window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Harga Beda Tipis, Pilih Toyota Veloz GR Limited atau Suzuki Ertiga untuk Berkendara Sehari-hari?

Enda · 24 Agu, 2021 14:00

Harga Beda Tipis, Pilih Toyota Veloz GR Limited atau Suzuki Ertiga untuk Berkendara Sehari-hari? 01

Suzuki Ertiga vs Toyota Veloz GR Limited

Bersamaan dengan beberapa model lainnya yang mendapat sentuhan GR Sport, PT Toyota Astra Motor belum lama ini turut memperkenalkan Toyota Veloz GR Limited. Diketahui Veloz GR Limited ini merupakan model MPV pertama Toyota yang dijejali DNA motorsport Gazoo Racing (GR) yang mana hanya dihadirkan sebanyak 3.700 unit saja di pasaran.

Mengetahui harga baru Veloz GR Limited, Low MPV 7-seater dengan penampilan sporty dan macho ini dibandrol Rp243,8 juta untuk tipe teratasnya, yakni 1.5 AT. Melihat pesaing terdekatnya, varian termahal Suzuki Ertiga, yaitu GX AT, saat ini ditawarkan dengan harga Rp241,3 juta.

Sebelum memutuskan untuk meminang salah satu dari keduanya, sebaiknya ketahui lebih dekat Toyota Veloz GR Limited 1.5 AT vs Suzuki Ertiga GX AT di bawah ini.

Baca juga: Toyota Veloz GR Limited Vs Veloz Biasa, Tambah Fitur Sedikit Harganya Makin Mahal

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Eksterior Toyota Avanza Veloz GR Limited Jauh Lebih Sporty

Harga Beda Tipis, Pilih Toyota Veloz GR Limited atau Suzuki Ertiga untuk Berkendara Sehari-hari? 01

Tampilan depan Toyota Veloz GR Limited

Melihat penampilan luar Toyota Veloz GR Limited, mobil ini terlihat lebih sporty dibandingkan Suzuki Ertiga. Seperti yang bisa dilihat, pada bagian fascianya Veloz GR Limited berhasil disematkan bumper dengan bentuk yang meruncing serta dipadukannya ram berbentuk trapezoid berukuran besar dengan tambahan body kit yang lebih berkarakter dan terkesan bengis.

Pada air dam-nya, mobil ini memiliki kisi-kisi dengan ukuran cukup besar yang terbagi menjadi dua bilah. Melihat sistem pencahayaannya, mobil ini menggunakan teknologi LED pada lampu utamanya yang juga seolah dibagi menjadi dua bilah.

Dimana tepat di bawah lampu utamanya tersebut terdapat lampu sein dengan halogen serta lampu kota yang mana juga berteknologikan LED. Tak tertinggal di kedua ujung bumpernya tersebut dibenamkan foglamp yang berguna untuk meningkatkan visibilitas pengemudi.

Bergeser ke bagian samping, Veloz GR Limited dilengkapi side skirt dengan list krom serta side moulding diatasnya, yang mana velg serta cover spionya kini dilabur dengan warna hitam dengan penampilan semakin sporty.

Menengok daripada sisi bagian belakangnya, mobil ini terlihat mewah berkat adanya garnish berlapisan krom yang seolah menghubungkan stoplamp di kedua sisinya. Bukan cuma itu, di bawah garnishnya tersebut terdapat tambahan aksesoris berupa cover pintu bagasi berkelir hitam yang mampu menambah kesan prestisius.

Untuk memencarkan aura sporty, lagi-lagi Toyota menyematkan tambahan body kit serta diffuser pada bagian bumper belakang mobil ini.

Harga Beda Tipis, Pilih Toyota Veloz GR Limited atau Suzuki Ertiga untuk Berkendara Sehari-hari? 02

Fascia Suzuki Ertiga GX

Bicara Suzuki Ertiga, sistem pencahayaan pada varian teratasnya ini dipadukan dengan lampu utama berprojector dengan fog lamp di ujung bumper bagian bawahnya. Berbeda dengan Veloz GR Limited, Ertiga memiliki wajah yang terlihat dinamis dengan grill berbentuk horizontal berlapiskan aksen krom.

Bergeser ke bagian samping, Suzuki Ertiga GX tampak terlihat biasa saja. Mobil ini tidak dilengkapi dengan side moulding maupun side skirt sebagai pelindung yang sekaligus mempercantik penampilan. Hanya saja velgnya memiliki desain yang tak kalah sporty yakni model kipas dengan pewarnaan dual-tone.

Melihat bagian buritan, Suzuki Ertiga memang terlihat lebih sederhana dibandingkan Veloz GR Sport. Hanya saja menurut kami desain stop lampnya ini tidak tak kalah atraktif yang mana sudah memakai teknologi LED, berbeda dengan Toyota Veloz GR Sport masih mengandalkan bohlamp pada lampu sinyal berhentinya tersebut.

Interior Toyota Veloz GR Limited Vs Suzuki Ertiga, Mana yang Terasa Lebih Nyaman?

Harga Beda Tipis, Pilih Toyota Veloz GR Limited atau Suzuki Ertiga untuk Berkendara Sehari-hari? 03

Interior Toyota Veloz GR Limited

Hegemoni interior Veloz GR Limited ini kental akan aura sporty yang mana dibalur dengan sentuhan serba hitam. Pada sistem hiburan Veloz GR sendiri dibenamkan New Premium Touch Screen Head Unit yang mendukung format DVD, iPod/iPhone Connectivity, USB, Bluetooth dan AUX. Pengaturan AC-nya diketahui sudah menggunakan model digital yang mana dilengkapi dengan double blower di baris keduanya.

Pada lingkar kemudi Veloz GR Limited berhasil disematkan steering switch control yang berfungsi untuk menjalakan beberapa fitur pada mobil ini. Untuk memberikan kemudahan serta keamanan berkendara, kalian bisa menemukan fitur berupa start/stop engine button serta keyless pada mobil ini.

Selain itu, untuk memudahkan penggunanya dalam melipat spion, Veloz GR Limited mendapatkan spion dengan pengaturan elektrik yang mana dilengkapi fitur retractable.

Harga Beda Tipis, Pilih Toyota Veloz GR Limited atau Suzuki Ertiga untuk Berkendara Sehari-hari? 04

Interior Suzuki Ertiga GX paling mewah

Mengintip Interior Suzuki Ertiga GX, mobil ini didominasi warna hitam dengan aksen wood panel pada dashboard, door trim serta lingkar kemudinya yang terkesan mewah. Menengok sistem hiburannya, mobil ini disematkan head unit touchscreen 8 inci yang mana untuk menjalankan beberapa fitur pendukungnya, pada lingkar kemudinya juga sudah dilengkapi dengan steering stwitch control.

Oh iya, sebagai informasi Suzuki Ertiga GX mendapatkan pengaturan AC dengan tampilan digital yang mana sudah didukung auto climate with heater dan juga sudah dilengkapi double blower.

Baca juga: Toyota Veloz GR Limited Cuma Tersedia 3.700 Unit, Apa Saja Kelebihannya?

Fitur Keselamatan Suzuki Ertiga GX Lebih Unggul dari Toyota Veloz GR Limited

Harga Beda Tipis, Pilih Toyota Veloz GR Limited atau Suzuki Ertiga untuk Berkendara Sehari-hari? 05

Fitur keselamatan Veloz GR Limited

Mengenai fitur keselamatan, Toyota Veloz GR Limited behasil ditanami Dual Airbags, ABS (Anti-Lock Braking System), ISOFIX, 3-Points Seatbelt, Side Impact Beam dan Front Passenger Seat belt Warning.

Sebagai bentuk perlindungan lebih kepada penggunannya, mobil ini juga mendapat tambahan 2 titik sensor parkir, kamera parkir serta Immobilizer dan alarm.

Melihat daripada Suzuki Ertiga GX, mobil ini berhasil disematkan fitur keselamatan yang lebih lengkap. Diantaranya; ABS+EBD, Dual SRS Airbag, seatbelt reminder, child safety lock, 2 point parking sensor, door open warning, ISOFIX, Tilt Steering, Immobilizer dan alarm.

Tampilan Kalah Sporty, Suzuki Ertiga GX Lebih Bertenaga?

Harga Beda Tipis, Pilih Toyota Veloz GR Limited atau Suzuki Ertiga untuk Berkendara Sehari-hari? 06

Mesin K15B pada Suzuki Ertiga punya tenaga yang lebih besar dibandingkan Toyota Veloz GR Limited 1.5L

Varian teratas Toyota Veloz GR Limited ditawarkan mesin 2NR-VE 4-silinder segaris, 16 Valve DOHC Dual VVT-i 1.496 cc yang dapat memuntahkan tenaga hingga 104 PS @6.000 rpm dengan torsi maksimal 136 Nm @4.200 rpm yang diatur menggunakan transmisi otomatis 4-percepatan sebelum ditranslasi ke sistem penggerak roda belakang (RWD).

Sedangkan Suzuki Ertiga GX dibenamkan mesin K15B berteknologi DOHC VVT 1.462 cc yang dapat merilis tenaga hingga 105 PS @6.000 rpm serta torsi puncak sebesar 138 Nm @4.400 rpm. Sebelum menyalurkan putaran tenaga ke roda depan, varian termahal Suzuki Ertiga ini ditawarkan dengan transmisi otomatis 4-percepatan.

Spesifikasi mesin Toyota Veloz GR Limited 1.5 AT vs Suzuki Ertiga GX AT
Keterangan Veloz GR Limited Ertiga
Kode mesin 2NR-VE 4-silinder segaris, 16 Valve DOHC Dual VVT-i K15B berteknologi DOHC VVT 4-silinder segaris, 16 Valve
Kapasitas 1.496 cc 1.462 cc
Tenaga 104 PS @6.000 rpm 105 PS @6.000 rpm
Torsi 136 Nm @4.200 rpm 138 Nm @4.400 rpm
Transmisi Otomatis 4-percepatan Otomatis 4-percepatan

Suspensi Suzuki Ertiga Terkenal Lebih Empuk

Harga Beda Tipis, Pilih Toyota Veloz GR Limited atau Suzuki Ertiga untuk Berkendara Sehari-hari? 07

Suspensi Suzuki Ertiga lebih empuk dan nyaman

Suzuki Ertiga diketahui menggunakan suspensi bermodelkan MacPherson strut with coil spring di bagian depan serta Torsion beam with coil spring pada roda belakangnya. Jenis suspensi yang digunakannya ini diketahui memiliki bantingan yang lebih empuk dan nyaman dibandingkan Veloz GR Limited.

Toyota Veloz GR Limited diketahui memperoleh suspensi jenis MacPherson strut with coil spring di bagian depan dan 4-link lateral rod with coil spring. Meskipun nyatanya Veloz GR Sport memiliki bantingan yang lebih keras, jenis suspensi yang digunakannya ini cenderung lebih awet dan tahan lama dibandingkan Ertiga.

Kesimpulan

Antara Toyota Veloz GR Limited 1.5 AT dengan Suzuki Ertiga GX memiliki selisih harga baru Rp2,5 juta, dimana lebih mahal Veloz GR Limited.

Jika kalian tinggal di daerah pegunungan dan menginginkan sebuah kendaraan keluarga dengan tampilan sporty, Toyota Veloz GR Limited bisa jadi pilihan yang tepat. Hal ini dikarenakan Veloz sendiri mengandalkan penggerak roda belakang (RWD) untuk membuatnya bergerak.

Berbeda apabila kalian tinggal di wilayah dengan medan yang tidak terlalu ekstrim, serta menginginkan sebuah mobil keluarga yang lebih nyaman dan bertenaga, mungkin bisa menjatuhkan pilihan pada Suzuki Ertiga.

Baca juga: Hadir Dalam Tiga Varian, Ini Perbedaan Suzuki Ertiga GA, GL dan GX

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Suzuki Ertiga GA MT 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil