Harga Beda Tipis dengan Honda PCX 160, Ini Empat Mobil Bekas Rp40 Jutaan yang Nggak Keliatan Kuno

Yongki Sanjaya · 20 Okt, 2021 08:00

Harga Beda Tipis dengan Honda PCX 160, Ini Empat Mobil Bekas Rp40 Jutaan yang Nggak Keliatan Kuno 01

Mobil bekas menjadi alternatif terbaik saat kondisi pandemi seperti sekarang ini. Terlebih, harga mobil baru kini juga semakin mahal. Dengan budget pas-pasan, kalian bisa membeli mobil bekas layak pakai di rentang harga Rp 40 jutaan.

Mungkin kalian berpikir kalau mobilnya ketuaan atau mungkin mobil bahan. Namun faktanya tidak demikian, karena mobil bekas keluaran 90-an kini harganya sudah cukup terjangkau. Bayangkan saja, uang Rp 40 jutaan sekarang ini bila dibelikan kendaraan baru, cuma dapat motor skutik bongsor seperti Honda PCX 160. 

Daripada cuma digunakan untuk berkendara dua orang saja, maka pilihan yang menarik ialah membeli mobil tua bangka alias motuba layak pakai. Setidaknya, mobil juga bisa mengangkut sedikitnya empat orang saat perjalanan. Kalian juga akan terhindar dari panas terik atau hujan saat perjalanan jauh, hingga puluhan kilometer.

Namanya mobil bekas, tentunya membutuhkan sejumlah perbaikan, karena tidak mungkin kondisinya sempurna seperti mobil baru. Setidaknya di budget Rp40 juta kita bisa punya mobil yang proper, sehingga tidak butuh banyak biaya untuk perbaikan.

Lantas, apa saja motuba yang bisa dibeli seharga Rp40 jutaan? Ini daftarnya.

Honda Accord Maestro, Mobil Bekas Rp 40 Jutaan Paling Mewah

Harga Beda Tipis dengan Honda PCX 160, Ini Empat Mobil Bekas Rp40 Jutaan yang Nggak Keliatan Kuno 01

Istilah mewah ini cukup layak disandang oleh Honda Accord Maestro. Sebab sedan ini memang simbol status kelas atas di awal 90-an. Fitur yang dimiliki Honda Accord Maestro juga tergolong modern untuk sebuah motuba.

Honda Accord Maestro merupakan generasi keempat dari Honda Accord di Indonesia. Accord Maestro dijual dengan harga mulai dari Rp 24 juta sampai dengan Rp 50 juta. Jangan khawatir, range harga Rp40 jutaan sudah dapat unit yang cukup baik kondisinya.

Accord Maestro mengandalkan mesin 2.0 liter karburator SOHC 16 katup 4 silinder segaris dengan tenaga 110 hp untuk model 1991-1992. Kemudian untuk keluaran 1993 sudah memakai mesin injeksi PGM-Fi 2.000 cc, yang menghasilkan tenaga 145 hp dan torsi maksimal 187 Nm.

Harga Beda Tipis dengan Honda PCX 160, Ini Empat Mobil Bekas Rp40 Jutaan yang Nggak Keliatan Kuno 02

Duduk di kursi Accord Maestro pun kita serasa duduk di sofa, apalagi di kursi belakang yang luas. Lapisan beludru di kursi begitu lembut, dan bahkan jadi pelapis di plafon. Tak kalah keren yaitu hadirnya fitur AC auto climate single zone, fitur yg baru tersedia di Accord Maestro versi injeksi. Salah satu hal yang benar-benar advance di zaman 90-an dulu.

Suzuki Katana, Jip Bekas yang Ramah Di Kantong

Harga Beda Tipis dengan Honda PCX 160, Ini Empat Mobil Bekas Rp40 Jutaan yang Nggak Keliatan Kuno 03

Kalian yang suka berpetualang atau jalan-jalan ke wilayah pedesaan akan suka dengan mobil jip yang satu ini. Suzuki Katana lebih didesain untuk penggunaan kota dan medan jalanan off-road ringan, dengan penggerak roda belakang. 

Harga Suzuki Katana ini relatif terjangkau, mulai dari Rp30 juta sampai dengan tembus Rp100 juta untuk produksi terakhir tahun 2006. Nah, untuk bujet maksimal Rp 40 jutaan bisa memilih Katana keluaran 1997.

Harga Beda Tipis dengan Honda PCX 160, Ini Empat Mobil Bekas Rp40 Jutaan yang Nggak Keliatan Kuno 04

Desain tampilan kotak yang diusung oleh Suzuki Jimny dan Katana tetap terasa macho dan tidak ketinggalan zaman, padahal usianya sudah tak muda lagi. Bicara soal sektor jantung pacu, Suzuki Katana menggunakan mesin 1.0 Liter SOHC inline-4.

Memang secara kekuatan mesin, Suzuki Katana ini terkesan biasa saja. Akan tetapi, untuk penggunaan kota dan medan off-road ringan masih bisa dilahap dengan mudah oleh Suzuki Katana karena gir rasio yang besar.

Isuzu Panther Generasi Pertama, MPV yang Tangguh Lintas Zaman

Harga Beda Tipis dengan Honda PCX 160, Ini Empat Mobil Bekas Rp40 Jutaan yang Nggak Keliatan Kuno 05

Sosok Isuzu Panther ini memang cukup fenomenal, karena peminatnya masih begitu besar walau sudah tak lagi diproduksi. Bahkan untuk generasi pertama Panther masih banyak dicari, karena harganya yang terjangkau dan ketangguhannya sudah teruji.

Dengan bujet maksimal Rp 40 jutaan, maka pilihan yang tersedia yaitu keluaran 1991 hingga 1996 dengan ciri desain Panther masih kotak dengan lampu juga kotak. Daya tarik Panther memang tak terlepas dari performa mesin diesel bandelnya. Minibus ini didukung mesin berkubikasi 2.238 cc, dengan tenaga 71 hp dan torsi maksimal 140 Nm.

Harga Beda Tipis dengan Honda PCX 160, Ini Empat Mobil Bekas Rp40 Jutaan yang Nggak Keliatan Kuno 06

Panther dicari karena mesin diesel memiliki torsi yang besar dan harga biosolar di Indonesia pun lebih murah ketimbang harga bensin yang digunakan oleh mobil pada kebanyakan. Performa mesin yang mantap, kabin yang lapang dan nyaman, serta kapasitas bagasi yang cukup lega menjadi keunggulan Panther. Tak cuma itu, Isuzu Panther memiliki konfigurasi kursi yang mampu menampung 7-9 penumpang.

Suzuki Baleno Gen 1, Mantan Sedan Compact Terlaris Era 2000-an

Harga Beda Tipis dengan Honda PCX 160, Ini Empat Mobil Bekas Rp40 Jutaan yang Nggak Keliatan Kuno 07

Suzuki Baleno diperkenalkan ke publik Tanah Air pada pertengahan 1996 dan berhasil memikat perhatian masyarakat luas dan mendulang kesuksesan. Pada 2001, Suzuki Baleno berhasil menjadi pimpinan di kelasnya, dengan penguasaan pasar sebesar 32,5%. 

Sedan ini begitu populer karena dibekali tipe mesin G15A 1.500 cc, yang terkenal cukup tangguh dan irit bahan bakar. Meskipun usianya sudah cukup lawas, tapi Baleno masih proper dipilih sebagai mobil bekas. Ini karena harga Baleno sedan cukup terjangkau, antara Rp30 jutaan sampai dengan Rp50 jutaan. 

Dengan harga bekas yang cukup terjangkau, kalian selaku pengendara roda dua bisa memiliki kemampuan untuk memiliki kendaraan roda empat asal Negeri Sakura ini. 

Harga Beda Tipis dengan Honda PCX 160, Ini Empat Mobil Bekas Rp40 Jutaan yang Nggak Keliatan Kuno 08

Performa mesinnya yang cukup handal, irit, dan sistem suspensinya yang nyaman. Pada area kabin, suasana lapang dan nyaman tersaji pada mobil ini. Ini membuat baik pengemudi dan penumpang tak merasa sesak saat berada di dalamnya.

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Honda Accord 1.5L

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru