Ford Lingyu 2022 Lebih Mewah dari Pajero Sport tapi Seharga Kijang Innova

Prasetyo · 14 Sep, 2021 09:04

Jiangling Ford Lingyu 2021

Ford memang sudah angkat kaki dari Indonesia cukup lama. Tapi di beberapa negara Asia lain brand kelahiran Amerika itu masih berkibar. Satu diantara di Cina yang menggandeng produsen lokal.

Nah kali ini ada kabar baru dari Ford, yaitu akan dirilisnya Jiangling Ford Lingyu. Ini adalah SUV 7 seater berlogo Blue Oval tapi dipoduksi di Cina. Sehingga dipakai awalan Jiangling. Sepintas mirip merk motor Cina yang juga pernah masuk Indonesia ya!

Jiangling Ford Lingyu 2021 -1

Ada juga varian 5 seaternya

Jiangling Motors Corp (JMC) memang saat ini memasarkan mobil dengan merk Ford. Perusahaan itu sudah ditunjuk jadi operasional Ford di Cina sejak 2005. Selain berfokus pada pasar kendaraan niaga, perusahaan menjajaki pula segmen kendaraan penumpang kelas menengah.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Baca juga : Ternyata Ada Toyota Fortuner 2021 Pakai Velg Kaleng Lho! Berapa Harganya?

Harganya Rp400 Jutaan

Untuk segmen kendaraan penumpang, satu diantara model yang dipasarkan JMC adalah Ford Lingyu. Awalnya SUV ini hadir dengan varian 5 penumpang. Namun kini perusahaan juga menawarkan varian 7 seater.

Jiangling Ford Lingyu 2021 -2

Gril besar mirip Hyundai Palisade

Menggunakan konfigurasi jok 2+2+3, Ford Lingyu 2022 ditawarkan dengan harga mulai dari 201.800 Yuan atau kira-kira Rp445 jutaan hingga 221.800 Yuan (Rp489 jutaan). Kalau melihat harga yang ditawarkan memang jauh lebih murah dari Toyota Fortuner maupun Mitsubishi Pajero Sport. Sebab kedua SUV itu ditawarkan kisaran Rp500 juta - Rp600 jutaan.

Bahkan harga Ford Lingyu yang termurah setara Toyota Kijang Innova Venturer. Tapi apakah JMC menawarkan SUV 7 seater yang murahan juga? Mari kita ulas.

Desain Mewah yang Menggoda

Perbandingan Dimensi
Dimensi Ford Lingyu Toyota Fortuner Mitsubishi Pajero Sport
Panjang 4.905 mm 4.795 mm 4.785 mm
Lebar 1.930 mm 1.855 mm 1.815 mm
Tinggi 1.755 mm 1.835 mm 1.805 mm
Jarak sumbu roda 2.865 mm 2.745 mm 2.800 mm

Secara dimensi, JMC Ford Lingyu lebih besar daripada Fortuner maupun Pajero Sprot. Bahkan SUV ini juga punya jarak sumbu roda yang paling panjang dibanding kompetitornya dari Jepang. Tentunya ini akan menawarkan ruang kabin Lingyu yang lebih lapang.

Jiangling Ford Lingyu 2021 -3

Jok konfigurasi 2+2+3

Sementara dari hal penampilan, mobil ini juga terlihat lebih mewah. Gril depannya pakai model poligonal dengan ukuran cukup besar. Lampu utamanya sipit dan sudah terintegrasi dengan DRL. Sementara itu di bemper ada foglight yang masing-masing sisinya terdiri atas tiga buah LED persegi.

Desain bempernya juga cukup agresif. Sementara di bagian sisi tarikan garis bodinya cukup kuat berkat penggunaan fender besar. Oh ya, bagian atap mobil ini juga sudah pakai panoramic roof sehingga jauh lebih mewah dari Fortuner dan Pajero Sport.

Baca juga : Toyota Fortuner Ngegas Tinggalkan Mitsubishi Pajero Sport, Duel SUV Terlaris Makin Seru

Interior Mewah Ala SUV Premium

Jiangling Ford Lingyu 2021 -4

Sudah pakai atap panoramic

Melihat bagian interior Ford Lingyu 2022 Anda pasti akan tergiur untuk masuk dan duduk di dalamnya. Bagaimana tidak, seluruh jok di mobil ini sudah menggunakan material kulit premium. Pengaturan posisi sandaran punggung juga semuanya melalui sistem elektrik. Bahkan untuk jok penumpang belakang ada ventilasi dan pemanas.

Bagian trim pintu dan dasbor juga menggunakan material softouch dan dilapis kulit warna senada. Lantas ada juga sistem AC triple zone serta monitor 12,3 inci yang jadi satu kesatuan dengan meter cluster.

Jiangling Ford Lingyu 2021 -5

Monitor headunit yang terintegrasi dengan meter cluster

JMC juga sudah menggunakan sistem cerdas TAI3.0 Tencent untuk membantu pengemudi menghindari kecelakaan di jalan. Tak ketinggalan ada juga sistem Co-Pilot 360 yang bisa terkoneksi jarak jauh dengan ponsel yang terpasang aplikasi Ford.

Pakai Mesin EcoBoost 2.0

Dari balik kapnya, Ford Lingyu 2022 menggunaka mesin EcoBoost 2.0T 4 silinder. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga 227 PS dengan torsi 360 Nm. Mesin tersebut kemudian dikombinasian gearbox ganda (Dual Clutch Transmission) 6 percepatan.

Jiangling Ford  Lingyu 2021

Jok belakang ada ventilasi dan pemanas

Klaim pabrikan kecepatan tertinggi mobil ini ada di 195 km/jam. Sementara konsumsi BBM tercatat 12 km per liter.

Ada Kemungkinan Masuk Indonesia?

JMC sendiri sebenarnya pernah menyatakan berminat masuk ke pasar Indonesia. Namun mereka mau menyasar segmen kendaraan niaga. Apakah ada kemungkinan Ford Lingyu 2022 juga akan dibawa ke Tanah Air? Tentu kita berharap demikian biar persaingan di segmen SUV 7 seater makin beragam.

Baca juga : GWM Tank 600, Versi Murah Toyota Land Cruiser yang Harganya Setara Fortuner

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Mitsubishi Pajero Sport Exceed 4x2 MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru