window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Gak Mau Kredit karena Riba? Ini Tipsnya Supaya Bisa Beli Mobil Tunai

Prasetyo · 5 Feb, 2023 10:02

Gak Mau Kredit karena Riba? Ini Tipsnya Supaya Bisa Beli Mobil Tunai 01

Beli mobil kredit baik itu mobil baru atau mobil bekas, saat ini adalah sesuatu yang sangat umum terjadi. Beli mobil kredit tentu adalah solusi ketika Anda membutuhkan kendaraan namun dananya tidak mencukupi.

Namun bagi sebagian orang, kredit mobil adalah hal yang dihindari. Alasannya pun beragam, satu diantaranya ketakutan tidak bisa membayar cicilan bulanan yang pada akhirnya kendaraan tersebut malah disita pihak lembaga pembiayaan. Sehingga mereka memilih beli mobil tunai alias cash.

Gak Mau Kredit karena Riba? Ini Tipsnya Supaya Bisa Beli Mobil Tunai 02

Beli mobil bisa baru atau bekas

Nah mungkin Anda juga tengah mempertimbangkan untuk beli mobil secara cash, berikut ini kami berikan tips beli mobil tunai supaya bisa cepat terlaksana.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Tips Beli Mobil Bekas Berkualitas, Jangan Cuma Incar Kilometer Rendah

1. Pilih Mobil yang Sesuai Kebutuhan

Sebelum membeli mobil pastikan dulu seberapa penting kendaraan itu untuk kebutuhan Anda. Tentukan pula tujuan membeli mobil, apakah untuk alat transportasi harian Anda bekerja, atau buat kebutuhan anggota keluarga yang lain.

Gak Mau Kredit karena Riba? Ini Tipsnya Supaya Bisa Beli Mobil Tunai 01

Pilih mobil yang sesuai kebutuhan

Dari sini anda bisa menyesuaikan model mobil yang dibutuhkan. Jika cuma untuk Anda pakai seorang diri maka lebih baik yang ukurannya kecil, seperti citycar maupun hatchback. Namun jika butuh mobil keluarga, maka MPV atau SUV 7 penumpang adalah opsi paling tepat.

Kalau Anda ingin membeli mobil bekas berkualitas, maka CARSOME juga menyediakan pilihan yang lengkap. Mulai dari citycar, hatchback, MPV, SUV, hingga mobil mewah.

Baca juga: Mulai dari HR-V sampai BMW, Inilah Rekomendasi Mobil Bekas Terbaik di Januari 2023

2. Sesuaikan dengan Dana yang Tersedia

Gak Mau Kredit karena Riba? Ini Tipsnya Supaya Bisa Beli Mobil Tunai 02

Pertimbangkan juga pajak tahunan dan 5 tahunan kendaraan tersebut

Dikutip dari laman Suzuki Indonesia, setelah menentukan pilihan mobil, maka berikutnya Anda harus memastikan dana yang dimiliki sesuai dengan harga kendaraan. Hitunglah mengenai berapa harga mobil incaran tersebut dan bandingkan dengan ketersediaan budget.

Sebaiknya Anda membeli mobil yang harganya tidak terlalu pas dengan dana yang sudah disediakan. Karena Anda harus mempertimbangkan mengenai biaya asuransi, servis berkala, dan pajak tahunan serta lima tahunan yang harus dibayar setelah membeli mobil.

Baca juga : 5 Pilihan Mobil Bekas Rp 100 Jutaan, Tampil Beda di Jalan Tapi Gak Nguras Tabungan

3. Sisihkan Pendapatan Bulanan

Gak Mau Kredit karena Riba? Ini Tipsnya Supaya Bisa Beli Mobil Tunai 03

Biaya servis berkala juga dibutuhkan

Nah ini juga penting untuk Anda ketahui kalau mau beli mobil tunai. Menyisihkan sebagian pendapatan bulanan bisa untuk mempercepat pengumpuan dana sebelum Anda mebeli mobil.

Selain itu bisa juga untuk dana darurat ketika Anda harus mengeluarkan biaya kepemilikan kendaraan tersebut. Seperti servis berkala, ganti ban, hingga bayar pajak.

Gak Mau Kredit karena Riba? Ini Tipsnya Supaya Bisa Beli Mobil Tunai 04

Beli mobil tunai juga bisa untuk yang kondisinya bekas

Mulailah mengumpulkan dana dengan menabung sekitar Rp3 juta per bulan apabila pendapatan gajinya sudah lumayan tinggi. Lakukan hal ini secara rutin dan konsisten. Apabila Anda teratur menerapkan cara ini, maka hanya dalam waktu sekitar 3 tahun saja sudah bisa mendapatkan mobil cash.

Hal ini lebih baik jika dibandingkan dengan beli mobil kredit yang terkadang nilai cicilannya juga Rp3 jutaan per bulan. Dengan dana yang terkumpul ini tentu Anda tidak pusing lagi jika butuh dana darurat untuk perbaikan mobil.

Nah gimana, tak sulit bukan untuk memilih beli mobil tunai daripada kredit.

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Honda Brio Satya S M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil