window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Fitur Keselamatan Toyota Kijang Innova, MPV Keluarga Legendaris Toyota

Bent Aulia · 12 Jul, 2020 10:00

Fitur Keselamatan Toyota Kijang Innova, MPV Keluarga Legendaris Toyota 01

Siapa tak kenal Toyota Kijang Innova? MPV kebanggaan Toyota ini merupakan penerus mobil Toyota Kijang yang menjadi legenda kendaraan keluarga Tanah Air. Harga Kijang Innova dibanderol mulai dari Rp326 jutaan, mari kita bedah apa saja fitur keselamatan Toyota Kijang Innova 2020 yang diberikan saat ini.

Fitur keselamatan aktif

Pada awalnya, New Kijang Innova tak begitu mengandalkan sistem keselamatan terkini dibandingkan MPV lain dengan harga yang lebih kompetitif. Berikut beberapa fitur keselamatan Toyota Kijang Innova terbaru yang dipasarkan saat ini.

1. Anti-lock Braking System (ABS)

Sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS) menjelma menjadi salah satu fitur keselamatan aktif paling standar bagi mobil modern. Sistem ABS bertugas memonitor kecepatan setiap roda untuk mendeteksi terjadinya slip pada roda.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Fitur Keselamatan Toyota Kijang Innova, MPV Keluarga Legendaris Toyota 01

Ketika mendeteksi pengereman mendadak, fitur ABS pada Toyota Kijang Innova baru akan memberikan tekanan pengereman yang optimal pada setiap roda. Hasilnya akan membantu meningkatkan kemampuan mobil untuk berhenti secara mendadak.

2. Crash sensor

Crash Sensor merupakan fitur lama yang menjadi awal dari Pre-Collision System. Fitur ini akan mengambil sinyal listrik and sensor tabrakan. Ketika sistem mendeteksi tabrakan terjadi pada mobil, fitur ini akan menentukan airbag mana yang akan mengembangkan dan kapan harus mengaktifkan pretensioner pada sabuk pengaman.

3. Child safety lock

Sebagai mobil untuk keluarga, tentu saja Toyota mempertimbangkan ketika pengemudi membawa anak-anak di bangku belakang. Oleh karena itu, ada fitur child safety lock yang ditanamkan pada mobil Toyota Innova terbaru.

Fitur Keselamatan Toyota Kijang Innova, MPV Keluarga Legendaris Toyota 02

Fitur ini memiliki kunci pengaman bagi anak-anak yang terletak pada bagian pinggi pintu. Setelah fitur ini diaktifkan, pintu mobil tak bisa dibuka dari dalam. Namun, orang-orang dewasa masih bisa mengakses dan membuka pintu Toyota Innova dari luar.

Fitur keselamatan pasif

Berbanding lurus dengan keselamatan aktif yang digunakan, fitur keselamatan pasif Toyota Kijang Innova terbaru juga tak begitu mengesankan. Namun, untuk mengurangi cedera yang terjadi ketika mobil mengalami tabrakan atau benturan, berikut beberapa fitur keselamatan pasif Toyota Kijang Innova 2020.

1. Airbag depan dan lutut

Penggunaan airbag merupakan sistem keselamatan standar bagi mobil terbaru saat ini. Untuk itu, Toyota menawarkan beberapa sistem airbag pada Toyota Innova untuk memastikan pengemudi dan penumpang tetap aman ketika terjadi benturan.

Fitur Keselamatan Toyota Kijang Innova, MPV Keluarga Legendaris Toyota 03

Meskipun tak lebih banyak dibandingkan model yang lebih premium, tapi semua tipe sudah mendapatkan Dual SRS Airbag untuk penghuni kabin depan serta airbag lutut. Jika Toyota Innova terbaru sudah menggunakan airbag samping, tentu saja keamanannya lebih tinggi dibandingkan pesaingnya.

2. Headrest

Banyak yang salah mengartikan keberadaan headrest seperti namanya, yaitu untuk menyandarkan kepala. Bukan hanya meningkatkan kenyamanan ketika berkendara jarak jauh, tetapi head rest sangat berguna ketika penumpang mengalami benturan dari belakang.

Fitur Keselamatan Toyota Kijang Innova, MPV Keluarga Legendaris Toyota 04

Pasalnya ketika benturan dari belakang cukup keras, kepala pengemudi dan penumpang akan maju ke depan dan nantinya tersentak ke belakang. Jika kendaraan tidak memiliki head rest, sentakan kepala ke belakang bisa berakibat fatal, seperti leher yang patah dan bahkan bisa menimbulkan kematian.

Seperti mobil pada umumnya, kedua baris di depan sudah dilengkapi dengan head rest. Begitu pula dengan kursi baris kedua dan ketiga memiliki head rest yang bisa diatur ketinggiannya. Kelengkapan fitur keselamatannya terlihat dari head rest untuk penumpang di tengah pada baris ketiga.

Fitur keselamatan tambahan

Untuk mobil sekelas Innova, fitur keselamatan yang diberikan cukup lengkap dan memberikan keamanan selama berkendara. Tetapi Toyota juga mengeluarkan aksesoris tambahan yang bisa dipesan dan dipasang bagi pemilik Toyota Kijang Innova terbaru.

Fitur Keselamatan Toyota Kijang Innova, MPV Keluarga Legendaris Toyota 05

Ada Toyota Isofix Base, sistem ISOFIX yang bisa digunakan ketika Anda bepergian dengan bayi berumur kurang dari 1 tahun. Tambahan lainnya yaitu kursi mungil bagi bayi berusia kurang dari 15 bulan yang bisa dipesan dengan nama Toyota Mini.

Kesimpulan

Sejak pertama kali diperkenalkan sebagai bagian dari evolusi mobil Toyota Kijang, fitur keselamatan Kijang Innova terbaru memang tidak sebaik pesaingnya. Dengan harga Toyota Kijang Innova terbaru yang lebih tinggi, banyak model lainnya yang menawarkan berbagai fitur keselamatan yang lebih lengkap.

Namun, mobil Toyota Kijang Innova dipilih karena menghadirkan semua kebutuhan konsumen Indonesia: kabin yang lapang, kaki-kaki yang empuk, serta bahan bakar yang irit. Tampilan Innova 2020 yang terlihat begitu gagah juga menarik perhatian. Inilah yang membuat nama Kijang masih melegenda hingga saat ini sebagai mobil keluarga pilihan masyarakat Indonesia.

Bent Aulia

Penyuka sejarah dan film, di belakang laptop sebagai penulis baru di ranah otomotif.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Toyota Kijang Innova Zenix Gasoline 2.0 G CVT 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil