window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Fitur Lebih Lengkap, Mending Kia Sonet Baru Daripada Honda HR-V Bekas 2019?

Yongki Sanjaya · 8 Sep, 2021 17:00

Fitur Lebih Lengkap, Mending Kia Sonet Baru Daripada Honda HR-V Bekas 2019? 01

Mobil crossover kini semakin naik daun dan banyak peminatnya karena punya karakter yang tangguh. Honda HR-V berhasil membuktikan diri kalau crossover ini tak kalah menarik daripada hatchback. Namun, sosok Kia Sonet yang harganya setara dengan Honda HR-V bekas lansiran 2019 juga patut dipertimbangkan.

Kisaran harga versi matic keduanya mirip, di angka Rp250-289 jutaan. Keduanya menarik untuk dibandingkan karena fitur yang ditawarkan oleh Kia Sonet cukup lengkap dan menarik untuk sebuah crossover di bawah Rp300 juta. Bahkan, produk yang diimpor dari India oleh PT Kreta Indo Artha ini sudah memiliki fitur sunroof di tipe Premiere, sesuatu yang jarang ada pada crossover di Indonesia.

Baca juga:

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Kia Sonet 2021 Versi India Pakai Fitur Paddle Shift dan Head Unit Baru, Indonesia Kebagian?

Toyota Raize dan Daihatsu Rocky vs Nissan Magnite dan KIA Sonet, Pertarungan Anime vs Bollywood

Adu Ganteng Crossover Under Rp300 Juta, Mending Pilih Toyota Raize Atau Kia Sonet?

Lantas, apakah Kia Sonet layak jadi alternatif Honda HR-V? Ataukah lebih baik tetap beli HR-V bekas keluaran 2019 yang secara model dan tipe sama seperti unit 2021?

Daripada bingung, mari kita bandingkan antara keduanya.

Perbandingan Dimensi, Honda HR-V Menang Panjang Dari Kia Sonet

Fitur Lebih Lengkap, Mending Kia Sonet Baru Daripada Honda HR-V Bekas 2019? 01

Honda HR-V memiliki dimensi panjang 4.294mm, lebar 1.772 mm dan tinggi 1.580 mm. Dengan jarak sumbu roda 2.610 mm, Honda HR-V termasuk ke dalam ukuran mobil kompak yang cukup bisa diandalkan. Apalagi untuk melibas jalanan kota besar yang punya karakter jalan sempit.

Fitur Lebih Lengkap, Mending Kia Sonet Baru Daripada Honda HR-V Bekas 2019? 02

Sementara itu, rivalnya dari pabrikan Korea Selatan yaitu Kia Sonet memiliki panjang 4.120 mm, lebar 1.790 mm, tinggi 1.615 mm, dan wheelbase 2.500 mm. Bila dibandingkan, HR-V lebih panjang 174 mm dan wheelbase 110 mm. Selebihnya, Sonet unggul dari sisi lebar dan tingginya.

Honda HR-V menggunakan Bahasa desain Stand Out Design dengan versi facelift meluncur pada 2018. Perbedaan yang cukup terlihat dari sisi luar ialah grill chrome solid wing berukuran besar terpampang di sisi fascia.

Desain Honda HR-V vs Kia Sonet, Asian Style vs European Style

Fitur Lebih Lengkap, Mending Kia Sonet Baru Daripada Honda HR-V Bekas 2019? 03

Honda HR-V desainnya cukup unik, stylish dengan banyak aksen sudut tajam dan garis tegas khas mobil Asia. Sementara untuk Kia Sonet ini karena berkiblat pada konsumen barat maka cenderung bercita rasa Eropa dengan kombinasi India. 

Desain headlamp HR-V tetap sipit meruncing ke tepi, dengan lampu projector LED yang semakin mempertegas kesan mewah. Di bagian bawah, terdapat LED DRL berwarna putih yang berfungsi sebagai lampu senja dan kabut di saat malam hari.

Fitur Lebih Lengkap, Mending Kia Sonet Baru Daripada Honda HR-V Bekas 2019? 04

HR-V ini siluetnya mirip seperti coupe dengan atap slopping ke belakang. Sebaliknya, Sonet cenderung bergaya mini SUV dengan postur yang lebar dan tinggi. Desainnya begitu khas dengan grill honeycomb dengan aksen Tiger Nose sebagai ciri khas dari mobil baru milik KIA yang dipasarkan di pasar global. 

Pada bagian lampu depan, didesain menyipit yang terdapat lekukan dibuat mengikuti alur dari bagian kap mesin. Headlamp Sonet juga telah memakai teknologi LED dan juga DRL.

Itu tadi soal desain, kini kita langsung bahas saja inti dari segala inti perbandingan keduanya yaitu seperti apa kelengkapan fitur di Kia Sonet dan Honda HR-V.

Perbandingan Fitur Kia Sonet vs Honda HR-V, Tipe Premiere Berikan Segalanya

Fitur Lebih Lengkap, Mending Kia Sonet Baru Daripada Honda HR-V Bekas 2019? 05

Kia ini tidak pelit bahkan royal urusan fitur di Kia Sonet yang masuk ke Indonesia. Interiornya disuguhi head unit layar sentuh berukuran 8 inci yang terkoneksi dengan Apple CarPlay dan Android Auto. Konektivitas dapat terhubung secara nirkabel alias wireless melalui Bluetooth. 

Fitur lain yang tersedia di dalam kabin yaitu pengaturan AC digital. Pada tipe Premiere tersedia juga ventilated seat, yang memungkinkan udara segar mengalir lewat serangkaian lubang tipis di sandaran punggung dan bokong. Varian tertinggi ini juga dipersenjatai dengan kursi elektrik dan juga cruise control. 

Tak kalah menarik yaitu soal sound system pada Kia Sonet, karena memakai Bose dengan empat speaker, dua tweeter, dan satu subwoofer. Dan satu fitur keren yang tak dimiliki Honda HR-V 1.5 tapi dimiliki Sonet yaitu sunroof. 

Honda HR-V, Crossover Stylish yang Fungsional

Fitur Lebih Lengkap, Mending Kia Sonet Baru Daripada Honda HR-V Bekas 2019? 06

Untuk melawan Sonet Premiere, lawan yang cukup sepdan yaitu HRV 1.5 E Special Edition. Tipe ini mendapatkan beberapa fitur baru yang tidak ada di model E standar. Seperti jok full kulit (tipe E masih ada kombinasi bahan fabric), new sport pedal pad, serta sistem audio 8 inchi capacitive touchscreen floating display. 

Soal fiturnya, masih sama dengan model sebelumnya yang cukup lengkap. HR-V tipe E Special Edition dilengkapi dengan dual SRS airbags, kontrol stabilitas yang disebut Driver Vehicle Stability Assist, kursi dengan ISOFIX, lampu emergency stop signal, ABS, EBD, BA, Hill Start Assist, Auto Brake Hold, dan Motion Adaptive Electronic Power Steering. 

Fitur Lebih Lengkap, Mending Kia Sonet Baru Daripada Honda HR-V Bekas 2019? 07

Pada fitur keamanan hadir keyless entry, auto door lock by speed, hingga kunci immobilizer yang lengkap dengan alarm. Melihat daftar fitur tadi, tak ada fitur cruise control di Honda HR-V. 

Namun, Honda unggul pada segi utilitas kabin dengan fitur Ultraseat. Fitur warisan dari Honda Jazz ini berupa pengaturan kursi yang fleksibel. Kita bisa memperluas ruang penyimpanan sesuai dengan kebutuhan. 

Performa Kia Sonet vs Honda HR-V 1.5, Mana Lebih Unggul?

Fitur Lebih Lengkap, Mending Kia Sonet Baru Daripada Honda HR-V Bekas 2019? 08

Menyoal mesin Kia Sonet untuk Indonesia, mesin 1.5L tersebut mampu menghasilkan tenaga 115 PS di 6.300 rpm dengan torsi puncak 144 Nm di 4.500 rpm. Cukup bertenaga untuk pemacu sebesar itu.

Mesin dikawinkan dengan transmisi CVT Intelligent Variable Transmission dengan simulasi delapan percepatan ke penggerak roda depan. Menariknya, karakter berkendara dapat disesuaikan dengan seleksi mode berkendara dan traksi.

Selanjutnya yaitu Honda HR-V, yang tidak merevisi dapur pacunya. Mesin 1.500 cc-nya masih bertenaga 120 ps pada 6.600 rpm dan torsinya 145 Nm pada 4.600 rpm. Di atas kertas, tenaga yang dihasilkan Honda HR-V lebih unggul daripada Kia Sonet yang berdampak pada sensasi fun to drive lebih bertenaga. 

Kesimpulan

Melihat spesifikasi yang diusung, Honda HR-V bisa percaya diri karena mesinnya lebih unggul soal tenaga daripada Kia Sonet. Demikian juga dengan fitur Ultraseat khas Honda yang membuat penyimpanan di kabin HR-V cukup fleksibel dan bisa diperluas sesuai kebutuhan.

Namun untuk kelengkapan fitur lainnya, HR-V harus mengalah pada si pendatang baru. Kia membekali Sonet dengan beragam fitur kekinian yang modern, mewah, dan lebih memanjakan penggunanya. Itulah mengapa, Kia Sonet ini layak jadi kuda hitam yang bisa mengancam model populer seperti HR-V. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

2021 Kia Sonet 1.5L Standard MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil