Fitur dan Spesifikasi Nissan Livina 2022 Juga Akan Sama dengan New Xpander atau Lebih Lengkap?

Prasetyo · 3 Jan, 2022 17:06

Fitur dan Spesifikasi Nissan Livina 2022 Juga Akan Sama dengan New Xpander atau Lebih Lengkap? 01

Render Nissan Livina 2022 (dok. Radya Triadhie)
  • Nissan Livina 2022 akan alami perubahan wajah
  • Fitur Nissan Livina masih sepadan dengan Xpander
  • Mesinnya juga tetap 1.5L bensin seperti model sebelumnya

Beberapa waktu lalu sosok Nissan Livina 2022 pernah kami ulas. Meskipun hanya hasil dari seniman digital asal Indonesia, Radya Triadhie, namun kreasinya itu mendapat respon cukup banyak dari warganet.

Mungkin ini menandakan kalau sebenarnya banyak sudah cukup masif orang yang memang menunggu kehadiran Nissan Livina terbaru. Mengingat kembarannya Mitsubishi Xpander juga melakukan update penampilan.

Fitur dan Spesifikasi Nissan Livina 2022 Juga Akan Sama dengan New Xpander atau Lebih Lengkap? 02

sejak 2019 Nissan Livina belum alami perubahan

Karena sebagaimana kita ketahui, sejak Februari 2019 Nissan Livina berbagi platform dengan Mitsubishi Xpander. Bahkan keduanya kini jadi produk kembar. Kira-kira bentukannya jadi seperti Toyota Avanza dengan Daihatsu Xenia. Walau sepintas mirip, namun masing-masing tetap punya ciri khas.

Lalu akan seperti apa Nissan Livina 2022? Apakah ubahannya akan serupa New Mitsubishi Xpander, atau malah Nissan lebih lengkap?

Baca juga : Inilah Tampang Nissan Livina Facelift 2022, Keren Mana Dibanding New Mitsubishi Xpander?

Desain Nissan Livina 2022 Serupa Tapi Tak Sama dengan New Xpander

Fitur dan Spesifikasi Nissan Livina 2022 Juga Akan Sama dengan New Xpander atau Lebih Lengkap? 03

Tampilan Livina terbaru karya Radya Triadhie

Sejak awal kemunculannya Nissan Livina memang punya penampilan berbeda dengan Xpander. Walau tidak terlalu radikal, namun tetap bisa ditemukan diferensiasinya. Termasuk juga pada Livina 2022.

Mari kita anggap desain virtual dari Radya Triadhie ini benar-benar jadi kenyataan. Maka Livina akan tetap mempertahankan gril depan V-Motion yang menjadi ciri khas Nissan pada setiap produk terbarunya. Dan boleh jadi gril yang mencomot dari kepunyaan Nissan Qashqai itu memang akan diterapkan pada Livina.

Fitur dan Spesifikasi Nissan Livina 2022 Juga Akan Sama dengan New Xpander atau Lebih Lengkap? 04

Desain Dual LED Signature ini rasanya akan dipertahankan Nissan

Sementara lampu LED di bawah kap mesin kami rasa akan tetap pakai kepunyaan Livina lawas. Namun lampu utama di bemper depan bakal berubah sebagaimana layaknya Xpander. Tetapi kami perkirakan desainnya tidak T-Shape sama persis. Akan ada beberapa ornamen berbeda disana.

Perbedaan selanjutnya juga kemungkinan besar bakal ada di bagian lower bumper termasuk desain foglamp. Seperti pada Livina sebelumnya dimana area ini dibuat lebih kalem dibanding Xpander, serta penggunaan bentuk lampu kabut yang pipih bukan bulat, maka rasanya itu akan terjadi lagi di Livina 2022.

Dari Belakang, Nissan Livina Tetap Sama dengan Xpander?

Fitur dan Spesifikasi Nissan Livina 2022 Juga Akan Sama dengan New Xpander atau Lebih Lengkap? 05

Desain belakang Nissan Livina saat ini

Jika di bagian depan Nissan Livina 2022 kami percaya akan berbeda dengan New Xpander facelift, lantas bagaimana dengan tampak belakangnya? Berkaca dari model pre facelift yang dari kedua mobil ini cuma beda hal kecil, maka kami prediksi hal tersebut juga akan kembali diterapkan.

Perubahan sepertinya akan terjadi pada bagian bemper. Namun tidak seperti Xpander yang rear bumper terlihat makin agresif, maka di Livina akan pakai tema elegant. Lekukan-lekukannya tidak sebanyak di Xpander.

Fitur dan Spesifikasi Nissan Livina 2022 Juga Akan Sama dengan New Xpander atau Lebih Lengkap? 06

Desain velg kemungkinan tidak seagresif kepunyaan New Xpander

Hal berbeda lainnya adalah soal desian velg. Kemungkinan besar Livina tipe tertinggi akan pakai velg ukuran 17 inci sama seperti Xpander. Dan untuk tipe di bawahnya pakai ring diameter 16 inci. Tapi desain velg New Xpander dan Livina facelift dipastikan juga bakal berbeda.

Baca juga : Kalah Pamor Dari Mitsubishi Xpander, Ini Keunggulan Nissan Livina yang Banyak Orang Belum Tahu

Interior Nissan Livina Bakal Lebih Mewah dari Xpander

Fitur dan Spesifikasi Nissan Livina 2022 Juga Akan Sama dengan New Xpander atau Lebih Lengkap? 07

Sedari awal, Livina sudah pakai jok kulit

Sekarang kita bahas kemungkinan bagian interiornya. Kalau kita melihat dari Livina yang kini dijual oleh Nissan, maka tipe VL menjadi varian paling mewah. Antara lain ditandai dengan penggunakan headunit 7 inci dengan kemampuan Apple Carplay dan Android Auto. Lantas pelapis jok dan trim pintu juga sudah menggunahan bahan kulit. Meskipun pakai warna dominan hitam, tapi ini memberi kesan mewah pada Livina.

Kami perkirakan hal ini juga akan terjadi di Livina 2022. Material leather tetap jadi pembungkus bagian jok, trim pintu, dan juga dasbor. Sementara headunitnya akan pakai layar berpenampang 8 inci atau mungkin lebih besar dair Xpander. Lantas di bagain bawah head unit akan tertanam tombol pengoperasian AC yang sudah digital.

Spesifikasi Teknis Nissan Livina 2022 Juga Akan Ganti CVT

Fitur dan Spesifikasi Nissan Livina 2022 Juga Akan Sama dengan New Xpander atau Lebih Lengkap? 08

Apakah dashborad New Livina juga akan serupa New Xpander?

Karena ini hanya sekedar model facelift dan kembarannya pun belum berganti spesifikasi teknis, maka mesin yang tersimpan di balik bonet Livina terbaru dipastikan juga tetap sama dari model sebelumnya.

Yaitu mesin 1.5L MIVEC berkubikasi 1.499 cc dengan tenaga tertinggi 105 PS serta torsi 141 Nm. Dan karena Xpander terbaru pakai gearbox CVT, maka Livina pun rasanya akan demikian.

Fitur dan Spesifikasi Nissan Livina 2022 Juga Akan Sama dengan New Xpander atau Lebih Lengkap? 09

Mesin juga masih berbagi dengan Xpander

Perlu diketahui, transmisi CVT yang digunakan oleh Mitsubishi Xpander mampu menciptakan akselerasi yang bertenaga dan mulus dalam setiap perpindahan gigi secara otomatis. Namun uniknya transmisi juga memberikan akselerasi yang maksimal dan agresif layaknya transmisi AT 8 percepatan.

Fitur Nissan Livina Terbaru Semakin Lengkap?

Fitur dan Spesifikasi Nissan Livina 2022 Juga Akan Sama dengan New Xpander atau Lebih Lengkap? 10

Electric Parking Brake dan Auto Hold juga kemungkinan ada di Livina

Terakhir kita bahas soal fiturnya. Kalau di New Xpander ada meter cluster full digital dengan tampilan baru, ada tobol Start/Stop Engine, Keyless Entry with Immobilizer, Cruise Control, Electric Parking Brake with Auto Hold, dan juga power outlet sampai ke jok baris ketiga.

Untuk fitur keselamatannya sudah ada Dual SRS Airbags, Anti-lock Braking System, Electronic Brake Distribution (EBD), Brake Assist (BA), Hill Start Assist (HSA), Automatic Speed Door Lock, Rear Sensor, dan Rear Camera.

Fitur dan Spesifikasi Nissan Livina 2022 Juga Akan Sama dengan New Xpander atau Lebih Lengkap? 11

Fitur Nissan Livina bakal setara New Xpander

Semua fitur-fitur ini kami rasa juga akan hadir di Nissan Livina 2022 minus Cruise Control. Namun sama seperti model sebelumnya, Nissan juga menambahkan Vehicle Dynamic Control Traction Control, dan Emergancy Braking Lamp with Auto Hazard.

Kesimpulan

Nissan Livina 2022 kemungkinan besar akan alami perombakan sebagaimana Mitsubishi melakukannya di Xpander. Tapi apakah akan serupa New Xpander, jelas tidak. Karena sedari awal, Livina dan Xpander juga memiliki ciri khas masing-masing.

Soal fitur yang akan tersemat, bisa jadi akan lebih lengkap Xpander ketimbang Livina. Namun sepertinya urusan banderol juga sedikit lebih murah Livina. Ya kita tunggu saja pengumuman resmi nantinya dari Nissan Indonesia.

Baca juga : Biar Tidak Bingung, Begini Cara Ketahui Perbedaan Mitsubishi Xpander 2021 dan Nissan Livina 2021

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Nissan Livina E MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru