Formo Minibus Jadi Mobil Wuling Termurah, Ini Bedanya dengan Confero S Facelift

Enda · 20 Mei, 2021 19:00

Formo Minibus Jadi Mobil Wuling Termurah, Ini Bedanya dengan Confero S Facelift 01

Wuling Confero S facelift vs Wuling Formo

Tiga tahun lalu, PT SGMW (SAIC-GM-Wuling) Motors Indonesia selaku agen pemegang merek kendaraan Wuling di Tanah Air memperkenalkan kendaraan niaga yang dinamai Wuling Formo. Mobil yang dihadirkan dalam dua versi, yakni minibus dan blind van ini secara khusus diciptakan untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang ingin meningkatkan efektivitas dan produktivitas dalam bisnis.

Memiliki tampilan yang sama persis dengan salah satu varian LMPV terlarisnya, tak heran apabila Formo ini disebut-sebut sebagai Wuling Confero termurah. Mengetahui harga baru melalui situs resminya, Formo model minibus kini ditawarkan Rp144.8 juta on the road Jakarta.

Apa saja perbedaan antara Wuling Formo khususnya model minibus dengan Confero S Facelift selain dari tampilan luar? Daripada penasaran, simak terus ulasannya di bawah ini.

Desain Wuling Formo Minibus Mengadopsi Gaya Wuling Confero DB

Formo Minibus Jadi Mobil Wuling Termurah, Ini Bedanya dengan Confero S Facelift 02

Tampilan depan Wuling Formo

Sebagai varian standar, Wuling Confero DB memiliki tampilan eksterior yang sama persis dengan Wuling Formo. Kendaraan bisnis atau operasional perusahaan ini pada sektor fascianya masih menggunakan head lamp berhalogen, grille hitam doff tanpa aksen krom, serta belum dilengkapi dengan fog lamp.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Bergeser ke bagian sampingnya, Formo menggunakan velg kaleng berkelir hitam dengan diameter R15 yang diselimuti ban berprofil 195/60. Di bagian sampingnya ini terlihat begitu sederhana tanpa adanya tambahan aksesoris yang menyelimutinya.

Formo Minibus Jadi Mobil Wuling Termurah, Ini Bedanya dengan Confero S Facelift 01

Tampilan belakang Wuling Formo

Beranjak ke bagian buritan, varian paling basic Wuling Confero ini terlihat sangat polos. Stop lamp dengan bohlamp halogen di kedua sisinya seolah terhubung oleh garnish yang membentang.

Formo Minibus Jadi Mobil Wuling Termurah, Ini Bedanya dengan Confero S Facelift 02

Tampilan depan Wuling Confero S facelift

Diperkenalkan pada bulan ketiga tahun ini, Wuling Confero S facelift diketahui mendapat desain baru pada bumper depan bernuansa bold dan sporty. Tidak cuma itu saja, bentuk grillenya kini terlihat lebih dinamis dengan dipadukannya lampu utama menganut konsep black-out headlamp serta adanya Daytime Running Light (DRL) yang terlihat unik.

Ubahan lainnya juga terjadi pada desain ramnya, dengan ukuran yang kian membesar. Ram ini terletak pada bumper bagian bawah dibuat dengan gaya trapsium yang menyuguhkan tampilan eye-catching. Sedangkan pada bagian samping serta buritan, tidak terlihat adanya ubahan yang berarti bila melihat tampilan luar Confero S pre-facelift.

Baca juga: FAQ: Beberapa Pertanyaan Menarik Tentang Wuling Confero 2021 Facelift, Banyak Fitur yang Disunat?

Sebagai Mobil Niaga, Tampilan Interior Wuling Formo Cukup Sederhana

Formo Minibus Jadi Mobil Wuling Termurah, Ini Bedanya dengan Confero S Facelift 03

Tampilan dashboard Wuling Formo

Karena Wuling Formo diciptakan untuk bekerja keras digunakan sebagai mobil niaga, sisi interior Formo sendiri dibuat bersahaja. Bentuk dashboard sendiri pada dasarnya sama seperti Confero. Hanya saja di antara louver AC nya tidak dijumpai jam analog, serta head unit yang hanya bisa digunakan untuk memutar channel radio.

Formo Minibus Jadi Mobil Wuling Termurah, Ini Bedanya dengan Confero S Facelift 04

Jok baris kedua dan ketiga Wuling Formo

Perlu kalian ketahui, Formo ini bisa dimuati hingga tujuh penumpang dewasa dengan kursi baris kedua yang mana pada jok sebelah kirinya dibuat lebih kecil untuk memudahkan akses keluar masuknya penumpang di baris ketiga. Sebagai catatan, jok pada baris kedua dan ketiganya ini tidak dilengkapi dengan headrest serta AC double blower. Demi memperhatikan faktor keselamatan berkendara, Wuling behasil menyematkan sabuk pengaman pada setiap barisnya.

