window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Gak Sampai Rp3 Juta Bisa Ubah Toyota Calya dan Daihatsu Sigra Lama Jadi Baru

Prasetyo · 11 Jul, 2022 19:02

Gak Sampai Rp3 Juta Bisa Ubah Toyota Calya dan Daihatsu Sigra Lama Jadi Baru 01

  • Toyota Calya 2022 dan Daihatsu Sigra 2022 mengalami ubahan ringan.
  • Kenaikan harga kedua mobil ini cukup signifikan.
  • Pemilik Toyota Calya - Daihatsu Sigra lama bisa ubah jadi ke model baru.

Kehadiran Toyota Calya 2022 dan Daihatsu Sigra 2022 memang menarik untuk terus dibahas. Mengingat meskipun ini model baru, tetapi perubahannya tidak terlalu signifikan dibanding facelift pertama yang dilakukan Toyota maupun Daihatsu pada tahun 2019.

Nah karena cuma sekedar facelift, beberapa perubahan di Calya - Sigra 2022 ternyata bisa pula diterapkan di model lamanya. Caranya tentu saja dengan proses sedikit modifikasi. Menariknya, budged yang dibutuhkan ternyata lebih murah!

Baca juga : Resmi Meluncur, New Daihatsu Sigra 2022 Termurah Naik Rp19 Juta

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

1. Lampu Depan Smoked

Gak Sampai Rp3 Juta Bisa Ubah Toyota Calya dan Daihatsu Sigra Lama Jadi Baru 01

Lampu smoked di bagian alisnya saja

Pertama kalau Anda ingin lampu depan Calya 2022 maupun Sigra 2022 yang pakai aksen smoked, sebenarnya langkah ini mudah untuk dilakukan. Beberapa bengkel atau toko spesialis modifikasi lampu mobil juga bisa mengubah lampu biasa jadi aksen kehitaman seperti ini.

Harganya mulai dari Rp1 jutaan untuk lampu kiri dan kanan. Kalau mau lebih mruah lagi, Anda bisa lakukan sendiri. Caranya copot lampu utama lampu mobil Anda, kemudian buka lem di lampu itu dengan heatgun sampai mika lampu terlepas dari bagian lain. Kemudian gunakan cat semprot warna hitam, dan lakukan pengecatan pada bagain dalam lampu supaya muncul aksen smoked.

2. Grill Depan Bagian Atas

Gak Sampai Rp3 Juta Bisa Ubah Toyota Calya dan Daihatsu Sigra Lama Jadi Baru 02

Grill bagian atas sekarang hitam

Perubahan lain di Toyota Calya 2022 maupun Daihatsu Sigra 2022 adalah pada grill bagian atasnya. Di Calya pakai warna Black Chrome Gloss, sementara di Sigra Black Gloss. Nah gril hitam ini juga bisa diubah dari model Calya-Sigra sebelumnya karena tak ada revisi bentuk maupun dimensi.

Anda bisa gunakan cat semprot warna Black Gloss yang harganya Rp45 ribuan. Untuk mengecat bagian grill depan atau garnish belakang cukup satu kaleng cat semprot. Atau Anda bisa tutup dengan cutting sticker Black Gloss. Kalau Anda datang ke spesialis cutting sticker mobil, biaya menutup grill atas ini termasuk garnish belakang di kisaran Rp100.000. 

3. Grill Depan

Gak Sampai Rp3 Juta Bisa Ubah Toyota Calya dan Daihatsu Sigra Lama Jadi Baru 03

Grill depan berubah

Perubahan paling krusial dari Calya dan Sigra terbaru adalah di bagian grill depannya. Untuk Calya baru front grille kini diubah jadi desain beraksen geometris serta berlapis chrome. Sementara di Sigra masih sama dengan model lamanya.

Jadi kalau mau berubah tampang jadi ala Toyota Calya 2022 tinggal beli grill yang sama. Di toko-toko aftermarket mungkin grill yang mirip seperti ini belum ada, namun Anda bisa pakai grill model honey comb yang terlihat lebih sporty. Harganya Rp300 ribuan sampai Rp500 ribuan.

Baca juga : Harga New Toyota Calya Mulai Rp161,5 Juta, Cuma Berubah di Grill Depan?

4. Velg

Gak Sampai Rp3 Juta Bisa Ubah Toyota Calya dan Daihatsu Sigra Lama Jadi Baru 04

Ukuran velg masih sama dengan yang lama

Calya - Sigra 2022 juga mengalami perubahan pada bagian velg. Ukuran diameter dan lebarnya serupa, namun kombinasi warnanya beda. Nah kalau benar-benar ingin tetap sama modelnya, maka Anda bisa datang ke toko cat velg mobil.

Kalau hanya sekedar ganti warna tanpa ada perbaikan, dengan ukuran velg ring 14 biaya repaint sekitar Rp200 ribu hingga Rp300 ribu per velg. Jadi untuk 4 velg butuh dana sekitar Rp 1 juta.

5. Shark Fin Antenna

Gak Sampai Rp3 Juta Bisa Ubah Toyota Calya dan Daihatsu Sigra Lama Jadi Baru 05

Shark fin antenna juga bisa dibeli di toko aftermarket

Nah terakhir ubahan minor lainnya yang bisa ditemukan pada Toyota Calya baru maupun Daihatsu Sigra 2022 adalah pemakaian antena sirip hiu alias Shark Fin Antenna. Untuk Calya dan Sigra tipe lama antena radionya masih pakai tipe stick berukuran pendek.

Di toko-toko aksesoris mobil baik online yang dijual melalui e-commerce maupun offline shark fin antenna banyak sekali dijual. Anda tinggal pilih yang warnanya sesuai kelir bodi Calya-Sigra Anda. Dan antena ini sifatnya universal tinggal plug and play. Harganya, cukup Rp50 ribuan.

Kesimpulan

Kalau Anda hanya melakukan modifikasi secara mandiri, maka untuk merubah Toyota Calya maupun Daiahtsu Sigra lama jadi baru secara tampilan, maka biayanya gak smapai Rp3 juta. Menarik?

Baca juga : Toyota Calya Facelift Lebih Mahal dari Daihatsu Sigra Facelift 2022, Bedanya Dimana?

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Toyota Calya E MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil