsumsi bahan bakar, seharusnya kapasitas mesin lebih kecil akan lebih efisien.

Namun yang menarik adalah sistem gerak roda, perdebatan antara Rear Wheel Drive (RWD) dan Front Wheel Drive (FWD) memang kerap terjadi. Jadi lebih unggul mana antara Wuling Almaz RS EX 7-seater dan Toyota Kijang Innova 2.0 V A/T dalam sistem gerak roda, tentu kembali dari selera ataupun kebutuhan penggunanya.

Perbandingan dimensi Wuling Almaz RS EX 7-seater dan Toyota Kijang Innova 2.0 V A/T

 
Dimensi Wuling Almaz RS EX 7-seater Toyota Kijang Innova 2.0 V A/T
Panjang 4.655 mm 4.735 mm
Lebar 1.835 mm 1.795 mm
Tinggi 1.760 mm 1.795 mm
Wheelbase 2.750 mm 2.750 mm

Dari perbandingan dimensi antara Wuling Almaz RS EX 7-seater vs Toyota Kijang Innova 2.0 V A/T, memang Toyota Kijang Innova lebih unggul. Namun untuk jarak sumbu atau wheelbase, keduanya memiliki ukuran yang sama. Rasanya ruang di dalam kabin antara keduanya tidak memiliki perbedaan besar, dan jika mengacu dimensi, seharusnya Almaz RS 2021 lebih lebar. Walau hanya 5 mm.

Wuling Almaz RS EX 7-seater vs Toyota Kijang Innova 2.0 V A/T, Pendatang Baru Mengusik Sang Legenda 

Fitur dan Harga Lebih Oke, Wuling Almaz RS Juga Siap Jegal Toyota Kijang Innova 10

Wuling Almaz RS EX 7-seater

Bicara tentang harga, Wuling Almaz RS EX 7-seater lebih ekonomis dibandingkan  Toyota Kijang Innova 2.0 V A/T. Bukan karena harga yang lebih rendah, membuat fitur lebih minim. Bahkan Wuling Almaz RS EX 7-seater menjawab dengan menghadirkan fitur berteknologi terkini.

Lalu dengan harga yang ditawarkan Wuling Almaz RS EX 7-seater, apakah dapat membuat mobil buatan China ini berhasil mendongkrak penjualan? Tentu sangat mungkin terjadi, mengingat saat ini banyak ‘smart people’ yang membeli mobil tidak hanya mengandalkan brand terkenal tetapi juga fitur unggulannya.

Bagaimana dengan Anda?

 

 

Komentar