Fuel Pump Bermasalah, Si Kembar Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia Kena Recall

Dhoni · 8 Mar, 2021 15:45

Toyota Avanza bersama dengan kembarannya yaitu Daihatsu Xenia menurut kabar dari Negeri Jiran keduanya mengalami cacat produksi dan berujung ‘recall’. Awalnya pengumuman tentang recall pada Toyota Avanza dilakukan di Malaysia dan kemungkinan disusul oleh negara lainnya, termasuk Indonesia yang akan mengikuti langkah tersebut.

Fuel Pump Bermasalah, Si Kembar Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia Kena Recall 01

Fuel Pump Bermasalah, Toyota Avanza Kena Recall

Hal ini sesuai dengan informasi yang kami peroleh dari Anton Jimny Suwandi, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM). 

“Kami juga baru dapat infonya dari Toyota Global, mereka mengumumkan recall ini. Recall pada Toyota Avanza ditujukan ke konsumen untuk beberapa Negara di Asia, termasuk Indonesia. Secara detailnya kami masih memperlajari,” tulis Anton Jimny melalui pesan singkatnya.

Pihak PT Toyota Astra Motor secara resmi belum mengumumkan recall kepada para pemilik Toyota Avanza. Pihak agen pemegang merek Toyota ini sedang berkoordinasi kepada pihak terkait menyiapkan berbagai hal untuk menangani permasalahan teknis pada Toyota Avanza.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Baca juga:

Relaksasi PPnBM 0%, Membuat Harga Baru Toyota Avanza 2021 Dkk Terjun Bebas?

Cari Mobil Keluarga Murah Meriah, Segini Cicilan Toyota Avanza 2021 Vs Wuling Confero 2021 Kalau Beli Kredit

FAQ: 10 Hal Penting Pada Toyota Avanza 2021 Wajib Dipahami Sebelum Meminangnya

“Saat ini kami sedang berkoordinasi dengan manufacturing dan juga pihak terkait lainnya seperti dealer dan principal agar mengetahui Toyota Avanza model apa yang termasuk dalam recall tersebut. Hingga memastikan jumlah yang telah beredar, keberadaan mobil, kesiapan komponen dan lainnya agar dapat segera mengambil tindakan dan membuat program,” lanjut Anton Jimny Suwandi.

Fuel Pump Bermasalah, Si Kembar Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia Kena Recall 01

Recall Toyota Avanza hasil produksi Oktober 2017 hingga Juni 2019

Permasalahan yang terjadi pada Toyota Avanza berada pada komponen fuel pump sehingga dapat membuat mesin tidak menyala sempurna hingga mogok. Namun sebenarnya pabrikan otomotif raksasa asal Jepang juga pernah melakukan recall pada 3,2 juta mobil buatannya di seluruh dunia karena mengalami permasalahan serupa.

Sesuai informasi yang kami peroleh, United Motor Works Toyota (UMWT) atau Toyota Malaysia akan melakukan recall terhadap 3.923 unit mobil Toyota Avanza (hasil produksi Oktober 2017 hingga Juni 2019) dan akan mengganti fuel pump sebagai sumber permasalahannya.

Terkait permasalahan fuel pump pada Toyota Avanza, pasti ada kaitannya dengan Daihatsu Xenia. Seperti yang diketahui bersama, PT Astra Daihatsu Motor (PT ADM) dalam hal ini bertugas sebagai produsen Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Namun demikian, pihak ADM belum memberikan konfirmasi resmi terkait recall ataupun permasalahan teknis tersebut.

Fuel Pump Bermasalah, Si Kembar Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia Kena Recall 02

Toyota Avanza terkena recall

Amelia Tjandra selaku Marketing Director dan Corporate Planning and Communication Director PT Daihatsu Astra Motor (ADM) mengatakan secara singkat terkait permasalahan pada Toyota Avanza dan Xenia akan dijelaskan pada sesi press conference.

”Nanti saat Daihatsu Virtual Press Conference akan kita jelaskan, ditunggu saja tanggal 18 atau 19 maret 2021," tulis Amelia dalam pesan singkatnya kepada Autofun Indonesia.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Toyota Avanza 1.3E MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru