Harga Beda Rp30 Jutaan dan Basis Sama, Mending Beli Honda Mobilio atau Honda BR-V?

Yongki Sanjaya · 14 Jun, 2021 17:30

Harga Beda Rp30 Jutaan dan Basis Sama, Mending Beli Honda Mobilio atau Honda BR-V? 01

Baru-baru ini nama Honda BR-V kembali jadi buah bibir karena PT Honda Prospect Motor memperkenalkan sosok N7X. SUV itu digadang-gadang sebagai calon kuat penerus Honda BR-V. Hal ini dilakukan karena BR-V kalah pamor dengan para pendatang baru yang lebih memikat.

Sebelum ganti generasi, layakkah kita meminang Honda BR-V? Atau mungkin pilihannya mending beli Honda Mobilio yang harganya lebih murah? Keduanya jadi pilihan yang cukup dilematis karena memakai basis platform yang sama.

Baca juga:

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Harga Lebih Murah, Kenapa Honda BR-V 2021 Kalah Laku Dari Mitsubishi Xpander Cross?

Rela Menanti Honda N7X atau Lebih Baik Honda BR-V 2021?

Jarang Dilirik, Ini Keistimewaan Honda BR-V yang Wajib Kalian Ketahui

Honda BR-V ini sering dikesampingkan dari pilihan low SUV, padahal mobil ini punya mesin yang oke. Sebab BR-V memakai mesin yang sama seperti di Honda Jazz, artinya mesin itu bandel dan irit.

Harga Beda Rp30 Jutaan dan Basis Sama, Mending Beli Honda Mobilio atau Honda BR-V? 01

Untuk urusan visibilitas, Honda BR-V lebih nyaman daripada Mobilio karena posisi berkendara yang lebih tinggi. Selain itu, bentuk pilar A di Mobilio besar dan ukuran spionnya agak kecil. Bagaimana dengan kenyamanan Mobilio?

Soal kenyamanan berkendara di Mobilio ini lebih unggul ketika dipacu dalam kecepatan tinggi mobilnya tidak limbung. Sementara BR-V karena posturnya lebih jangkung dan ground clearance tinggi maka gejala limbung dapat dirasakan. 

Fitur Honda BR-V dan Mobilio, Mana Paling Unggul?

Harga Beda Rp30 Jutaan dan Basis Sama, Mending Beli Honda Mobilio atau Honda BR-V? 02

Honda Mobilio dan BR-V punya basis sama, mesin dan transmisinya juga sama. Bahkan desain interiornya sama, mulai dari bentuk dashboard hingga jok. Karena basis keduanya mirip, kita harus mencari satu persatu perbedaannya mana yang berikan value lebih baik.

Kita bahas fitur di eksterior terlebih dahulu. Ada satu hal yang cukup mencolok terlihat di BR-V tapi tidak ada di Mobilio yaitu roof rail, yang bisa dipasangi roof rack. Dengan begini, pemilik Honda BR-V dapat leluasa meletakkan berbagai barang bawaan di atap saat mudik atau bepergian jauh. 

Harga Beda Rp30 Jutaan dan Basis Sama, Mending Beli Honda Mobilio atau Honda BR-V? 03

Dari ukuran ban yang digunakan juga beda, karena Mobilio memakai  ukuran 185/65 ring 15. Bandingkan denganBan 195/60 R16 untuk Honda BR-V. Penggunaan ban besar juga membuat BR-V lebih nyaman saat diajak berkendara di jalan bergelombang, karena tidak khawatir mentok kolong saat di medan gravel. 

Honda BR-V memiliki panjang 4.456 mm, lebar, 1.735 mm dan tinggi 1.666 mm. Jarak sumbu roda Honda BR-V sebesar 2.662 mm serta berat kosong 1.208 mm. Sedangkan Honda Mobilio hanya memiliki dimensi panjang 4.386 mm, lebar 1.683 mm, dan tinggi 1.603 mm dengan jarak sumbu roda 2.650 mm. Dimensi Honda BR-V yang lebih  besar turut membuat kabinnya sedikit lebih lega. 

Harga BR-V Lebih Mahal, Fitur Wajib Lebih Lengkap

Harga Beda Rp30 Jutaan dan Basis Sama, Mending Beli Honda Mobilio atau Honda BR-V? 04

Di pasaran, Honda BR-V baru dijual dengan harga Rp247,3 juta sampai dengan Rp288,8 juta. Sementara itu Mobilio lebih murah, antara Rp203,3 juta sampai Rp 257,5 juta. 

Masuk ke interior, Honda BR-V Prestige atau varian tertinggi telah pakai jok kulit. Kemudian ada aksen merah yang hadir sebagai pemanis di sandaran kursi.

Interior Mobilio dan BR-V sama sama-sama memakai head unit 8 inci. Bedanya tentu Honda BR-V lebih lengkap karena mendukung koneksi smartphone via aplikasi WebLink. Alhasil pengemudi dapat web browser, YouTube, atau navigasi (Waze) melalui head unit tersebut.

Harga Beda Rp30 Jutaan dan Basis Sama, Mending Beli Honda Mobilio atau Honda BR-V? 05

Fitur lain yang cuma dipunya BR-V adalah start & stop engine button. Gunanya memudahkan pengendara dalam mengaktifkan dan mematikan mesin. Tak lupa, BR-V tipe Prestige telah memakai jok kulit sedangkan Mobilio RS masih memakai bahan fabric. Kelebihannya yaitu bahan kulit lebih gampang dibersihkan kalau terkena kotoran. 

Jadi, tidak banyak kompensasi fitur yang diberikan oleh Honda dengan selisih harga Rp31,3 juta antara BR-V Prestige 2021 dengan Mobilio RS. 

Mesin Sama, Tenaga Honda BR-V Lebih Baik Dari Mobilio

Harga Beda Rp30 Jutaan dan Basis Sama, Mending Beli Honda Mobilio atau Honda BR-V? 06

Meskipun Mobilio dan BR-V pakai jenis mesin dan transmisi yang serupa, ada perbedaan dalam sisi outputnya. Dengan rasio kompresi di angka 10,3:1, BR-V mampu menghasilkan tenaga hingga 120 PS pada 6.600 rpm dan torsi mencapai 145 Nm di putaran 4.600 rpm. 

Honda Mobilio menggunakan mesin 1.5L L15Z i-VTEC I4 yang mampu mengeluarkan tenaga 118 PS pada 6.600 rpm dan torsi maksimal 145 Nm pada 4.600 rpm. Walau ada selisih 2 ps, ini tidak signifikan karena digunakan untuk menghela BR-V yang ukurannya lebih besar.

Kesimpulan

Harga Beda Rp30 Jutaan dan Basis Sama, Mending Beli Honda Mobilio atau Honda BR-V? 07

Dengan selisih harga sekitar Rp30 jutaan, hanya sedikit perbedaan fitur antara Honda BR-V dan Mobilio. Perbedaan mencolok hanyalah sisi penampilan dimana BR-V lebih bongsor, selebihnya banyak fitur yang sama.

Bicara value for money, membuat Honda BR-V 2021 jadi terasa kemahalan. Hal inilah rupanya yang membuat BR-V sulit melawan gempuran pendatang baru yang fiturnya lebih lengkap dengan kisaran harga yang sama.

Jadi, mending pilih Mobilio dong daripada BR-V? 

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Honda Mobilio S MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru