Hanya dibutuhkan Rp.147 Juta, Mau Beli Toyota Calya 2021? Sadari Dahulu 2 Hal ini

Alex · 12 Des 2020 19:00

Toyota Calya merupakan sebuah produk yang cukup membuat heboh publik. Saat kemunculannya pada beberapa tahun lalu, mobil ini langsung menendang Datsun GO+ Panca dari singgasana Low Cost Green Car (LCGC) tiga baris terlaris.

Toyota dan Daihatsu Indonesia yang berkolaborasi melahirkan Calya dan Sigra dinilai berhasil dalam menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia akan MPV murah. Tetap tiga baris dan mampu angkut 7 penumpang tapi tetap ekonomis dalam skema LCGC lengkap dengan reputasi terbaik dari Toyota.

Alhasil Toyota Calya tetap merajai kelas LCGC tiga baris bangku. Bagi Anda yang masih bimbang atau pikir-pikir dalam memilih mobil di kelas tersebut, langsung saja simak panduan membeli Toyota Calya 2021 berikut ini.

Kebanyakan Tipe Manual, Gearbox Toyota Calya 2021 masih tertinggal

Jika Anda perhatikan, dalam pricelist yang dirilis PT Toyota Astra Motor di situs resminya, Calya mayoritas tersedia dalam transmisi manual. Dari total delapan tipe, hanya ada dua pilihan bertransmisi matic-nya.

Sebenarnya hal ini sedikit jadi kelemahannya karena pilihannya tak banyak di jika bicara transmisi dua pedal alias matic. Untuk Calya transmisi matic, harga terendah yang bisa dimiliki adalah Rp 165.850.000 on the road Jakarta.

Toyota Calya 2021 bertransmisi matic sendiri memang menjadi pilihan tepat bagi Anda yang membutuhkan kepraktisan. Namun jika bicara tenaga mesin, transmisi satu ini terkenal tidak seresponsif yang tipe manualnya. Namun perbedaannya tidak jauh jika hanya untuk penggunaan harian dengan gaya mengemudi normal.

Pada transmisi matic Calya, masih mengandalkan tipe konvensional dengan percepatan. Sedangkan pada Toyota Calya 2021 bertransmisi manual berkonfigurasi 5 percepatan.

Toyota Calya 2021 hanya memberikan perlindungan keselamatan paling dasar

Karena namanya mobil ekonomis, tentu ada beberapa perangkat yang direduksi sebagai kompensasi untuk mengejar harga yang kompetitif. Lantas apakah Toyota melakukan sunat perangkat keselamatan pada Calya demi menghadirkan banderol murah?

Sebenarnya jawabannya adalah; tidak. Sebab Toyota telah merancang Calya dengan fitur keselamatan dan keamanan susuai peruntukannya. Harusnya, dalam penggunaan normal, fitur keselamatan yang jadi standar di Toyota Calya 2021 sudah cukup untuk memberi perlindungan penumpangnya.

Lantas apa saja fitur keselamatan Calya? Jangan salah, walau berstatus sebagai LCGC bukan berarti Toyota tak memberikan kantung udara. Sebab penunjang keselamatan tersebut sudah jadi kelengkapan standar di semua tipe.

Bahkan Toyota juga memberikan kemudahan saat parkir mundur dengan fitur Rear Parking Sensor. Fitur ini akan memudahkan memudahkan parkir dengan sensor di bagian belakang kendaraan.

Rem dengan fitur ABS dan EBD juga jadi kelengkapan standar di mobil ini. Dengan adanya teknologi rem ABS tentu akan mencegah roda terkunci saat terjadi pengereman. Sedangkan EBD merupakan pengembangan lebih lanjut dari ABS. Sistem ini berfungsi membagikan tekanan pengereman ke masing-masing roda dengan daya yang bervariasi, tergantung kondisi beban di setiap roda.

Selain itu yang terpenting, tujuh penumpang Toyota Calya 2021 mendapat sabuk pengaman tiga titik semua. Ya, 7 sabuk pengaman di kabin Calya semuanya merupakan 3 titik.

Kesimpulan

Itulah panduan membeli Toyota Calya 2021 yang bisa Anda jadikan patokan. Jangan sampai Anda salah pilih atau jangan juga berharap lebih saat sudah membeli LCGC 7 seater.

Ingat, walau tergolong mampu membawa penumpang yang cukup banyak namun jangan pernah memaksa masuk lebih dari 7 orang. Hal itu dapat meningkatkan risiko kecelakaan.

Komentar

Mobil Terbaru