Harga Beda Rp50 Jutaan, Pilih Honda Jazz 2021 Tipe Terendah Atau Honda Brio Urbanite?

Enda · 8 Mar, 2021 08:00

Harga Beda Rp50 Jutaan, Pilih Honda Jazz 2021 Tipe Terendah Atau Honda Brio Urbanite? 01

Honda Jazz 2021 dan Honda Brio 2021

Bicara mengenai kendaraan roda empat yang bermain di segmen hatchback kompak, Honda Prospect Motor hingga kini masih menjual Honda Brio 2021 dan Honda Jazz 2021. Namun perlu kalian ketahui, Jazz yang masih dijual hingga saat ini merupakan stok terakhir. Dimana pihaknya telah melakukan stop produksi model ini dan digantikan dengan Honda City Hatchback RS 2021.

“Honda Jazz sudah berhenti diproduksi sejak Februari 2021 kemarin. Kami hanya menyisakan 300 unit mobil ini dibeberapa diler di Indonesia. Salah satu model terlaris Honda ini kami hentikan produksinya di sini dan kami lanjutkan dengan City Hatchback RS,” ujar Yusak Billy sebagai Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor, dalam peluncuran Honda City Hatchback RS beberapa waktu lalu.

Sebagai informasi, menurut situs resminya HPM menawarkan Honda Jazz 2021 mulai dari Rp255.000.000 sampai dengan Rp298.500.000. Sedangkan Honda Brio 2021 dibandrol Rp149.000.000 hingga Rp200.200.000.

Melihat varian teratas Brio yang sudah menyentuh angka Rp200 juta, kerap kali membuat calon konsumen bingung apakah memilih Honda Jazz 2021 tipe terendah atau Honda Brio 2021 tipe teratasnya.

Daripada bimbang, simak perbandingan varian terendah Honda Jazz dengan trim paling atas Honda Brio pada ulasan di bawah ini.

Honda Jazz Varian Termurah Tampil Sederhana

Harga Beda Rp50 Jutaan, Pilih Honda Jazz 2021 Tipe Terendah Atau Honda Brio Urbanite? 02

Honda Jazz MT

Varian terendah Jazz yang mendapat julukan Honda Jazz MT ini terlihat begitu sederhana. Karena HPM sendiri memberikan sistem pencahayaan lampu utama yang masih menggunakan model bohlamp halogen dan belum tersedianya teknologi Daytime Running Light.

Begitupun body kitnya, varian ini tidak mendapatkan tampilan sport seperti New Stunning Front Grille + Sporty Front Bumper, New Dynamic Side Skirt dan New Rear Bumper with Diffuser. Bagian lingkar rodanya juga menggunakan velg alloy R15 berkelir silver dengan profil ban 175/65.

Mengenai warna, Jazz versi murah tidak tersedia pilihan warna Phoenix Orange Pearl yang menampilkan konsep two-tone dengan atap hitam seperti varian RSnya.

Harga Beda Rp50 Jutaan, Pilih Honda Jazz 2021 Tipe Terendah Atau Honda Brio Urbanite? 03

Honda Brio RS Urbanite Edition

Kesan sporty pada Honda Brio RS Urbanite Edition tampak dari desain baru pada Front Under Spoiler dan Rear Under Spoiler yang dilengkapi dengan Diffuser. Sementara  terdapat pula Black Side Under Spoiler dan Black Side Door Mirror yang dilengkapi dengan LED Turning Signal dan Black Door Handle, menjadikan mobil ini terlihat semakin sporty dari berbagai sudut.

Menyesuaikan dengan karakternya yang sporty dan enerjik, Honda Brio RS Urbanite Edition hadir dalam dua pilihan warna, yaitu Phoenix Orange Pearl dan Carnival Yellow. Kedua warna tersebut menampilkan konsep two-tone, dengan paduan warna hitam pada bagian atap mobil, handle, spion, dan side skirt.

Baca juga: Perbandingan Suzuki Baleno Hatchback dengan Honda Jazz

Tipe Terendah Honda Jazz Fiturnya Terbatas

Harga Beda Rp50 Jutaan, Pilih Honda Jazz 2021 Tipe Terendah Atau Honda Brio Urbanite? 04

Interior Honda Jazz 2021

Sebagai varian paling bawah, Honda Jazz MT terlihat begitu sederhana. Bicara soal fitur keselamatan contohnya, mobil ini dilengkapi dengan fitur keslematan yang tidak selengkap varian di atasnya, seperti Dual Front i-SRS Airbags, G-CON + ACE, Pretensioner with Load Limiter, ISOFIX & Tether, Brake Override System dan ABS+EBD.

Harga Beda Rp50 Jutaan, Pilih Honda Jazz 2021 Tipe Terendah Atau Honda Brio Urbanite? 05

Fitur keamanan Honda Jazz 2021

Untuk fitur keamanannya, hatchback kompak ini berhasil disematkan Wave Key + Keyless Entry, Immobilizer dan Alarm System.

Mengenai fitur untuk kenyamanan berkendara, trim terbawah Jazz ini dipasangi 6.2” Touchscreen Display Audio with Bluetooth & HFT Function, Digital A/C, New Seat Pattern, ECO Assist, Power Retractable Door Mirror with LED Turning Signal, Sporty Meter Cluster, Multi Information LCD Display, Heat Rejecting Green Tinted Glass, 4 Mode Ultra Seat (Utility Mode, Long Mode, Tall Mode, Refresh Mode) dan Tilt & Telescopic Steering Wheel.

Harga Beda Rp50 Jutaan, Pilih Honda Jazz 2021 Tipe Terendah Atau Honda Brio Urbanite? 06

Tampilan dashboard Honda Brio RS 2021

Sebagai varian teratas Brio saat ini, Honda Brio RS CVT Urbanite Editon mendapat serangkaian fitur unggulan yang terbilang lengkap, seperti 6.2" Touchscreen Display Audio yang telah didukung oleh USB port, AM/FM Radio, Compatible w/ iPhone & iPod, Compatible w/ RR Cam, CD & DVD Player, AUX-IN, Bluetooth, Hands Free Telephone. Ada juga Audio Steering Switch, Tilt Steering. Tweeter Speaker, ECO Assist, Power Retractable Door Mirror, Rear Wiper, Auto Wiper + Rain Sensor, Digital A/C.

Harga Beda Rp50 Jutaan, Pilih Honda Jazz 2021 Tipe Terendah Atau Honda Brio Urbanite? 07

G-CON + ACE Honda Brio 2021

Bicara fitur keselamatan, varian teratas Brio ini sudah dilengkapi dengan Dual Front i-SRS Airbags, struktur rangka G-CON + ACE, dan sistem pengereman ABS + EBD, Pretensioner with Load Limiter Seatbelt, ISOFIX & Tether dan Alat Pemadam Api Ringan. Pada fitur keamanan, mobil ini juga berhasil disematkan Alarm System, Auto Door Lock by Speed, Immobilizer dan Keyless Entry.

Baca juga: Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Membeli Honda Jazz Baru Maupun Bekas

Honda Jazz Unggul Soal Mesin

Harga Beda Rp50 Jutaan, Pilih Honda Jazz 2021 Tipe Terendah Atau Honda Brio Urbanite? 08

Mesin 1.5L Honda Jazz 2021

Honda Jazz dan Honda Brio diketahui memiliki spesifikasi mesin yang berbeda. Generasi ketiga New Honda Jazz dengan kode GK yang hanya menyisakan sisa stoknya ini, ditanami mesin i-VTEC (gabungan teknologi i-DSI dan VTEC) dengan berkodekan mesin L15A.

Jantung mekanis yang digunakan memiliki spesifikasi 1.5L 4 Silinder Segaris, 16 Katup + DBW, PGM-FI berkapasitas 1.497 cc yang dapat memuntahkan tenaga hingga 120 PS @6.600 Rpm serta torsi mencapai 145 Nm @4.600 Rpm. Soal gear box, varian terendah Jazz ini dikawinkan dengan transmisi manual 5-percepatan.

Harga Beda Rp50 Jutaan, Pilih Honda Jazz 2021 Tipe Terendah Atau Honda Brio Urbanite? 09

Mesin 1.2L Honda Brio 2021

Sebagai varian teratas dari hatchback kompak tulang punggung Honda, Honda Brio RS CVT Urbanite Editon disematkan jantung pacu berkubikasi 1.199 cc dengan tipe mesin 1.2 L SOHC 4 Silinder Segaris, 16 Katup i-VTEC + DBW, PGM-FI yang dapat memeras tenaga 90 PS @6.000 Rpm serta tosi maksimal 110 Nm @4.800 Rpm. Karena ini merupakan varian termahal Brio, maka Honda mengkawinkannya dengan transmisi jenis CVT with Earth Dreams Technology.

Kesimpulan

Honda Brio RS CVT Urbanite Editon yang merupakan varian termahal Brio saat ini, dibandrol Rp200.200.000. Sebagai tipe terendah Jazz, Honda Jazz MT yang sudah disuntik mati kini ditawarkan Rp255.000.000.

Kedua model ini kerap kali membuat calon konsumen bingung ketika diharuskan memilih. Pasalnya, dengan menambah budget dikisaran angka Rp50 juta, kalian bisa mendapatkan Honda Jazz yang secara ukuran memiliki dimensi lebih besar, lebih nyaman, serta mendapatkan performa yang lebih baik.

Apabila tidak ingin mengeluarkan budget lebih, namun tetap ingin mendapatkan tampilan sporty, fitur cukup lengkap, serta merasakan kenyamanan berkendara di dalam kota dengan transmisi CVT, kalian bisa memilih Brio RS CVT Urbanite Editon sebagai mobil idaman saat ini.

Baca juga: Pilih Honda Brio RS Atau Toyota Agya TRD Sportivo

Komentar