window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

GWM Tank 400 Lahir Untuk Tantang Jeep Wrangler, Bermesin V6 Hanya Seharga Pajero Sport

Evan · 1 Sep, 2021 08:32

GWM Tank 400 Lahir Untuk Tantang Jeep Wrangler, Bermesin V6 Hanya Seharga Pajero Sport 01

Salah satu pabrikan yang mencuri perhatian pengunjung di ajang Chengdu Motor Show 2021 adalah Great Wall Motors (GWM) Tank 400. Kehadiran sesosok SUV Full Size dengan warna biru mencolok membuat ketertarikan tersendiri.

GWM Tank 400 hadir sebagai mobil konsep dari divisi mewah GWM yaitu Tank. Sebelum Tank 400 diluncurkan, sebelumnya GWM telah meluncurkan Tank 500, Tank 600, Tank 800, dan Cybertank 300. Desain tiap Tank berbeda satu dengan yang lainnya, menyesuaikan pasar.

Baca Juga:GWM Tank 600, Versi Murah Toyota Land Cruiser yang Harganya Setara Fortuner

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Desain Lebih Mengotak Ketimbang Saudaranya

GWM Tank 400 Lahir Untuk Tantang Jeep Wrangler, Bermesin V6 Hanya Seharga Pajero Sport 01

GWM Tank 600

Jika Tank 500 dan Tank 600 didesain oleh GWM dengan mengedepankan SUV modern yang stylish dan aerdonamis, maka Tank 400 adalah sebaliknya. Desainnya lebih mengotak dengan tarikan garis tegas disekujur bodi.

Ukuran mobil ini juga sangat besar, mungkin hampir sama dengan Toyota Land Cruiser walaupun belum ada informasi mengenai spesifikasi dimensinya.

GWM Tank 400 Lahir Untuk Tantang Jeep Wrangler, Bermesin V6 Hanya Seharga Pajero Sport 02

Desain mengotak mirip kendaraan militer

Lampu depan menyatu dengan gril, sama seperti foglamp nya bersembunyi dan hampir tidak terlihat. Gril yang besar terlihat mengintimidasi, ditambah dengan bumper sewarna bodi membuat mobil ini terlihat tangguh dan siap melibas lumpur. Baik lampu depan dan foglamp sudah memakai LED sebagai standar

GWM Tank 400 Lahir Untuk Tantang Jeep Wrangler, Bermesin V6 Hanya Seharga Pajero Sport 03

Dengan sudut-sudut tajam

Ke samping, tarikan garis dari overfender depan diteruskan hingga ke roda belakang membuat kesan gagah. Sayangnya kaca samping dari mobil ini terlihat kecil dibandingkan ukuran bodinya.

Sepertinya karena tarikan desain yang terlalu ekstrem di fascia depan. Peleknya berukuran 20 inci dengan desain palang enam dengan warna hitam. 

GWM Tank 400 Lahir Untuk Tantang Jeep Wrangler, Bermesin V6 Hanya Seharga Pajero Sport 04

Ban model konde tetap hadir

Di belakang mungkin merupakan bagian paling macho dan tangguh dari mobil ini. Lihat saja bumper nya menonjol keluar dengan tambahan pintu bukaan samping. Semakin identiik dengan SUV offroader seperti Toyota Prado dan Jeep Wrangler.

Bentuk lampu cukup sederhana, sudah LED seperti di depan serta kaca belakang hadir dengan ukuran yang kecil ditambah wiper. 

GWM Tank 400 Lahir Untuk Tantang Jeep Wrangler, Bermesin V6 Hanya Seharga Pajero Sport 05

Embos TANK di tempat ban cadangan

Ban cadangan dengan model konde yang jarang dipakai di SUV modern sekarang juga tetap hadir. Kerennya cover ban serep mobil ini ada tulisan TANK yang dicetak besar.

Baca Juga:Siap-Siap, Setelah Thailand, Great Wall Motors dan Proton akan Sambangi Indonesia

Interior Lebih Mewah dari Jeep Wrangler

GWM Tank 400 Lahir Untuk Tantang Jeep Wrangler, Bermesin V6 Hanya Seharga Pajero Sport 06

Interior mewah

Kalau mobil SUV kemampuan offroad biasanya diberikan interior yang utilitarian, lain halnya dengan Tank 400. Great Wall Motors menawarkan desain interior yang modern dengan tambahan kemewahan.

Lihat saja layar infotainment yang besar ditengah dashboard berukuran lebih dari 10 inci, dan tentunya sudah touch screen. 

GWM Tank 400 Lahir Untuk Tantang Jeep Wrangler, Bermesin V6 Hanya Seharga Pajero Sport 07

Tuas transmisi dengan nuansa futuristis

Di mobil konsep ini juga ditemukan dua warna pada dashboard dan jok yaitu biru dan putih. Kombinasi kedua warna ini membuat kesan mewah interior semakin terasa.

Hadir pula kisi-kisi ac yang tipis di tengah dan model turbin pada bagian ujung , mirip seperti kepunyaan Mercedes. 

GWM Tank 400 Lahir Untuk Tantang Jeep Wrangler, Bermesin V6 Hanya Seharga Pajero Sport 08

Analog tapi mewah

Speedometer sayangnya masih analog namun dengan sentuhan aluminium, memberikan kesan klasik namun modern pada mobil ini. 

Baris kedua mobil ini terbilang lapang dan sudah ada pengaturan arah hembusan ac. Juga tersedia pegangan bagi siapapun yang naik ke mobil tinggi ini.

GWM Tank 400 Lahir Untuk Tantang Jeep Wrangler, Bermesin V6 Hanya Seharga Pajero Sport 09

Baris kedua lapang

Secara keseluruhan desain interior bertolak belakang dengan desain eksteriornya. GWM sebagai pabrikan tidak takut untuk memberikan interior yang mewah dan modern pada kendaraan yang identik dengan main kotor alias offroad.

Pakai Mesin V6 Turbo

GWM Tank 400 Lahir Untuk Tantang Jeep Wrangler, Bermesin V6 Hanya Seharga Pajero Sport 10

Mesin V6 Turbo

GWM sepertinya akan menjejalkan mesin bensin baru ke Tank 400, yaitu V6 turbo berkode 6Z30. Mesin ini bertenaga 335 hp dan torsi maksimum 500 Nm.

Tenaga dari mesin disalurkan ke semua roda dengan sistem 4x4 melalui transmisi otomatis 9 percepatan.  Mesin ini juga dipakai pada GWM Cannon ute yang dijual di pasar Australia.

Kesimpulan

GWM Tank 400 sangat cocok bagi yang ingin mobil SUV offroad namun dengan budget terbatas. Dengan desain yang mengotak dan gagah tentu akan menjadi daya tarik di jalan raya.

Menarik melihat apakah Great Wall Motors akan datang ke Indonesia, mengingat pasar SUV yang sedang naik dan kabarnya harga Tank 400 setara dengan harga Mitsubishi Pajero Sport. Siapa yang tidak mau coba?

Baca Juga  :Great Wall Motors Resmikan Pabrik di Thailand Pekan Depan, Pertanda Haval 6 Sebentar Lagi Masuk Indonesia

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Jeep Wrangler Unlimited Sport 4x4

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil