window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Geely Bikin Truk Kontainer Masa Depan, Anti Ngebul dan Gak Lagi Butuh Sopir

Prasetyo · 8 Nov, 2022 18:01

Geely Bikin Truk Kontainer Masa Depan, Anti Ngebul dan Gak Lagi Butuh Sopir 01

  • Truk kontainer buatan Geely ini kerjasama dengan Farizon.
  • Namanya Farizon HomTruck Cabless.
  • Mulai uji coba di pelabuhan dan pertambangan tahun 2023.

Truk kontainer yang kita kenal selama ini biasanya identik dengan suara mesin kasar dan asap hitam mengepul dari knalpotnya. Namun dimasa depan, sepertinya truk yang kerap disebut "transformer" itu akan berubah senyap dan tak butuh lagi solar.

Geely Bikin Truk Kontainer Masa Depan, Anti Ngebul dan Gak Lagi Butuh Sopir 02

Truk kontainer seperti ini bakal berganti jadi kendaraan listrik

Ini lantaran mulai ada produsen otomotif yang mengembangkan kendaraan listrik (EV) bukan hanya untuk mobil penumpang, namun juga kendaraan niaga. Satu diantaranya Farizon Auto yang dikabarkan siap meluncurkan HomTruck Cabless. Sebuah EV namun berbentuk kendaran niaga yang bisa angkut beban besar hingga seukuran peti kemas.

Kalau Anda belum familiar dengan Farizon Auto, dikutip dari Carnewschina, Selasa (08/11/2022), ini adalah perusahaan yang masih dibawah payung Geely Holding Zhejiang Group. Geely sendiri tentunya sudah terkenal memiliki sejumlah produk otomotif khususnya mobil.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Gak Butuh Bensin dan Lebih Keren dari Toyota Alphard, Geely Zeekr 009 Meluncur Awal November Mendatang

Geely Bikin Truk Kontainer Masa Depan, Anti Ngebul dan Gak Lagi Butuh Sopir 01

Geely terus kembangkan EV untuk semua lini kendaraan

Bekerja sama sejak Oktober 2016, Geely dan Farizon Auto mulai menawarkan kendaraan komersial ringan serta bus ukuran kecil dan menengah berpenggerak listrik. Geely memang menunjuk Farizon Auto guna mengembangkan dan memasarkan EV namun dalam segmen kendaraan komersial.

Truk Listrik yang Tanpa Sopir

Bali lagi tentang Farizon Cabless HomTruck, awal mulanya truk kontainer ini diperkenalkan pada tahun 2021. Saat itu namanya baru HomTruck, barulah setahun kemudian Farizon memperkenalkan lagi HomTruck Cabless.

Geely Bikin Truk Kontainer Masa Depan, Anti Ngebul dan Gak Lagi Butuh Sopir 02

Farizon HomTruck pertama masih pakai kabin untuk sopir dan kernet

Sama seperti HomTruck yang bertenaga baterai serta motor elektrik, untuk HomTruck Cabless tidak memiliki ruang kabin. Ini karena model itu masuk kategori kendaraan otonom. Sehingga untuk pergerakannya menggunakan radar dan sensor serta dipadukan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI).

Baca juga: Geely Boyue X, Kembaran Proton X70 yang Lebih Sporty dari Mazda CX-5

Untuk Angkut Barang Berat di Area Terbatas

Pada tahap awal, Farizon akan melakukan uji jalan HomTruck Cabless mulai 2023. Sasarannya adalah beberapa pelabuhan di Cina. Setelah itu bakal dilakukan uji coba pula untuk area eprtambangan, dan perusahaan logistik, bahkan jika memungkinkan ke area bandara.

Geely Bikin Truk Kontainer Masa Depan, Anti Ngebul dan Gak Lagi Butuh Sopir 03

Sasar perusahaan yang butuh kendaraan angkut barang besar

Farizon mengklaim kalau Homtruck Cabless akan menjadi kendaraan alternatif ramah lingkungan dengan teknologi mengemudi otonom L4 di lingkup operasi terbatas. Sebab kendaraan itu bisa membawa beban dengan ukuran sangat berat bahkan sampai memindahkan peti kemas.

Belum ada informasi kapan Farizon HomTruck Cabless ini akan dipasarkan resmi untuk khalayak luas termasuk harganya. Namun Farizon sudah membidik pasar global untuk ekspansi perusahaan. Termasuk mendirikan fasilitas R&D, dan juga pabrik Knock Down di beberapa negara, dan mulai penjual produknya ke Eropa tahun depan.

Wah, kalau dipasarkan secara luas bisa gantiin truk kontainer dong...

Baca juga: Honda HR-V Remuk Saat Diuji Adu Banteng dengan Mobil Cina Geely, Kalah Fitur Keselamatan

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

2021 Toyota Raize 1.0T G MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia