window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Hal Yang Harus Diketahui Sebelum Membeli Honda Jazz Baru atau Bekas

Enda · 13 Jun, 2020 14:00

Hal Yang Harus Diketahui Sebelum Membeli Honda Jazz Baru atau Bekas 01

Di mata pecinta mobil kecil, nama Honda Jazz jelas terdengar sudah tidak asing lagi. Tercatat hingga kini PT Honda Prospect Motor melakukan penyegaran terhadap Jazz sebanyak tiga kali. 

Terakhir kali pembaruan dilakukan pada pertengahan 2014 lalu dan masih dijual hingga sekarang.

Sebagai City Car yang mampu memberiakan rasa nyaman, New Honda Jazz selaku Hatchback kompak ini berhasil menyabet beberapa penghargaan antara lain, Best of the Best Model dalam Indonesia International Motor Show 2008, Indonesia Car of the Year 2008 dari majalan Mobil Motor, The Most Competitive Favorite dari Autocar Reader’s Choice, serta Car of the Year 2008 dari tabloid Otomotif.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Generasi ketiga New Honda Jazz dengan kode GK yang masih dijual hingga saat ini, ditanami mesin i-VTEC (gabungan teknologi i-DSI dan VTEC) dengan berkodekan L15A. Dan jika dilihat, Honda Jazz New memiliki gaya bahasa tubuh yang terlihat lebih ramping dan menyudut dari generasi sebelumnya, meskipun dalam segi dimensi keduanya mirip.

Harga mobl Honda Jazz berkisar dari Rp 253 juta hingga Rp 295 jutaan. Ini merupakan harga mobil Honda Jazz di tahun 2020, tidak beda jauh dengan harga mobil All New Honda Jazz 2019. Honda Jazz 2020 memiliki total 4 varian dengan Honda Jazz RS CVT menjadi varian tertinggi New Honda Jazz 2020.

Perbedaan bentuk Honda Jazz anyar dengan generasi sebelumnya terlihat sangat jelas. Pada pembahasan kali ini terdapat dua parameter, hal yang harus diketahui sebelum membeli Honda Jazz baru maupun bekas. 

Fitu Honda Jazz baru kini lebih lengkap dan lebih baik

Hal Yang Harus Diketahui Sebelum Membeli Honda Jazz Baru atau Bekas 01

Sebagai kompetitor Toyota Yaris yang masih Head To Head, New Honda Jazz 2020 kini sudah dilengkapi fitur Start Stop Engine. Akan tetapi fitur ini hanya bisa dijumpai di tipe teratasnya.

Dengan begitu menyalakan serta mematikan mesin menjadi lebih gampang, hanya dengan sekali menekan tombol. Agar tombol mudah dijangkau, Honda meletakan fitur ini tepat berada di samping sistem pengaturan AC.  

Selain itu, fitur Smart Entry kini sudah bisa ditemui pada generasi baru Jazz 2020. Seolah tahu akan minimnya fitur Honda pada generasi Jazz RS lama, sekarang Honda menanamkan Smart Entry pada varian teratas Honda Jazz New. Ditambah kini New Honda Jazz 2020 menggunakan Door Handle model genggam, maka pengoperasian Smart Entry lebih mudah hanya dengan menggunakan ibu jari. Cakep!

Sadar akan harga jual baru yang tak lagi murah, seperti beberapa produk mewah Honda, All New Jazz baru telah disematkan Cruise Control. Dengan begitu secara otomatis sistem mengontrol kecepatan kendaraan. Sistem ini adalah servomekanisme yang mengambil alih throttle mobil untuk mempertahankan kecepatan tetap yang ditetapkan oleh pengemudi. Saat fitur ini aktif, Anda tidak perlu menahan pedal gas untuk mendapati mobil agar tetap berjalan. 

Hal Yang Harus Diketahui Sebelum Membeli Honda Jazz Baru atau Bekas 02

Demi meningkatkan visibilitas, Varian teratas New Honda Jazz 2020 sekarang sudah tidak menggunakan lampu bohlam halogen. Honda telah melengkapi pencahayaan utama menggunakan LED Projector Headlamp dengan mode Auto-leveling, yang secara otomatis menyesuaikan kontur jalan. Dalam hal ini pandangan pengemudi saat berkendara pada malam hari menjadi semakin jelas.

Bicara transmisi, Honda Jazz New terkesan lemot saat menekan pedal gas secara responsif. Namun di generasi baru Honda Jazz 2020 kekecewaan itu sedikit terobati. Karena Honda telah memberikan mode S serta adanya Paddle Shift untuk mendapatkan respon mobil yang lebih cepat.

Kurangnya perawatan, Honda Jazz lama susah langsam

Hal Yang Harus Diketahui Sebelum Membeli Honda Jazz Baru atau Bekas 03

Biaya tak terduga kapan saja bisa menimpa kalian jika membeli New Honda Jazz 2020 dalam kondisi bekas. Terlebih jika pembeli sebelumnya tidak paham betul menyoal kendaraan.

Penyakit utama yang kerap kali terjadi pada Honda Jezz generasi sebelumnya ialah mesin yang susah lansam. Untuk masalah ini biasanya terdapat kotoran atau debu yang mengendap pada Throttle Body. Gejala yang sama biasanya dijumpai saat suhunya mesin meningkat.

Gejala ini akan sangat terasa saat putaran mesin diangka 1.500-3.000 Rpm. Pada saat itu juga kondisi jarum Rpm tidak stabil naik dan turun.

Honda tampaknya mengetahui akan kekurangan yang ada pada All New Jazz generasi lama. Honda pun berusaha memperbaikinya di generasi sekarang dengan menambah fitur pendukung guna memberikan kemudahan dalam berkendara.

Sebagai informasi tambahan untuk kalian yang ingin membeli Honda Jazz dalam kondisi baru, di situs resminya dibanderol mulai dari Rp250 jutaan. Akan tetapi ada opsi lain jika Anda mempunyai budget terbatas. Di berbagai Marketplace, Honda Jazz GE lansiran 2008-2013 ditawarkan Rp100-Rp150 jutaan, dengan berbagai macam kondisi.

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Honda Jazz MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil