window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Galau, Ingin Beli Honda CR-V Atau Wuling Almaz? Ketahui Dulu Perbandingannya

Enda · 21 Okt, 2020 10:00

Galau, Ingin Beli Honda CR-V Atau Wuling Almaz? Ketahui Dulu Perbandingannya 01

Menempatkan diri bermain di Segmen C-SUV, Honda CR-V tidak sendiri dalam meramaikan kancah otomotif nasional. Jika pesaing  Honda CR-V sebelumnya ialah Nissan X-Trail, kini Wuling Almaz yang digadang-gadang sebagai rival utamanya.

Wuling Almaz dianggap sebagai pesaing yang ‘Head to head’ langsung karena diyakini lebih memiliki kemiripan. Hal tersebut diiyakan karena, keduanya ditanami mesin berkubikasi 1.500 cc dengan dorongan turbo. Selain itu juga soal konfigurasi keduanya bisa dimuati hingga 7 penumpang.

Penasaran mengapa Honda CR-V dirasa lebih tepat dibandingkan dengan Wuling Almaz? Simak terus ulasannya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Eksterior Honda CR-V vs Wuling Almaz

Galau, Ingin Beli Honda CR-V Atau Wuling Almaz? Ketahui Dulu Perbandingannya 01

Pada 2017, Honda berhasil meluncurkan generasi terbaru Honda CR-V. Generasi kelima yang diberi nama Honda All New CR-V ini, mampu menampilkan tampilan eksterior yang terlihat lebih kekar dan bengis. Semua itu berkat ditariknya garis-garis tegas yang mempertajam disetiap lekukan ujungnya.

Meski terlihat bengis, pada segi wajah, Honda CR-V terlihat tembam di bagian bumper. Ketika beranjak ke bagian samping, di sini jelas terlihat ikonik CR-V yang tidak bisa ditinggalkan, yaitu bentuk body yang membulat di bagian samping belakang. Pada bagian buritan, Honda benar-benar memperlihatkan kejantanan CR-V. Semua itu terlihat dari lekukan disetiap ujungnya, serta adanya dua muffler di kiri dan kanan, juga Under Guard yang melekat tepat di bawah bumper belakang.

Galau, Ingin Beli Honda CR-V Atau Wuling Almaz? Ketahui Dulu Perbandingannya 02

Ketika berbicara tentang pesaingnya, Wuling Almaz, SUV asal negri Tirai Bambu ini juga tidak ingin kalah soal tampilan luar. Seolah tahu akan ketertarikan konsumen di Tanah Air, Wuling ditampilkan dengan wujud yang terlihat macho. Hal itu bisa ditemui disekujur tubuhnya, yang diselimuti garis tegas yang menyudut, serta lekukan yang terkesan berotot.

Pada bagian fascia, lampu utama dibuat pipih terlihat seolah seperti robot yang sedang mematai suatu objek. Wuling Almaz juga berhasil mendapatkan Housing Fog Lamp yang besar, sehingga membuatnya terlihat sporty. Beranjak ke bagian samping, lekukan pada body Wuling Almaz tidak terlalu terlihat membulat seperti Honda CR-V. Pada bagian ini, kalian justru bisa menemukan tarikan garis lurus yang menjulang seolah menghubungkan lekukan fender di atas roda depan dan belakang.

Bergeser ke bagian belakang, sama seperti Honda CR-V, Wuling Almaz disematkan dua lubang knalpot di bagian sisi kiri dan kanan. Tapi kalian jangan mudah percaya begitu saja, bahwasannya dua lubang knalpot tersebut hanyalah variasi. Ujung pembuangan gas buang yang asli terletak di bawah dan mengumpat.

Interior Honda CR-V vs Wuling Almaz

Galau, Ingin Beli Honda CR-V Atau Wuling Almaz? Ketahui Dulu Perbandingannya 03

Dari setiap produsen otomotif pasti sama-sama ingin menyuguhkan tampilan interior yang nyaman dan aman, sehingga setiap orang yang berada di dalamnnya lebih betah ingin berlama-lama.

Menanggapi hal tersebut, Honda menyuguhkan CR-V dengan tampilan interior yang terlihat mewah dan tentunya menampilkan kesan nyaman. Di beberapa bagian, Honda CR-V mendapatkan aksen Wood Panel yang dikombinasikan dengan sentuhan warna perak, yang didominasi dengan warna hitam. Pada jok juga dilapisi dengan bahan material Leather berwarna hitam.

Galau, Ingin Beli Honda CR-V Atau Wuling Almaz? Ketahui Dulu Perbandingannya 04

Tidak ingin kalah soal tampilan dalam, Wuling Almaz juga sama-sama menawarkan material dengan kualitas premium. Hanya saja pada Wuling Almaz kalian tidak bisa menemukan aksen Wood Panel melekat di tubuhnya. Sama seperti Honda CR-V, untuk merasakan kenyamanan lebih, Wuling Almaz juga mendapatkan Panoramic Sunroof dengan dimensi yang cukup besar.

Konfigurasi Honda CR-V vs Wuling Almaz

Secara konfigurasi, baik Honda CR-V maupun Wuling Almaz sama-sama ditawarkan jok 2+3+2. Yang mana keduanya bisa dimuati hingga 7 penumpang. Namun untuk kenyamanan, baiknya dimuati cukup 6 penumpang saja.

Ukuran Honda CR-V vs Wuling Almaz

Sebagai Medium SUV yang bisa dimuati hingga 7 penumpang, apakah secara dimensi Honda CR-V serta Wuling Almaz terlihat sama? Berikut datanya

Keterangan
  Honda CR-V Wuling Almaz
Dimensi panjang 4.584 mm 4.655 mm
Dimensi lebar 1.855 mm 1.835 mm
Dimensi tinggi 1.679 mm 1.760 mm

Mesin Honda CR-V vs Wuling Almaz

Melihat data pada tabel, secara total keseluruhan Wuling Almaz memiliki dimensi lebih besar dibandingkan dengan Honda CR-V.

Honda CR-V serta Wuling Almaz, sama-sama ditawarkan mesin 1.500 cc dengan dorongan turbo.

Keterangan
  Honda CR-V Wuling Almaz
Mesin 1.5L VTEC Turbo With Earth Dreams Technology –Direct Injection 1.5L In-line 4 Cylinders, DOHC DVVT With Turbocharger
Tenaga 147 Hp @5.600 Rpm 140 Hp @5.300 Rpm
Torsi 240 Nm @2.000-5.000 Rpm 250 Nm @1.600-3.600 Rpm
Transmisi CVT With Earth Dreams CVT
Sistem penggerak Front-Wheel-Drive

Front-Wheel-Drive

Honda CR-V serta Wuling Almaz sama-sama Medium SUV 7-seater yang menawarkan kenyamanan berkendara. Ketika bicara harga, Honda CR-V dijual mulai dari Rp463.900.000 sedangkan Wuling Almaz dibandrol dari harga Rp341.800.000. Wajar sebagai pendatang baru Wuling Almaz dijual dengan harga jauh lebih murah untuk menarik hati konsumen.

Kesimpulan

Ketika membandingkan kenyamanan di dalam kabin, Honda CR-V dirasa lebih memberikan rasa nyaman berkendara. Hal lainnya juga dapat dilihat dari banyaknya aksesoris yang ditawarkan.

Namun, jika kalian yang mempunyai budget terbatas, tidak ada salahnya menjatuhkan pilihan pada Wuling Almaz sebagai mobil impian. Hanya saja karena Wuling adalah pendatang baru di kancah otomotif nasional, maka layanan purna jualnya tidak selebar Honda.

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Honda CR-V 2023 Upcoming

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil