Giliran KIA Carnival 2021 dan KIA Sorento 2021 yang Segera Meluncur di Indonesia

Dhoni · 8 Feb, 2021 17:15

KIA Motor yang baru mengganti logonya pada awal tahun ini memang berencana menghadirkan jajaran line up terbarunya di Indonesia. Salah satu kemungkinan terbesarnya adalah dengan terdaftarnya dua varian pada Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) Samsat DKI Jakarta.

Giliran KIA Carnival 2021 dan KIA Sorento 2021 yang Segera Meluncur di Indonesia 01

KIA Carnival 2021 dan KIA Sorento 2021

Dua varian yang telah terdaftar adalah KIA Carnival 2021 dengan angka Rp449 juta dan KIA Sorento 2021 di angka Rp374 juta. Namun harga tersebut tentunya bukan harga saat dijual ke konsumen, karena masih harus ditambahkan biaya dari beberapa hal sehingga nilainya pasti meningkat saat diumumkan.

Giliran KIA Carnival 2021 dan KIA Sorento 2021 yang Segera Meluncur di Indonesia 02

KIA Carnival 2021

Dari kedua varian yang akan dihadirkan KIA, sebenarnya tidak asing lagi bagi konsumen otomotif di Indonesia. KIA Carnival bisa dikatakan menjadi salah satu pilihan MPV keluarga pertama yang hadir di Indonesia pada tahun 2000an. Karena di pasar global mobil ini diberi nama KIA Sedona, pada tahun 2016, nama Carnival pun digantikan seiring peluncuran KIA Grand Sedona di Indonesia.

Giliran KIA Carnival 2021 dan KIA Sorento 2021 yang Segera Meluncur di Indonesia 03

Sementara KIA Sorento – SUV compact yang sempat absen 1 generasi, kini dipastikan kembali hadir untuk merebut pasar di segmennya. KIA Sorento merupakan saingan dari Honda CR-V.

Giliran KIA Carnival 2021 dan KIA Sorento 2021 yang Segera Meluncur di Indonesia 01

Dengan dipastikan KIA Carnival kembali mengaspal di Indonesia, mobil ini tentunya akan mengalami penyegaran pada disainnya. Begitu pula halnya dengan KIA Sorento. Meski begitu, kepastian apa saja perubahan yang didapatkan oleh keduanya dibandingkan versi sebelumnya, memang masih belum dapat diketahui.

Giliran KIA Carnival 2021 dan KIA Sorento 2021 yang Segera Meluncur di Indonesia 02

Mesin andalan KIA

Salah satu hal pasti yang dapat diketahui dari informasi kehadiran KIA Carnival dan KIA Sorento adalah soal penggunaan mesin yang serupa dengan Hyundai Palisade. Hal ini sesuai dengan kode 2.2 L yang tertera dalam daftar NJKB Samsat DKI Jakarta. Jadi kemungkinan besar, mesin CRDi Turbodiesel dengan kapasitas 2,2 liter, 4 silinder yang juga digunakan pada model KIA Sorento generasi sebelumnya akan dipakai pada kedua model ini.

Hal yang jelas sangat berbeda dengan model KIA Carnival yang dihadirkan untuk konsumen Amerika Serikat, yang menggunakan mesin V6 3.5L dengan transmisi 8 percepatan.

Giliran KIA Carnival 2021 dan KIA Sorento 2021 yang Segera Meluncur di Indonesia 03

Mesin serupa dengan milik Hyundai Palisade

Tenaga yang dapat dihasilkan dari mesin turbodiesel KIA Carnival maupun KIA Sorento ini mencapai 200 PS dengan torsi maksimal 440 Nm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda melalui transmisi otomatis 6-speed

Semakin bertambahnya model-model yang dijual oleh produsen asal Korea Selatan ini, semakin menegaskan sikap optimis para pabrikan besar global terhadap pangsa pasar otomotif Indonesia.

Dhoni

Reporter

Telah menjadi jurnalis sejak 2008 dengan mengkhususkan diri ke dunia sepeda, namun mulai 2015 mulai menjalani karir sebagai wartawan di dunia otomotif. Namun lebih memilih motorsports sebagai prioritas. Dia tertarik pada teknologi mobil - mobil 4WD. Instagram: dhoni_bima

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Kia Grand Sedona AT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru