window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Ford Ranger Raptor 2022 Rilis di Thailand, Spesifikasinya Bikin Pemilik Toyota Hilux Nangis

Prasetyo · 23 Feb, 2022 08:03

Ford Ranger Raptor 2022 Rilis di Thailand, Spesifikasinya Bikin Pemilik Toyota Hilux Nangis 01

  • Ford Ranger Raptor 2022 dalah varian tertinggi dari Ranger.
  • Mesinnya pakai 3.0L V6 Twin Turbo.
  • Suspensi dan sasis diubah supaya mampu melakukan off road dengan kecepatan tinggi.

Ford Ranger Raptor 2022 resmi mendebut di Thailand. Model ini menyusul Ford Ranger 2022 yang sudah lebih dulu dirilis November tahun lalu. Adapun varian Raptor adalah tipe Ford Ranger berperforma tinggi yang siap menghadapi berbagai kondisi jalan lebih brutal.

Ford Ranger Raptor 2022 merupakan generasi kedua dari Ranger Raptor. Ford mengembangkan pick up truk ini jadi yang paling tangguh di keluarga Ranger. Bodi dan sasisnya juga dibuat lebih kokoh. Tak cuma itu, berbagai teknologi cerdas serta modern telah disematkan.

"Kami berkomitmen untuk menghadirkan truk pick up berperforma tinggi sejati melalui Ford Ranger Raptor terbaru. Model ini datang dengan kemampuan yang ditingkatkan, penampilan yang lebih menarik, serta dikemaas dengan banyak fitur baru,"kata Dave Byrne, Chief Engineer Ford melalui keterangan tertulisnya, Selasa (22/02/2022).

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Terinspirasi Mobil Balap Gurun

Ford Ranger Raptor 2022 Rilis di Thailand, Spesifikasinya Bikin Pemilik Toyota Hilux Nangis 01

Varian paling tinggi dari keluarga Ford Ranger

Lebih lanjut Dave menyebutkan jika Ford Ranger Raptor terbaru dipersiapkan untuk melumat semua jenis median jalan. "Ranger Raptor terinpirasi dari mobil balap gurun. Tapi juga bisa sebagai kendaraan petualang, dan kendaraan serbaguna," katanya.

Apa yang menbuat Ranger Raptor bisa dipakai sebagai mobil balap gurun? Dave pun menjelaskan jika mobil ini mampu menerabas semua jalur jalan. Mulai dari jalan raya mulus, kerikil, lumpur, sampai bebatuan, dan gurun pasir.

Selain itu kendaraan tersebut juga dilengkapi mode berkendara yang memungkikan sistem komputasi di mobil membuat setingan semua perangkat bekerja pada kondisi optimal. Sehinga mobil dapat menghasilkan performa puncaknya. "Mode ini adalah representasi terbaik dari sebuah kendaraan offroad berkecepatan tinggi," kata dia.

Baca juga : All New Ford Ranger 2022 Mendebut, Lebih Ganteng dari Toyota Hilux dan Mitsubishi Triton

Pakai Sasis dan Suspensi Lebih Kuat dari Ford Ranger Biasa

Ford Ranger Raptor 2022 Rilis di Thailand, Spesifikasinya Bikin Pemilik Toyota Hilux Nangis 02

Desian eksteriornya alami sedikit perbedaan dari Ranger 2022

Meskipun datang dari keluarga Ford Ranger, nyatanya untuk Ranger Raptor menggunakan sasis yang berbeda. Ini lantaran Ford banyak melakukan perbaikan, mulai dari bagian pilar C, bagian di dekat bemper yang diberi peredam, sampai dudukan shock belakang yang juga dibuat khusus.

Dengan tujuan mampu menerabas berbagai rute off-road paling kejam, tentunya kendaraan tersebut harus punya suspensi kuat. Untuk itulah bagian kaki-kaki juga didesain ulang.

Sistem wishbones juga diganti jadi bahan aluminium serta ditambah sistem anti-getaran. Dengan harapan pengemudi bisa lebih percaya diri saat menggeber mobil ini dengan kecepatan tinggi di jalan kasar tanpa ada gejala limbung atau bergetar hebat.

Baca juga : Siap-Siap Ford Ranger Raptor Masuk Indonesia Tahun Depan, Harga Tembus Rp1 Miliar!

Ford Ranger Raptor Gunakan Mesin Terkuat

Ford Ranger Raptor 2022 Rilis di Thailand, Spesifikasinya Bikin Pemilik Toyota Hilux Nangis 03

Emblem Raptor sebagai ciri khasnya

Untuk varian Ranger Raptor, Ford hanya menyediakan satu tipe mesin terkuat. Mesinnya menggunakan mesin bensin 3.0-liter EcoBoost V6 Twin-Turbocharged. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga puncak 397 PS pada 5.650 rpm dengan torsi 583 Nm di 3.500 rpm.

Mesin baru ini kemudian dipasangkan dengan transmisi otomatis 10 percepatan. Uniknya pengemudi juga disuguhkan pilihan kontrol sistem knalpot secara elektrik dengan empat pilihan keluaran suara (Silent mode, Normal mode, Sport mode, dan Baha'i mode).

Ford Ranger Raptor 2022 Rilis di Thailand, Spesifikasinya Bikin Pemilik Toyota Hilux Nangis 04

Interior Ford Ranger Raptor 2022 pakai aksen merah

Selain menjadi mesin paling bertenaga, engine ini juga menggunakan blok silinder berbahan grafit. Dibanding blok silinder mesin lain, bahan yang digunakan ini mamp lebih kuat 75% dan 75% lebih tahan lama terhadap tekanan panas dari kinerja komponen mesin. Kondisi tersebut memungkinkan mesin merespon akselerasi dengan cepat.

Untuk harga Ford Rager Raptor 2022 belum diumumkan. Tetapi diprediksi menyentuh 2 juta Bath atau kira-kira Rp886 jutaan. Masuk Indonesia juga kah?

Baca juga : Ford Ranger Raptor X 2021 Jadi Pikap Kabin Ganda Termahal untuk Lawan Nissan Navara Warrior

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

2020 Ford Ranger 2.2 Base Hi-Rider 4×4(M)

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil