Fungsi Spion Tengah Mobil Ternyata Banyak Lho, Bukan Sekedar Buat Ngaca

Prasetyo · 29 Jul, 2021 08:08

Fungsi Spion Tengah Mobil Ternyata Banyak Lho, Bukan Sekedar Buat Ngaca 01

Spion tengah mobil adalah satu dari sekian banyak fitur yang ada pada semua kendaraan bermotor roda empat atau lebih. Sayangnya, spion yang punya nama lain center mirror ini kerap dianggap sebagai aksesoris tambahan belaka.

Pada beberapa pengemudi, fungsi spion tengah di mobil malah hanya sekedar menjadi cermin untuk berdandan. Padahal keberadaannya punya banyak fungsi lho, dan utamanya dapat mencegah pengemudi mengalami kecelakaan di jalan raya.

Spion Tengah Mobil -1

Beberapa pengemudi kerap menggunakan spion tengah untuk hal lain

Nah berikut ini akan kami jelaskan beberapa fungsi spion tengah mobil yang mungkin belum Anda ketahui.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Baca juga : Sudah Tahu Manfaat SWDKLLJ di STNK? Santunan Kecelakaan Rp 50 Juta Yang Bisa Kamu Pakai!

Demi Mengetahui Kondisi di Belakang Mobil Lebih Jelas

Peranan utama dari keberadaan spion tengah di mobil adalah membantu pengemudi melihat keadaan di belakang mobilnya. Apabila dari spion luar sebelah kiri dan kanan tidak terlihat jelas objek yang ada di belakang mobil akibat adanya blind spot, maka tugas spion tengah inilah yang membantu menghilangkan blind spot tersebut.

Spion tengah mobil -2

Pengaturan spion tengah dilakukan manual

Kaca spion tengah umumnya diletakkan di plafon mobil bagian depan atau malah menempel dengan kaca depan. Dan berbeda dengan spion luar yang dapat diatur atau dilipat secara elektrik, pengaturan arah sudut spion tengah diatur secara manual sesuai kebutuhan pengemudi mobil tersebut.

Menghalau Silau Lampu Mobil dari Belakang

Pada konstruksi sebuah spion tengah mobil, umumnya di bagian bawah tepat di tengah-tengahnya ada sebuah tuas kecil. Nah keberadaan tuas ini bukan tanpa fungsi. Sebab tuas tersebut akan membantu menghalau pancaran sinar lampu dari kendaraan lain di belakang mobil Anda, ketika malam hari.

Spion tengah mobil -3

Cukup dorong tuas dibagian tengah sata berkendara malam hari

Cara mengaktifkannya pun sangat mudah, cukup tekan tuas spion tersebut sampai arah kaca spion berubah jadi sedikit lebih tegak. Pada kondisi ini sinar lampu dari belakang akan dibiaskan agar pengemudi tidak silau namun visibilitas ke arah belakang tetap optimal. Nah kalau di mobil-mobil modern, tuas ini digantikan dengan fitur auto dimming rear view mirror.

Baca juga : Catat! Ini Adalah Posisi Duduk Paling Aman Saat Terjadi Kecelakaan

Bisa Jadi Kamera Perekam

Seiring perkembangan teknologi, spion tengah mobil pun mengalami evolusi. Misalnya sistem E-Mirror pada Suzuki XL7. Bentuk spion di bagian tengah ruang kokpit mobil ini memang terihat sama dengan spion tengah pada mobil lain. Namun Suzuki menambahkan kamera depan dan kamera belakang yang terhubung dengan spion.

Spion tengah mobil -4

Ada kamera yang terintegrasi dengan spion

Pada saat kamera tidak diaktifkan, maka fungsi spion sama layaknya spion tengah biasa. Namun pada saat kamera diaktifkan, maka pengemudi akan mendapat dua fungsi berbeda. Pertama yaitu pandangan ke belakang jauh lebih jelas berkat adanya kamera khusus yang terpasang di pintu bagasi belakang.

Sementara fungsi kedua, ternyata sipon ini juga sudah dilengkapi kamera yang menghadap ke arah depan. Fungsinya akan menjadi kamera perekam alias dashcam yang otomatis merekam pada saat kondisi mesin dinyalakan. Menariknya, selain merekam kondisi dari arah depan mobil, kamera belakang juga sekaligus ikut merekam disaat yang bersamaan.

Nah itu dia beberapa fungsi lain dari spion tengah di mobil. Jadi, jangan cuma dipakai buat dandan ya!

Baca juga : Saat Terjadi Kecelakaan Tapi Airbag Tidak Mengembang. Bagaimana Bisa Terjadi?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Suzuki XL7 1.5L AT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru