Gak Pernah Ada Model Barunya, Peminat Mitsubishi L300 Malah Kian Meroket
Prasetyo · 23 Sep, 2021 09:03
0
0
Selain kendaraan penumpang, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) juga memasarkan kendaraan niaga ringan melalui L300. Dan ternyata penjualan Mitsubishi L300 juga terhitung moncer. Bahkan mobil ini memberikan kontribusi terbesar kedua bagi total penjualan MMKSI setelah Mitsubishi Xpander.
Hal ini terlihat dari penjualan yang ditorehkan MMKSI baik dari penjualan retail maupu wholesales periode Agustus 2021. Untuk retail (dari dealer ke konsumen), Mitsubishi L300 mampu terjual 2.268 unit. Sementara wholesales (dari pabrik ke dealer) L300, tercatat ada 2.560 unit yang terdistribusikan.
Lalu bagaimana dengan kompetitornya? Mengingat di segmen kendaraan niaga ringan jenis pick up, selama ini dikuasai oleh Suzuki New Carry pick up dan juga Daihatsu Gran Max PU.
L300 Mobil Mitsubishi Paling Laris Kedua Setelah Xpander
Jika selama Agustus saja, pick up yang juga terkenal dengan nama Elsapek itu terjual lebih dari 2.500 unit, maka raihan penjualan totalnya periode Januari-Agustus juga cukup besar. Dari data GAIKINDO, wholesales L300 di delapan bulan tahun ini telah mencapai 17.470 unit.
Jika dibandingkan Mitsubishi Xpander, pada bulan lalu masih dari data GAIKINDO, mobil ini mampu dijual MMKSI sebanyak 4.925 unit. Lalu Mitsubishi Pajero Sport terjual 2.162 unit. Itu berarti L300 sanggup menjadi mobil kedua terlaris dari MMKSI untuk periode Agustus 2021.
Begitu pula untuk penjualan total dari Januari hingga Agustus, L300 menyumbang kedua besar bagi penjualan MMKSI. Mengingat Xpander di periode ini sudah terjual 34.069 unit. Sedangkan Pajero Sport di periode yang sama telah terjual 11.902 unit.
Terus Bergerak Jadi Raja Pick Up di Indonesia
Untuk segmen pick up ringan, penguasa pasar memang masih dipegang oleh Carry. Sebab capaian Suzuki untuk Agustus saja bisa menjual 5.315 unit New Carry Pick Up. Tetapi total perolehan yang dicatat Mitsubishi L300 masih lebih baik dari Gran Max PU. Mengingat Daihatsu hanya sanggup mencatatkan wholesales 2.296 unit di bulan yang sama.
Kondisi ini tentu menarik, mengingat L300 merupakan model pick up yang sudah sangat lama tidak berganti model. Hadir sejak 1981, terakhir kali Mitsubishi melakukan improvement pada L300 di tahun 1990-an. Tapi ternyata walau tanpa pembaruan, pick up ini masih dipercaya sebagai kendaraan yang temani para pebisnis di Indonesia.
1.845 mm (Standard) 1.935 mm (Flatbed) 1.810 mm (Chasis)
Panjang kargo
2.430 mm
Lebar kargo
1.600 mm
Tinggi kargo
360 mm (Standard) 310 mm (Flatbed)
Kehadiran selama 4 dekade di Indonesia tentu bukan waktu sedikit bagi L300. Penjualannnya yang masih tinggi menandakan pick up ini masih begitu diandalkan. Total biaya kepemilikan yang cukup murah, kemudahan dalam sisi layanan purna jual termasuk ketersediaan suku cadang, dan juga kemampuannya yang telah teruji di segala medan membuat Elsapek masih terus digemari.
Mitsubishi L300 2021 hadir dalam tiga model yakni Pick-Up Standar, Pick-Up Flat Bed dan Cab Chasis. Harganya ada direntang Rp189,5 juta hingga Rp194 juta. Mesin yang dipakai masih tetap berkodekan 4D56. Sebuah mesin diesel yang sudah terkenal akan performa, ketangguhan, dan durabilitasnya.
Khusus untuk model Cab Chasis, tentunya juga memberi keleluasaan bagi konsumen untuk menentukan pilihan susai kebituhan bisnis mereka.
Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.