Galau Pengen Beli Mazda CX-9 Baru atau Bekas? Baiknya Ketahui Kelebihan dan Kekurangannya

Enda · 17 Okt, 2020 10:30

Galau Pengen Beli Mazda CX-9 Baru atau Bekas? Baiknya Ketahui Kelebihan dan Kekurangannya 01

PT Eurokars Motor Indonesia, selaku distributor kendaraan roda empat Mazda di Tanah Air, berhasil memperkenalkan varian terbaru Mazda CX-9 pada awal 2018 lalu.

Pada awalnya, Mazda CX-9 generasi terbaru yang ada saat ini, diperkenalkan di Los Angles Motor Show 2015. Pada 2016, secara resmi Mazda CX-9 dijual, dan selang dua tahun kemudian, Indonesia berkesempatan mendapatkan varian teranyarnya.

Memiliki ukuran dimensi 5.075 mm, lebar 1.969 mm dan tinggi 1.747 mm, membuat Mazda CX-9 masuk dalam golongan Large Sport Utility Vehicle (LSUV) dengan menduduki kasta teratas dijajaran SUV Jepang lainnya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Dan perlu diketahui, LSUV premium Mazda ini kini dijual dengan harga Rp849.9-Rp954.9 juta On The Road Jakarta.

Jika harga barunya masih dianggap mahal, kalian bisa membeli Mazda CX-9 generasi sebelumnya dalam kondisi bekas.

Namun sebelum membeli, baiknya ketahui kelebihan dan kekurangan Mazda CX-9 kondisi baru maupun bekas.

Mazda CX-9 baru

Kelebihan

1. Terilihat lebih berotot

Galau Pengen Beli Mazda CX-9 Baru atau Bekas? Baiknya Ketahui Kelebihan dan Kekurangannya 01

Mazda CX-9 terbaru tampil dengan bentuk wajah meruncing yang lebih sporty. Hal ini merupakan bagian dari gaya desain KODO-Soul of Motion yang dianutnya. Tidak hanya fascia, tampilan samping serta buritan menampilkan garis-garis tegas yang merupakan Implementasi dari KODO desain, gabungan dari elemen kecepatan, kekuatan dan pesona.

Selain memberikan kesan berotot, Mazda CX-9 terlihat lebih futuristik berkat adanya lampu utama projector berteknologi LED Automatic Levelling. Pada sisi bagian buritan juga Mazda CX-9 telah berhasil disematkan Stop Lamp LED serta Lightning Signature.

2. Segudang fitur keselamatan

Tak heran jika Mazda CX-9 ditanami segudang fitur keselamatan yang mampu menampilkan kesan nyaman ketika berkendara. Mengingat LSUV ini masuk dalam kelas premium yang dibandrol dengan harga nyaris menembus Rp1 miliar.

Saat bicara fitur keselamatan standar, Mazda CX-9 sudah dilengkapi Antilock Brake System (ABS) with Electronic Brakeforce Distribution (EBD), dan Brake Assist (BA).

Galau Pengen Beli Mazda CX-9 Baru atau Bekas? Baiknya Ketahui Kelebihan dan Kekurangannya 02

Tidak hanya itu, fitur keselamatan aktif standar lainnya yang berhasil disematkan antara lain: Dynamic Stability Control (DSC) dan Traction Control System (TCS), Hill Launch Assist (HLA), Emergency Stop Signal (ESS), G-Vectoring Control (GVC), sensor parkir di depan dan belakang, serta kamera 360 derajat yang bisa membantu pengemudi untuk memantau kondisi sekitar mobil.

Fitur keselamatan standar sudah. Akan tetapi tampaknya Mazda masih kurang puas akan fitur keselamatan yang ada. Dengan begitu, fitur keselamatan i-ACTIVSENSE sebagai fitur ikoniknya Mazda juga ditanamkan pada LSUV ini, berupa: Adaptive LED Headlights (ALH), Blind Spot Monitoring (BSM) dan Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Lane Departure Warning System (LDWS), Lane Keep Assist System (LAS), Smart City Brake Support (Forward & Reverse)(SCBS F & R), Pedestrian Brake (F)dan terakhir Driver Attention Alert (DAA).

3. Tersedia varian 2WD dan AWD

Galau Pengen Beli Mazda CX-9 Baru atau Bekas? Baiknya Ketahui Kelebihan dan Kekurangannya 03

Menggunakan mesin dengan tipe SKYACTIV-G 2.5 Turbo In-line 4 cylinder DOHC 16 valve, Turbocharged, Mazda CX-9 mampu memuntahkan tenaga hingga 231 PS @5.000 Rpm serta torsi mencapai 420 Nm @2.000 Rpm. Tenaga tersebut disalurkan melalui transmisi otomatik 6-percepatan melalui penggerak roda depan.

Untuk kalian yang tidak suka mobil besar dengan penggerak roda depan jangan berkecil hati. Pasalnya, Mazda CX-9 varian teranyar juga dihadirkan dalam penggerak All Wheel Drive (AWD) sebagai opsi.

Dengan begitu, kalian yang suka berpetualang, berkendara menggunakan Mazda CX-9 akan terasa mudah. Terlebih ketika ingin melahap medan berat yang hendak dilalui.

Kekurangan

1. Harga yang fantastis

Galau Pengen Beli Mazda CX-9 Baru atau Bekas? Baiknya Ketahui Kelebihan dan Kekurangannya 04

Menurut situs resmi Mazda Indonesia, CX-9 dijual dengan harga mulai dari Rp849.9-Rp954.9 juta. Harga yang ditawarkan merupakan On The Road Jakarta. Untuk daerah, akan terdapat penyesuaian harga yang lebih mahal tentunya.

2. Harga jual kembali cenderung merosot

Saat hendak kembali menjual Mazda CX-9, kalian harus siap menerima harga jual kembali yang cenderung merosot. Dibeberapa Marketplace, Mazda CX-9 generasi terbaru, untuk kondisi bekasnya lansiran 2019, dijual dengan kisaran harga Rp700 jutaan.

Mazda CX-9 bekas

Kelebihan

1. Harga terjangkau

Galau Pengen Beli Mazda CX-9 Baru atau Bekas? Baiknya Ketahui Kelebihan dan Kekurangannya 05

Generasi Mazda CX-9 dalam kondisi bekas, terbilang relatif lebih terjangkau. Di beberapa marketplace menawarkan Mazda CX-9 kondisi bekas di bawah Rp300 juta. Tentu saja akan ada banyak perawatan ketika membeli Mazda CX-9 kondisi bekas.

2. Bisa langsung dipakai

Apabila kalian membeli Mazda CX-9 kondisi bekas, mobil yang baru dibeli bisa langsung digunakan. Berbeda dengan mobil baru, kalian harus menunggu berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan untuk mendapatkan STNK beserta plat nomor kendaraan, agar mobil bisa digunakan.

Kekurangan

1. Tidak mengetahui sejarahnya

Galau Pengen Beli Mazda CX-9 Baru atau Bekas? Baiknya Ketahui Kelebihan dan Kekurangannya 06

Ketika ingin membeli Mazda CX-9 dalam kondisi bekas, baiknya ketahui Track Record mobil. Hal ini bisa dilakukan melalui bengkel resmi Mazda terdekat. Tahap ini perlu dilakukan dalam membeli mobil bekas, agar tidak menyesal dikemudian hari.

2. Spare Part mahal

Mobil dengan masa pakai cukup lama, tentunya akan menimbulkan berbagai masalah. Salah satunya penggantian suku cadang. Pada Mazda CX-9 Spare Part yang ditawarkan cukup mahal. Hal ini dikarenakan Mazda CX-9 merupakan LSUV golongan kelas premium.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

Komentar

Mobil Terbaru