Hanya Pemain Kecil di Indonesia, Kia Begitu Dipuja dan Populer di Negeri Beruang Merah

Wilko · 16 Jun, 2021 18:06

Kia Sorento 2022

Kia merupakan salah satu produsen otomotif asal korea Selatan yang telah mengekspansi hampir seluruh pasar di dunia dengan produknya.

Berbeda dengan di Indonesia, mobil-mobil Kia terkadang masih diangap sebagai pilihan kedua. Namun di negara-negara Eropa mobil Kia termasuk yang populer. Misalnya di Jerman dan Rusia, penerimaan publik pada Kia sangat baik.

Jadi Merk Favorit dan Mobil Terbaik di Rusia

Baca juga : Sosok Kia Sportage 2022 Akhirnya Terungkap, Lebih Futuristik

Bagi warga Jerman, Kia bukan baru populer belakangan ini. SUV Sportage pernah meraih penghargaan sebagai SUV Kompak 2014 yang paling digemari orang Jerman.

Model lainnya seperti Cee'd dan Rio di tahun yang sama juga telah membawa Kia masuk dalam top 10 daftar produsen mobil populer.

Hanya Pemain Kecil di Indonesia, Kia Begitu Dipuja dan Populer di Negeri Beruang Merah 02

Kia Carnival jadi mobil terbaik di Rusia

Di Rusia lebih lagi. Kia adalah pemenang penghargaan Russian Car of the Year (COTY) 2021 dan memboyong 5 gelar Favorite Brand di segmen lainnya. Hal ini menggambarkan penerimaannya yang sangat baik di Negeri Beruang Merah itu. Apalagi menjadi pemenang COTY Rusia yang adalah penghargaan otomotif tahunan paling bergengsi di negara tersebut. 

Jagoan mereka di Rusia adalah Kia Carnival generasi keempat. Model MPV ini menjadi model terbaru Kia di Rusia yang mengakomodir keinginan orang Rusia yang menyukai mobil dengan teknologi modern dan kabin yang lapang.

Model baru lainnya yang menjadi bersinar di ajang COTY adalah Kia Sorento. Seperti Carnival, Sorento yang baru hadir di Rusia dengan desain sporty dan tekologi serba baru langsung disambut hangat oleh pasar sehingga ia didaulat menjadi mobil favorit di antara pembeli SUV. Sorento bahkan mencatat angka penjualan terbaiknya di Rusia pada April 2021.

Kia Sorento 2022

Kia Sorento terbaru juga banyak peminatnya di Rusia

Kia Raih Banyak Penghargaan Bergengsi di Rusia

Prestasi Kia Sorento terbilang mentereng. Sebelum jadi mobil favorit, ia sudah mengoleksi berbagai penghargaan. Ada apresiasi dari Red Dot, penghargaan iF Design, “Golden Steering Wheel”, dan penghargaan Best Women's Car of the Year awal tahun 2021. Deretan penghargaan ini membuat orang tak heran ia memenangkan penghargaan Mid-Size SUV di Russian Car of the Year.

Dominasi Kia di Rusia masih panjang. Seperti Kia Optima yang menang di kategori bisnis tahun lalu. Saling tukar dengan saudaranya Kia K5 ditahun 2020. Kia Seltos pemenang kategori Compact SUV yang merupakan model terlaris Kia kedua di Rusia tahun 2020 dan Kia Picanto yang menjadi The Best Urban Car, enam tahun beruntun

Penghargaan-penghargaan di dua negara tersebut cukup menjelaskan betapa populernya mobil Kia dan semua modelnya di pasar Eropa terutama Rusia. Lima modelnya membawa pulang lima penghargaan.

Kia di Rusia

Deretan mobil Kia yang populer di Rusia

Soal lainnya adalah ketahanan luar biasa dari mobil Kia, dengan kondisi iklim ekstrim dan medan sulit seperti Rusia ia mampu menjadi pilihan konsumen. Ini menggambarkan kualitas produknya yang tak biasa.

Baca juga : Alternatif Paling Komplit Dibandingkan Mobil Jepang dan China, Ini Kelebihan Kia Seltos

Penjualannya juga Mentereng

Kepercayaan orang Rusia pada produk Kia sangat tinggi. Selain berbagai penghargaan, Kia telah menjadi merek asing terlaris di Rusia selama 7 tahun berturut-turut.

Brand Korea ini membukukan penjualan lebih dari 200.000 unit setiap tahun dalam tiga tahun terakhir. Perusahaan bahkan mencapai puncak penjualannya baru-baru ini, dengan menjual mobil ke-2 jutanya sejak merek ini pertama kali memulai bisnisnya pada tahun 2009.

Kia di Indonesia

Peluncuran Kia Seltos di Indonesia

Kia di Indonesia Nyaris Hengkang

Lalu bagaimana perbandingannya dengan Kia di Indonesia? Kia tetap bertahan di Indonesia meskipun penjualannya tidak sebesar di Rusia. Pasar Indonesia yang besar masih menjanjikan sehingga mereka perlu mengatur strategi baru yang tepat untuk memenangkan hati publik otomotif 

Kia di Indonesia seperti pemain pelengkap di pasar otomotif. Meskipun demikan mereka punya segmentasinya sendiri. Pada tahun 2016 rumor kencang mengenai ancang-ancangnya untuk meninggalkan Tanah Air sempat tersebar. Ada penutupan dealer-dealer yang cukup membuat mereka galau untuk tinggal atau pergi.

Saat itu, berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Kia hanya mampu menjual 602 unit dari penjualan nasional tengah semester yang mencapai 440.046 unit. Hal ini menggambarkan minat masyarakat terhadap Kia saat itu sangat kecil, dibandingkan nama besar mereka di Eropa.

Kia Sonet 7 seater

Kia Sonet 7 seater yang khusus buat Indonesia

Kia Indonesia Pasang Strategi Baru untuk Bangkit

Meskipun demikian Kia tetap bertahan dengan partner barunya PT Kreta Indo Artha pada November 2019 dan kembali menata ulang strategi untuk membesarkan Kia yang sudah lama terbenam di pasar otomotif Tanah Air.

Catatan GAIKINDO pertengahan tahun 2020 penjualan mereka perlahan naik. Saat itu mereka menjual 315 unit. Ini cukup kecil, namun saat itu pasar benar-benar sulit untuk semua brand karena Covid-19 yang menerpa hingga hari ini. Namun besar harapan Kia di Indonesia sama suksesnya dengan di Rusia.

Baca juga : Adu Ganteng Crossover Under Rp300 Juta, Mending Pilih Toyota Raize Atau Kia Sonet?

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

2020 Kia Seltos E

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru