Hanya Rp100 Jutaan, Ini Dia Keunggulan Kepraktisan dan Daya Angkut Suzuki Carry

Bent Aulia · 27 Mei 2020 09:00

Suzuki Carry masih menjadi pilihan populer bagi pengguna kendaraan niaga di seluruh Indonesia. Mesin yang kuat serta bodi yang kokoh membuatnya mampu menempuh perjalanan dari kota ke kota mengantarkan barang-barang bawaan di bak belakang.

Suzuki Carry saat ini dipasarkan dengan harga mulai dari Rp109 jutaan. Menjadikannya salah satu kendaraan niaga termurah di Indonesia saat ini. Tapi dengan harga yang sangat terjangkau, kepraktisan dan daya angkut Suzuki Carry tak bisa dianggap remeh.

Mobil Suzuki Carry Pick up tersedia dalam 6 varian. Harga Suzuki Carry berkisar dari Rp 146 juta hingga Rp 160 jutaan. Ini merupakan harga Suzuki Carry 2020 yang tidak terlalu beda juh dengan harga Suzuki Carry 2019. Dimana Suzuki Carry 2019 hanya tersedia dalam 4 varian dan dibanderol dengan biaya berkisar dari Rp 136 juta hingga Rp 145 jutaan.

Kepraktisan

Kendaraan niaga tentu saja harus unggul dalam hal kepraktisan. Karena dipergunakan untuk mengangkut barang, kapasitas bak belakang serta kemudahan dalam penggunaannya menjadi poin penting untuk memberikan rasa aman bagi pengemudi.

Suzuki Carry mampu menawarkan dimensi bak belakang yang lebih luas dari rival-rivalnya, contohnya Daihatsu Gran Max Pick Up. Pikap andalan Daihatsu ini menawarkan volume bak dengan panjang 2.350 mm, lebar 1.585 mm, serta tinggi 360 mm. Bahkan Gran Max flat deck non 3-way hanya menawarkan tinggi bak 300 mm.

Sedangkan Suzuki New Carry memiliki panjang 2.505 mm, lebar 1.665 mm, dan tinggi 360 mm. sehingga membuatnya 145 mm lebih panjang dan 80 mm lebih lebar. Sementara itu, tinggi bak Suzuki Carry tipe Wide Deck tercatat 435 mm, jauh lebih tinggi dibandingkan Gran Max.

Agar memudahkan Anda memasukkan barang bawaan, kepraktisan Suzuki New Carry terlihat dari 3-way sistem yang digunakan, dimana bak belakang bisa dibuka dari ketiga sisi. Dan untuk keselamatan pengemudi dan penumpang di dalam kabin, Carry juga sudah dilengkapi dengan pelindung di belakang kabin.

Di dalam, Carry mampu menawarkan rasa berkendara yang nyaman bagi tiga orang penghuni kabin. Anda juga bisa memajumundurkan kursi untuk mendapatkan posisi berkendara ternyaman yang Anda inginkan. Bahkan Carry juga dilengkapi dengan AC dan fitur hiburan untuk menemani Anda sepanjang perjalanan.

Daya angkut

Salah satu faktor penting dalam membeli mobil niaga adalah daya angkut yang ditawarkan oleh pabrikan. Tentu saja, dengan daya angkut yang besar akan memudahkan pengguna dan pemilik mobil membawa lebih banyak barang dan meningkatkan efisiensi berkendara.

Suzuki sendiri mengumumkan bahwa Carry mampu mengangkut hingga 1 ton dengan nyaman. Berbekal bodi yang tangguh serta sasis yang kuat, Carry dipercaya menawarkan daya angkut terbesar yang mampu diberikan oleh kendaraan niaga di segmennya.

Untuk menjaga agar barang bawaan di belakang tetap aman, Suzuki memberikan pengait yang berada pada bagian dinding bak New Carry. Terdapat 12 pengait pada Carry tipe FD (Flat Deck), dan 22 pengait pada tipe WD (Wide Deck).

Mesin

Memiliki daya angkut yang besar tentu saja tidak berharga jika performa mesin yang ditawarkan tidak mampu membawa barang angkutan dengan nyaman. Apalagi sebagian besar kendaraan niaga melaju di luar kota dengan kontur jalan pegunungan yang menanjak dan menurun.

Suzuki Carry mendapatkan mesin K15B-C 1.5L yang juga digunakan oleh All New Suzuki Ertiga. Tetapi sayangnya tenaga yang dihasilkan oleh mesin dengan sistem bahan bakar Multipoint Injection ini dibuat lebih kecil dibandingkan MPV andalan Suzuki tersebut.

Carry menghasilkan tenaga sebesar 96 daya kuda pada putaran 5.600 rpm dan torsi 135 Nm pada 4.400 rpm. Disandingkan dengan transmisi manual 5-percepatan, tenaga dan torsi yang diberikan sudah cukup untuk membawa barang di belakang ketika berkendara di jalanan menanjak maupun menurun. 

Keunggulan lainnya dari mesin Suzuki Carry adalah efisiensi bahan bakar yang diberikan. Suzuki sendiri mengklaim bahwa Carry memiliki efisiensi bahan bakar yang irit, walau tetap menawarkan performa dan tenaga yang besar untuk mengangkut barang-barang pada bak belakang.

Selain daya angkut Suzuki Carry yang menawan, edisi terbaru pikap ini sudah mendapatkan fitur Power Steering. Fitur ini sangat berguna untuk membuat kemudi menjadi lebih enteng ketika dibawa berbelok. Radius putar minimum milik Carry juga disebut cukup baik dengan catatan 4,7 meter.

Saat ini, Suzuki Carry dipasarkan dengan berbagai pilihan varian, termasuk Suzuki Carry Luxury dengan tampilan yang lebih mewah bersama aksen chrome dan beberapa fitur lainnya. Suzuki Carry Luxury dibanderol mulai dari Rp157 jutaan.

Komentar

Mobil Terbaru