Formo Minibus Jadi Mobil Wuling Termurah, Ini Bedanya dengan Confero S Facelift 05

Tampilan depan Wuling Confero S facelift

Melihat bagian dalam Wuling Confero S facelift, pada baris pertama, kalian bisa menjumpai head unit 8” touchscreen, jam analog, USB port charging, audio control & answering call button, electric adjustable foldable mirror, dan driver seat height adjuster untuk kenyamanan berkendara.

Baca juga: Perbandingan Mesin 1.5L Terbaru Wuling Confero 2021 Facelift Vs Daihatsu Xenia 1.3, Si Kecil Tenaganya Bisa Setara?

Di baris keduanya LMPV ini ditawarkan dengan tempat duduk model captain seat yang mana membuat kabin interior terasa lebih lega dan penumpang di baris ketiga bisa leluasa ketika keluar-masuk. Namun, jok paling belakang dari Wuling Confero terlihat biasa saja. Hanya saja bagian belakang ini terdapat kompartemen untuk menaruh barang, serta colokan USB untuk mengisi daya pada gawai.

Fitur Keselamatan Pada Wuling Formo Sangat Sedikit Dibandingkan dengan Wuling Confero S Facelift

Formo Minibus Jadi Mobil Wuling Termurah, Ini Bedanya dengan Confero S Facelift 06

Tire Pressure Monitoring System (TPMS) pada Wuling Confero S facelift

Diketahui Wuling Confero S facelift berhasil disematkan beberapa fitur keselamatan berupa Tire Pressure Monitoring System (TPMS), Height Lamp Adjuster, Emergency Stop Signal (ESS), dual SRS airbag, front and rear parking sensor, sistem pengereman ABS & EBD, seatbelt indicator, ISOFIX serta pengereman cakram di seluruh roda.

Bicara mengenai fitur keselamatan Wuling Formo, PT SGMW Motors Indonesia hanya menyematkan seatbelt indicator serta seatbelt di semua joknya. Untuk sistem pengereman, pada bagian depan menggunakan disc brake, serta drum brake di roda belakangnya.

Formo Minibus Jadi Mobil Wuling Termurah, Ini Bedanya dengan Confero S Facelift 07

Seatbelt di semua jok Wuling Formo

Agar Formo tetap nyaman dikendarai, pihaknya menyematkan Electric Power Steering, dan layar MID (Multi Information Display). Selain itu juga terdapat power window pada keempat kacanya.

Wuling Formo Punya Kapasitas Mesin Lebih Kecil Dari Wuling Confero S Facelift

Formo Minibus Jadi Mobil Wuling Termurah, Ini Bedanya dengan Confero S Facelift 08

Wuling Formo mendapatkan mesin 4-silinder segaris DOHC I-VVT 1.206 cc dengan standar emisi Euro 4

Berbekal mesin 4-silinder segaris DOHC I-VVT 1.206 cc dengan standar emisi Euro 4, jantung pacu yang diimplementasikan pada Wuling Formo ini mampu mencuatkan tenaga 77.5 PS @5.600 rpm serta torsi mencapai 110 Nm @3.600-4.000 rpm.

Mesin yang digunakan pada mobil niaga pertama Wuling Indonesia ini memiliki jumlah kubikasi serta tenaga yang lebih kecil bila dibandingkan Wuling Confero S facelift.

Seperti yang diketahui, Wuling Confero S facelift sendiri dibenamkan mesin baru berkodekan N15 4-silinder segaris, DOHC natural Aspiration (NA) non-DVVT. Secara data, mesin baru tersebut memiliki kapasitas 1.485 cc yang dapat merilis tenaga hingga 98 PS @5.800 rpm dengan angka torsi 135 Nm @3.800-4.400 rpm.

Kesimpulan

Wuling Formo merupakan mobil niaga dengan tampilan luar dan dalam yang sama persis dengan Wuling Confero varian DB. Versi minibusnya yang dibandrol Rp144.8 juta on the road Jakarta ini selain bisa digunakan sebagai kendaraan operasional penjemputan/pengantaran karyawan, juga bisa kalian manfaatkan sebagai modal usaha taksi daring (online) ataupun usaha lainnya yang membutuhkan kapasitas ruang cukup banyak.

Tidak perlu kahawatir akan layanan aftersalesnya, Wuling sendiri telah memberikan garansi umum selama 3 tahun /100.000 KM kedepan, termasuk juga komponen utama mesin dan transmisi Formo selama 5 tahun ke depan. Tidak hanya itu saja, bengkel resmi Wuling juga memberikan gratis biaya jasa servis berkala hingga 50.000 kilometer atau 4 tahun kedepan (mana yang lebih dulu tercapai).

Baca juga: Kelebihan LMPV 7-Seater Termurah, Wuling Confero 2021 yang Tidak Dimiliki Merek Jepang

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Wuling Formo 1.2 BV

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru