window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

GAZOO Racing Sebarkan Motorsport Excitement dan Joy of GR di GIIAS 2022

Budi · 17 Agu, 2022 20:00

GAZOO Racing Sebarkan Motorsport Excitement dan Joy of GR di GIIAS 2022 01

GAZOO Racing sebagai salah satu merek di bawah PT Toyota Astra Motor (TAM) yang ikut serta di ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, kali ini tak mau ketinggalan dengan menampilkan enam produk baru. Tahun ini untuk pertama kalinya sejak merek GAZOO Racing diperkenalkan pada 2021, menempatkan diri sebagai satu dari tiga brand yang dibawa PT Toyota Astra Motor, bersama Toyota dan Lexus.

Di area GAZOO Racing, pengunjung dapat langsung merasakan DNA Motorsport Toyota yang kental dalam line up produk yang ditampilkan, mulai dari model GR Sport hingga GR Sporty. Dengan dibuat terpisah dari Toyota, GAZOO Racing diharapkan bisa memberikan sebuah pengalaman berbeda untuk konsumen tanah air. Melalui GAZOO Racing, Toyota berupaya menyebarkan motorsport excitement dan Joy of GR bagi seluruh GR Enthusiast di Indonesia.

GAZOO Racing Sebarkan Motorsport Excitement dan Joy of GR di GIIAS 2022 02

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

“Sejak kami perkenalkan GR Supra di tahun 2019 lalu, antusiasme masyarakat terhadap model-model GAZOO Racing yang kami terus hadirkan dan lengkapi semakin menguat, dan bahkan menjadi tipe favorit pada line-up kami,” ujar Marketing Director PT TAM, Anton Jimmi Suwandy. 

Anton juga menjelaskan bahwa hingga Juli 2022 kemarin, secara total sudah lebih dari 106.000 unit line-up GR menjadi pilihan masyarakat. Dari 8 pilihan line-up GR, rata-rata komposisi penjualan ritel tipe GR Sport mendominasi hingga 67%. 

Baca juga: Toyota Hilux GR Sport Muncul di GIIAS 2022, Bakal Dijual Sebentar Lagi?

Semangat GAZOO Racing di Ajang Motorsport

TOYOTA GAZOO Racing (TGR) secara resmi didirikan pada tahun 2015. Namun sebenarnya jejak langkah TGR sudah dimulai sejak 2007 ketika para karyawan Toyota sukarela bergabung dalam tim balap yang diberi nama GAZOO Racing untuk ikut balap ketahanan Nürburgring 24 Jam di Jerman

GAZOO Racing Sebarkan Motorsport Excitement dan Joy of GR di GIIAS 2022 01

Karyawan Toyota yang bergabung sebagai pembalap dan mekanik, termasuk Akio Toyoda sebagai master driver, berjibaku di kerasnya persaingan nonstop selama 24 jam mengandalkan 2 unit Toyota Altezza RS200. Berkat semangat dan tekad yang kuat, tim berhasil menyelesaikan balapan. Pencapaian ini menggambarkan bagaimana TGR didirikan dengan semangat menghadapi tantangan, yang bertujuan untuk memulai perubahan.

Sejak itu, TGR konsisten berpartisipasi diberbagai ajang motorsport dunia, dengan fokus utama di World Endurance Championship (WEC), World Rally Championship (WRC), dan Dakar Rally. Bermodalkan semangat Pushing The Limits for Better, TGR berhasil mencatatkan prestasi gemilang di ketiga ajang motorsport ini.

GAZOO Racing Sebarkan Motorsport Excitement dan Joy of GR di GIIAS 2022 02

Pada ajang Dakar Rally, TGR berhasil meraih kemenangan secara menyeluruh sehingga dinobatkan sebagai Pemenang Dakar Rally di tahun 2019 dan 2022. Di ajang WEC, TGR juga berhasil meraih gelar juara Pabrikan dan Pembalap dari tahun 2018 hingga 2021. Sementara di ajang WRC, secara total Toyota telah memenangkan gelar juara selama 9 tahun.

Baca juga: Toyota Gazoo Racing Rajai Le Mans 24 Jam di Kelas Hypercar Pakai Mobil Hybrid Baru

All New GR86 Jadi Semangat Baru GAZOO Racing di Indonesia

Salah satu produk terbaru GAZOO Racing di Indonesia adalah All New GR86 yang diperkenalkan di GIIAS 2022 ini. All New GR86 meneruskan peran Toyota 86 sebagai ikon sebuah sports car yang fun to drive. Pengembangan Toyota 86 terinspirasi dari AE86 yang begitu melegenda di era 1980an, dan kini telah menjadi salah satu classic sports car yang dikagumi para car enthusiast termasuk di Indonesia. 

GAZOO Racing Sebarkan Motorsport Excitement dan Joy of GR di GIIAS 2022 03

All New GR86 merupakan model sports car GR global ketiga bersama GR Supra dan GR Yaris. All New GR86 merupakan mobil yang langsung ditangani dan dikembangkan oleh TOYOTA GAZOO Racing (TGR). Diperkenalkan secara global pada Desember 2021 lalu, sport coupe ini memberikan titik masuk baru ke jajaran GR bagi para penggemar sports car GR di seluruh dunia.

All New GR86 menampilkan bahasa desain eksterior dan interior baru yang lebih agresif serta sporty. Di balik kap mesinnya hadir mesin baru yang lebih bertenaga, boxer 2.400 cc yang menyuguhkan Center of Gravity rendah. Dengan rasio kompresi 12,5:1, output yang dihasilkan menjadi lebih tinggi, dimana tenaga maksimum meningkat 14%, dari 207 PS pada 7.000 rpm menjadi 235 PS pada 7.000 rpm. Begitu juga dengan torsi yang meningkat sebesar 18%, dari 212 Nm pada 3.700 rpm, menjadi 250 Nm pada 3.700 rpm.

GAZOO Racing Sebarkan Motorsport Excitement dan Joy of GR di GIIAS 2022 04

“Hingga Juli 2022, lebih dari 800 unit Toyota 86 telah menjadi sports car pilihan pelanggan di Indonesia. Untuk itu, hari ini kami hadirkan All New GR86 sebagai generasi kedua di Indonesia dengan desain yang lebih agresif dan sporty, serta mesin baru yang lebih bertenaga. Bagi pelanggan yang ingin tampil beda, special untuk GR 86 kami telah menyiapkan Official GR Aeroparts dan TCO GR parts yang didesain untuk menguatkan karakter sporty GR 86,” tambah Anton.

Baca juga: Bukan Cuma Toyota GR86, Toyota Juga Perbaharui Tampilan Model-Model GR Sport-nya

5 Model GR Sport Baru Tampil di GIIAS 2022

Selain GR86, salah satu produk baru GAZOO Racing di Indonesia adalah Toyota Hilux GR Sport bermesin 1GD yang menawarkan tenaga 37% lebih tinggi serta suspensi Monotube Type Shock Absorber yang lebih rigid. Kombinasi performa mesin dan suspensi yang mumpuni membuat Hilux GR Sport mampu melibas medan berat sekalipun. Bahkan mobil ini juga telah dilengkapi teknologi Toyota Safety Sense (TSS) 2.0, untuk menghadirkan peace of mind bagi pengemudi saat berkendara.

GAZOO Racing Sebarkan Motorsport Excitement dan Joy of GR di GIIAS 2022 05

Hilux GR Sport menyuguhkan gaya tangguh sekaligus sporty pada eksteriornya yang dihadirkan dari penggunaan GR alloy wheel serta GR Sport bar di bagian belakang. Sementara di dalam kabin, kesan advance dan sporty yang kental dihadirkan fitur infotainment dengan layar 8” serta tempat duduk GR sport. Penggunaan paddle shift di balik kemudi menjadikan pengemudi dapat merasakan pengendaraan yang lebih menyenangkan kendati tengah menghadapi medan sulit sekalipun. Tentunya, perpaduan antara interior yang nyaman, eksterior sporty, serta performa hebat yang dimiliki Hilux GR Sport lahir dari pengalaman Toyota GAZOO Racing menghadapi medan sulit di Dakar Rally.

GAZOO Racing Sebarkan Motorsport Excitement dan Joy of GR di GIIAS 2022 06

Tidak hanya Hilux GR Sport, Toyota juga menghadirkan Agya GR Sport, Raize GR Sport, Yaris GR Sport dan Fortuner GR Sport dengan beberapa elemen baru yang menguatkan karakter sporty khas DNA GAZOO Racing. 

Improvement yang dilakukan pada keempat model GR ini menunjukkan komitmen dalam pengembangan line-up GR Toyota. Karena improvement yang dilakukan pada model GR bisa dilakukan secara ekslusif tanpa harus melibatkan varian non-GR untuk memberikan excitement kepada para pelanggan dan GR Enthusiast di Indonesia.

GAZOO Racing Sebarkan Motorsport Excitement dan Joy of GR di GIIAS 2022 07

Yang menarik, saat ini GAZOO Racing tidak hanya aktif berpartisipasi dalam kejuaraan motorsport dunia. Di Indonesia, Toyota secara konsisten selalu dapat mengamankan gelar juara nasional baik di Kejurnas Touring maupun Slalom hingga tahun lalu. Pada tahun 2022 ini, tim balap baru dibentuk dengan nama yaitu TOYOTA GAZOO Racing Indonesia (TGRI), dan melebarkan sayap dengan berpartisipasi di Kejurnas Rally Indonesia menggunakan GR Yaris AP4 yang pengembangannya lahir dari ajang WRC.

Daftar Prestasi TGRI Selama 2022
Achievement Events

1st Podium ITCR Max

3rd Podium ITCR 1.200

ISSOM 2022 Rd.1

1st Podium ITCR Max

3rd Podium ITCR 1.200

ISSOM 2022 Rd.2

1st Podium ITCR Max

1st Podium ITCR 1.200

ISSOM 2022 Rd.3

1st-3rd Podium Kejurnas F (Modifikasi)

1st-3rd Podium Kejurnas A

1st Podium Kejurnas Wanita

MLDSPOT Autokhana 2022 Rd.1

1st-3rd Podium Kejurnas F (Modifikasi)

1st Podium Kejurnas Wanita

3rd Podium Kejurnas A

MLDSPOT Autokhana 2022 Rd.2
1st Overall & M1 Class Kejurnas Rally 2022 @Malang, Jatim
1st Overall & M1 Class Kejurnas Rally 2022 @Danau Toba, Sumut

“Harapannya, partisipasi kami di berbagai ajang motorsport ini dapat mendukung realisasi dari komitmen kami untuk menyebarkan excitement dan Joy of GR ke seluruh masyarakat Indonesia,” pungkas Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Fumitaka Kawashima.

Baca juga: Masih Pakai Mesin Standar, Penampilan Perdana Toyota GR Yaris AP4 Langsung Juara Reli

Budi

Head of Content

Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak lebih dari 15 tahun, Ia telah mencicipi berada di beberapa sisi industri, PR, agency dan media, baik cetak maupun online. Kegemarannya berkendara membawa Ia mencoba berbagai jenis mobil, mulai single seater di lintasan sirkuit hingga off-road di lintasan salju bersuhu -15 derajat Celsius. Facebook: budityas Instagram: budityasbebe

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

2021 Toyota GR Yaris 1.6 MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil