Fitur Lebih Banyak dan Harga bersaing, Berikut Kelebihan dan Kekurangan Chevrolet Trax

Enda · 4 Sep, 2020 08:00

Fitur Lebih Banyak dan Harga bersaing, Berikut Kelebihan dan Kekurangan Chevrolet Trax 01

Sebagai kendaraan yang bermain di segmen SUV kompak, dalam meramaikan kancah otomotif Tanah air, Chevrolet Trax tidak lah sendiri. SUV 5-seater yang berhadapan langsung dengan Honda HR-V, dan Nissan Juke ini, kini dibandrol mulai dari Rp292.5-Rp318.5 juta.

General Motors Indonesia selaku agen resmi penjualan mobil Chevrolet, memperkenalkan Trax pertama kali di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015. Selang dua tahun kemudian, Chevrolet Trax mendapatkan penyegaran secara facelift, yang mana membuatnya terlihat lebih sport dan dinamis.

Meski pabrikan otomotif jenama Amerika ini sudah tidak kembali menjual Trax karena menutup seluruh penjualannya di Indonesia, kalian masih bisa membeli sisa unit yang tersisa dalam kondisi baru, ataupun membelinya dalam kondisi bekas.

Tapi sebelum membelinya, sebaiknya ketahui terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan Chevrolet Trax. Penasaran? Berikut ulasannya.

Kelebihan

Tampilan yang menggoda

Fitur Lebih Banyak dan Harga bersaing, Berikut Kelebihan dan Kekurangan Chevrolet Trax 01

Sejak mendapatkan facelift pada 2017, banyak yang setuju bahwa gaya Bahasa desain yang diterima Chevrolet Trax terlihat menggoda. Dimana pada sisi depan fascia, memiliki tampilan wajah yang lebih sporty dan futuristik. Lampu depan dengan bentuk lebih pipih, mampu menampilkan kesan lebih tajam. Terlebih generasi terbaru Chevrolet Trax kini memiliki sistem pencahayaan lampu utama dengan projector.

Selain itu, tampilan grill terkesan lebih bengis karena manganut bahasa desain Signature Dual-Port. Sebagai ciri khas SUV kebanyakan, tidak tertinggal Under Guard yang diletakan di bawah bagian depan.

Tersedianya Sun Roof

Tidak seperti kebanyakan kompetitornya, Chevrolet Trax sudah dilengkapi Sun Roof untuk tipe teratasnya (Premier AT). Fitur ini sebenarnya tidak begitu diperlukan di sini, mengingat Indonesia memiliki iklim tropis. Namun, kalian yang suka akan gaya, pemilihan mobil dengan atap Sun Roof bisa jadi pilihan yang tepat.

Fitur Lebih Banyak dan Harga bersaing, Berikut Kelebihan dan Kekurangan Chevrolet Trax 02

Fitur keselamatan juara

Saat dilakukan perbandingan dengan rivalnya, Chevrolet Trax memiliki fitur yang terbilang lengkap. Di mana SUV kompak ini sudah dilengkapi enam Airbag, dua di depan, dua di samping dan dua lagi di tirai.

Selain itu juga ditanamkan fitur keselamatan ISOFIX with Top Tether, Stabilitrax Electronic Stability, pengereman dengan ABS, EBD, Predictive Brake Assist (PBA) dan fitur Hill Start Assist. Oiya, untuk Trax, Chevrolet sudah mengadopsi teknologi Integral Body Frame yang mana struktur bodi mobil lebih kokoh dan melindungi penumpang secara maksimal saat terjadinya benturan.

Mesin dengan Turbo

Fitur Lebih Banyak dan Harga bersaing, Berikut Kelebihan dan Kekurangan Chevrolet Trax 03

Mengusung mesin 1.4L Turbocharge, Chevrolet Trax mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 138 Hp @4.900-6.000 Rpm serta torsi maksimal mencapai 200 Nm @1.850-4.900 Rpm. Meskipun memiliki volume silinder lebih kecil dari Honda HR-V maupun Nissan Juke, tenaga yang dihasilkan Chevrolet Trax terhitung paling besar diantara keduanya.

Kekurangan

Tidak adanya tuas Paddle Shift

Diketahui Chevrolet Trax hanya ditawarkan transmisi otomatik 6-percepatan. Hebatnya transmisi yang dianutnya cukup responsif ketika mencoba menginjak pedal gas secara spontan.

Untuk merubahnya secara manual, kalian bisa menggeser tuas transmisi ke mode (M). Namun sayang, perpindahan percepatan yang biasanya menggunakan Paddle Shift di balik kemudi, untuk Chevrolet Trax melakukannya dengan cara menekan tombol + dan –  yang terletak di samping tuas transmisi.

Posisi duduk di baris kedua kurang nyaman

Fitur Lebih Banyak dan Harga bersaing, Berikut Kelebihan dan Kekurangan Chevrolet Trax 04

Dilapisi bahan kulit premium yang dilabur warna hitam, jok Chevrolet Trax terkesan nyaman, terlebih dipadukannya busa jok yang tebal. Pasti kalian betah saat melakukan perjalanan jauh sekalipun. Namun pada kenyatannya, singgah di jok penumpang baris kedua, rasanya tidak ingin berlama-lama.

Hal ini lantaran sandaran punggung penumpang baris kedua terkesan tegak, sehingga penumpang akan merasa cepat pegal.

Suku cadang tak sebanyak rivalnya

Kita tahu bahwa pasar otomotif Tanah Air didominasi oleh pabrikan Jepang. Tak heran jika ketersediaan suku cadang di pasaran, sebagian besar diisi oleh mobil produksi Negeri Sakura tersebut. Faktor ini membuat Chevrolet Trax cukup sulit mendapatkan ketersediaan suku cadang dengan cepat dan mudah.

Harga bekas anjlok

Semenjak Chevrolet hengkang dari kancah otomotif Tanah Air, seketika harga jual mobil Chevrolet dalam kondisi bekas seluruhnya langsung terjun bebas. Terlebih saat Chevrolet memberikan diskon besar-besaran untuk semua produknya barunya yang masih tersisa di gudangnya.

Kesimpulan

Fitur Lebih Banyak dan Harga bersaing, Berikut Kelebihan dan Kekurangan Chevrolet Trax 05

Ketika melakukan perbandingan dengan rivalnya yang ‘Head to Head’ langsung, Chevrolet Trax terbilang lebih unggul dari segi fitur, serta tenaga yang dihasilkan. Untuk mengejar pasar, Chevrolet Trax ditawarkan dengan harga yang terbilang bersaing di bawah Rp300 jutaan.

Saat dikemudikan sehari-hari, Chevrolet Trax juga terbilang Worth It. Selain nyaman digunakan, penggunaan BBM-nya masih terbilang wajar. Di mana 1 liter bensin yang digunakan mampu menempuh jarak hingga 11 km.

Namun, saat ingin mengganti suku cadang Chevrolet Trax, kalian harus sedikit bersabar. Pasalnya spare part yang tersedia tidak sebanyak seperti mobil Jepangan. Dan ketika kalian ingin menjualnya kembali, harus bersiap-siap jika harga bekasnya terbilang lebih murah dari para kompetitornya.

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Chevrolet Trax 1.4 Premier AT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru