window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Gampang Kok! Begini Cara Ganti Lampu Halogen ke LED Buat Mobil

Prasetyo · 8 Jul, 2021 17:00

Gampang Kok! Begini Cara Ganti Lampu Halogen ke LED Buat Mobil 01

Teknik cara ganti lampu mobil perlu dipelajari, karena seiring perkembangan teknologi otomotif, teknologi lampu mobil juga ikut mengalami evolusi.

Jika dulu lampu mobil hadir dengan tipe halogen, maka kini berubah jadi LED (Light Emitting Diodes) dan HID (High Intensity Discharge). Semua pasti punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Tapi dibanding Halogen atau HID, umumnya mobil modern banyak yang menggunakan lampu depan jenis LED. Lampu ini dinilai sanggup memancarkan cahaya lebih terang dibanding Halogen, tapi daya listrik yang dibutuhkan lebih kecil dan harganya juga lebih murah dibanding HID.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Ganti lampu halogen ke LED -1

Lampu LED lebih terang tapi cuma butuh daya listrik kecil

Sayangnya belum semua mobil di Indonesia pakai lampu LED untuk headlamp karena sebagian juga masih ada yang pakai Halogen. Nah gak perlu berkecil hati kalau mobil Anda lampunya masih Halogen, sebab dengan modal yang cukup murah, bisa kok ganti lampu halogen ke LED di mobil kesayangan Anda.

Baca juga : Cara Blokir STNK Gampang Kok, Supaya Tidak Kena Tilang Online 'Nyasar'

Cara Ganti Lampu, Perhatikan Tipe Lampu Mobil

Sebelum membeli lampu LED mobil yang mana yang kira-kira pas dikantong, yang perlu diperhatikan pertama kali adalah tipe dari lampu tersebut. Tipe lampu mobil dibedakan dengan kode huruf dan angka. Seperti H1, H3, H4, H5, H6, H7, H8, H9, atau H11.

Ganti lampu halogen ke LED -3

Perhatikan tipe lampu di mobil Anda

Umumnya untuk lampu depan mobil-mobil yang banyak beredar di Indonesia menggunakan lampu tipe H4 atau H7 untuk kebutuhan lampu Highbeam dan Low beam. Sementara untuk tipe lampu H1, H3, H8, H9, atau H11 umumnya merupakan tipe lampu untuk foglamp alias lampu kabut.

Untuk LED aftermarket yang banyak dijual bebas dipasaran, kini sudah meggunakan adaptor dan soket untuk ke tipe H4 atau H11. Sehingga Anda tinggal cocokkan saja jenis lampu mobil dengan adaptor soket dari lampu LED tersebut.

Ganti lampu halogen ke LED -2

Lampu LED mobil yang dijual umumnya tinggal plug and play

Sehingga nantinya pemasangan lampu tinggal plug and play tanpa ada merombak apapun. Selain itu, pada lampu LED biasanya dibagian belakang dibekali kipas pendingin yang tugasnya mengatur suhu lampu agar tidak terlalu panas.

Baca juga : Tidak Sulit, Berikut Cara Ubah Surat Mobil Pelat Merah Jadi Pelat Hitam

Pilihan Lampu LED Mobil Terbaik

Sebelum mengganti lampu Halogen ke LED, maka sebaiknya ketahui dulu beberapa tipe lampu LED mobil yang ada di pasaran. Karena sebenarnya cukup mudah untuk mendapatkan lampu LED terbaik buat mobil Anda.

Lampu-lampu seperti ini banyak tersedia di layanan e-commerce yang ada di Indonesia. Harganya pun bervariasi, mulai dari Rp200.000-an sampai Rp2 jutaan. Merknya pun amat beragam, namun berikut ini kami rekomendasikan beberapa jenis lampu LED yang sudah cukup populer kualitasnya yang bisa Anda pilih.

Pilihan Lampu LED Mobil
Merk dan tipe lampu Harga
Philips Ultinon Essential G2 6500K Rp600 ribuan
Philips Ultinon 6.000K Rp1,5 jutaan
Osram XLZ New Gen 6000K Rp650 ribuan
Osram LEDriving Premium 6000K Rp1,1 jutaan
Autovision Force Hi/Lo 6000K Rp600 ribuan
Autovision LED Highway 6000K Rp700 ribuan
Autovision Carbon P2 5700K Rp1,7 jutaan

Yuk Pasang Lampu LED Mobil

jenis lampu

Kalau lampu yang lama masih berfungsi, sebaiknya disimpan saja

Apabila lampu yang Anda ingin pasang sudah dibeli, maka saatnya lakukan persiapan pemasangan. Berikut caranya:

1. Copot Lampu Halogen yang Lama

Sebelum ganti lampu halogen dengan LED maka tentu harus mencopot lebih dulu. Disini Anda harus melepas dahulu soket kabel lampu tersebut. Setelah itu lepas karet penutup lampu, maka nanti akan terlihat lampu yang masih terlindung kawat pengait. Tekan kawat pengait untuk membukanya, barulah lampu bisa dilepas.

2. Pasang Dahulu Adaptor Lampu LED

Sebelum lampu LED yang baru dipasang, sebaiknya lepaskan dahulu adaptor lampu tersbeut ke rumah lampu mobil Anda. Caraya dengan memutar berlawanan arah jarum jam kemudian angkat dan lepaskan dari lampu LED. Adaptor inilah yang kemudian harus terpasang lebih dulu ke rumah lampu mobil untuk tempat dudukan lampu LED.

lepas komponen lampu

Saat melepas lampu, biasanya ada kawat pengait

3. Masukkan Lampu Setelah Karet Penutup Terpasang

Jika adaptor kaki lampu sudah terpasang kuat di rumah lampu, maka selanjutnya pasang terlebih dulu karet penutup lampu tersebut. Barulah Anda pasang lampu LED tadi dengan cara menekan dan memutarnya searah jarum jam sampai lampu dan adaptor soket terpasang dengan kuat.

4. Sambungkan Soket Lampu LED

Jika posisi lampu sudah terpasang, maka langkah terakhir tinggal sambungkan soket lampu LED dengan soket lampu kabel lampu yang ada di mobil Anda. Lalu biar terlihat rapih dan terlindung saat hujan, sebaiknya beri lapisan isolasi pada soket dan kabel-kabel yang menjuntai.

Baca juga : Jangan Sampai Ketipu, Ini Cara Mudah Mengetahui Spare Part Asli Atau Palsu

Selesai deh, Anda tinggal coba nyalakan lampu dekat (low beam) atau high beam (lampu jauh). Kalau semua normal berarti proses pemasangan berhasil. Gak perlu ke bengkel kan?!

 

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Toyota Kijang Innova Zenix Gasoline 2.0 G CVT 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil