window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Gaji Masih UMR, Ini Mobil Bekas Tahun Muda yang Pas dengan Budget Kamu

Yongki Sanjaya · 22 Des, 2021 13:30

Gaji Masih UMR, Ini Mobil Bekas Tahun Muda yang Pas dengan Budget Kamu 01

Sekarang ini memiliki sebuah mobil kadang jadi suatu kebutuhan sekunder, karena tuntutan mobilitas tinggi. Kendalanya, kadang pendapatan kita yang tinggal di ibukota masih sebatas UMR sehingga membeli mobil hanya menjadi suatu impian. Bagi kamu yang masih lajang, masih bisa kok beli mobil bekas tahun muda walau gaji masih UMR.

Dengan budget yang agak pas-pasan, kita bisa kok membeli mobil dengan harga antara Rp60-80 jutaan. Namun kalian harus agak maklum karena model yang tersedia ini cukup terbatas. Biasanya mobil bekas yang usia pakainya di kisaran 5-7 tahun ini kebanyakan adalah LCGC atau minibus.

Walaupun demikian, kelebihan dari mobil bekas tahun muda seperti ini bisa kalian manfaatkan sebagai taksi online atau rental. Supaya tidak terlalu jadi beban, kalian bisa membelinya secara kredit sehingga bisa mengatur besar cicilan sesuai kemampuan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Daripada penasaran, nih deretan mobil bekas yang bisa kalian beli dengan budget UMR.

Datsun Go+ Panca 2016, LCGC 7-seater yang Murah Meriah

Gaji Masih UMR, Ini Mobil Bekas Tahun Muda yang Pas dengan Budget Kamu 01

Dari sekian banyak model, Datsun Go+ ini ditawarkan dengan kisaran harga paling murah, di angka Rp60 jutaan. Kalau untuk first car, Datsun Go ini tak buruk kok karena punya akomodasi yang lumayan.

Pasalnya, Datsun Go+ Panca memiliki konfigurasi kursi 5+2. Kami tak bisa menyebut sebagai 7-seater karena kursi paling belakang ini tak nyaman dan proporsional untuk orang dewasa, saking sempitnya ruang di baris ketiga. 

Gaji Masih UMR, Ini Mobil Bekas Tahun Muda yang Pas dengan Budget Kamu 02

Datsun Go+ ini cocok untuk mobilitas sehari-hari, misalnya antar anak sekolah sekalian berangkat kerja. Bensinnya pasti irit, mengingat Datsun Go+ ini masuk kelas LCGC yang diwajibkan memiliki angka konsumsi BBM hingga 20 km/liter. 

Datsun Go Panca 2017, Cicilan Relatif Murah Untuk Gaji UMR

Gaji Masih UMR, Ini Mobil Bekas Tahun Muda yang Pas dengan Budget Kamu 03

Model lain yang tak kalah ekonomis dan terjangkau untuk kalian yang pendapatannya di kisaran UMR DKI Jakarta yaitu Datsun Go. Mobil ini punya karakter yang bandel dan jempolan pada versi manual. Datsun Go series ini cocok untuk dimodifikasi pada sisi performa. 

Terlebih, versi 5-seater ini bobotnya jauh lebih ringan ketimbang Datsun Go+. Untuk dimanfaatkan sebagai taksi online pun juga oke, karena lincah untuk jalanan perkotaan yang relatif padat. 

Daihatsu Ayla 1.0 X 2016, City Car yang Lincah dan Sparepart Melimpah

Gaji Masih UMR, Ini Mobil Bekas Tahun Muda yang Pas dengan Budget Kamu 04

Kalau kalian takut dengan merek Datsun yang sparepartnya cukup mahal dan sulit dicari, ada Daihatsu Ayla bekas yang boleh kamu jadikan pilihan. Sebagai catatan, unit yang tersedia yaitu tipe 1.0 X alias tipe bawah dari Ayla, di atas tipe M yang jadi tipe terbawah. 

Ayla X MT tak terlihat murahan, karena penggunan ornament krom pada beberapa bagian penting. Ini membuat Ayla X MT yang harganya murah ini membuatnya sekaligus kelihatan mewah. Fitur hiburannya tak buruk walau bukan yang terbaik, karena sudah memakai 2DIN yang mendukung CD, MP3 dan USB. 

Kelemahannya hanyalah kapasitas mesin yang relatif kecil, sehingga membuat under power. Jadi, kurang nyaman saat digunakan untuk perjalanan jauh. 

Mobil Budget UMR, Bisa Nyicil Suzuki Karimun Wagon R 1.0 GL 2015

Gaji Masih UMR, Ini Mobil Bekas Tahun Muda yang Pas dengan Budget Kamu 05

Alternatif pilihan lain yang bisa kalian incar dengan budget ala kadarnya yaitu Suzuki Karimun 1.0 GL. Tak seperti Ayla yang sudah facelift, Karimun Wagon R ini modelnya tetap bertahan lama hingga tahun ini. Mesinnya kecil, tapi punya atap tinggi sehingga ruang kepala terasa lega. 

Kalian yang tinggal di luar Jakarta pun tak perlu cemas soal ketersediaan sparepart. Ini karena jaringan bengkel Suzuki cukup meluas hingga ke kota kecil. 

Karimun Wagon R mengandalkan mesin berkode K10B 3 silinder dengan kapasitas 998 cc. Bicara output, mesin ini diklaim mampu menghasilkan tenaga 68 PS pada 6.200 rpm dan torsi puncak 90 Nm pada 3.500 rpm.

Kelebihan lain dari Karimun Wagon R ialah bagasinya yang sedikit lebih lega daripada Daihatsu Ayla. Ini karena rancangan atap tinggi dan desain boxy yang membuat dimensi bagasi jadi meluas. 

Daihatsu GranMax 1.3 2015 Minibus, Mobil Paling Ekonomis di Budget UMR

Gaji Masih UMR, Ini Mobil Bekas Tahun Muda yang Pas dengan Budget Kamu 06

Model terakhir yang satu ini menjadi pilihan rasional kamu yang ingin memiliki mobil murah, kabin lega, mesin irit, dan juga perawatannya tidak sulit. Kini dengan harga di bawah Rp80 juta, kita bisa membeli sebuah Daihatsu GranMax keluaran 2015.

Daihatsu GranMax dengan mesin 1.3 liter ini menjadi kendaraan yang sangat fungsional, karena bisa dimanfaatkan untuk rental atau angkutan omprengan. Mesinnya juga terbilang memiliki tenaga cukup, untuk perjalanan luar kota. 

Jadi, opsi terakhir dalam daftar ini menjadi pilihan pamungkas yang memiliki banyak benefit. Alasannya, Daihatsu GranMax 1.3 2015 ini memiliki kapasitas hingga 9 tempat duduk. Kursi paling belakangnya berkonfigurasi 2-2 saling berhadapan. 

Kalau butuh penyimpanan barang yang cukup besar, tinggal melucuti kursi belakang. Sehingga ruangannya dapat dimanfaatkan sebagai bagasi. Jadi, kita bisa bepergian secara leluasa dengan bawa banyak barang bawaan. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Honda Civic RS 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil