window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Harga Beda Tipis, Wuling Alvez CE Lebih Jor-joran Fitur Daripada Toyota Agya GR Sport?

Yongki Sanjaya · 16 Mar, 2023 15:30

Harga Beda Tipis, Wuling Alvez CE Lebih Jor-joran Fitur Daripada Toyota Agya GR Sport? 01

Peluncuran Toyota Agya GR Sport beberapa waktu lalu langsung menuai pro-kontra dari masyarakat. Bagaimana tidak, untuk sebuah city car harganya dianggap kemahalan karena menembus Rp250 juta. Bahkan harganya beda tipis dengan Wuling Alvez CE, yang merupakan tipe menengah di model tersebut.

Sebagai informasi, harga Toyota Agya GR Sport CVT dibanderol Rp 253,5 juta sedangkan Wuling Alvez CE Rp255 juta. Selisihnya kecil sekali, cuma Rp1,5 juta, dan Alvez ini mengisi segmen compact crossover. 

Baca juga:

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Harganya Lebih Murah, Beli Daihatsu Sirion Menang Banyak Daripada Honda Brio RS Urbanite?

Lebih Mahal Nyaris Rp65 Juta, Pilih Toyota Agya GR Sport 2023 Atau Cukup Tipe G?

Jajal Bedanya Toyota Agya 2023 Tipe G dan GR Sport, Lebih Fun yang Mana?

Selisih harga yang tipis akan membuat masyarakat jadi bingung mana yang cocok untuk dibeli. Lantas apakah Wuling Alvez CE bisa memberi fitur jauh lebih oke sebagaimana tradisi yang biasa dilakukan Wuling sebelumnya? Mari kita bandingkan kelengkapan antara dua model tersebut.

Toyota Agya GR Sport, Bukan Sekedar LCGC yang Naik Kasta

Harga Beda Tipis, Wuling Alvez CE Lebih Jor-joran Fitur Daripada Toyota Agya GR Sport? 01

Dulu Toyota Agya GR Sport generasi pertama masih tergolong dalam segmen kendaraan LCGC (Low Cost Green Car). Kini dengan harga menembus seperempat miliar rupiah, PT Toyota Astra Motor memisahkan tipe GR Sport di luar segmen LCGC. Tentu, ada banyak improvement yang dilakukan agar Toyota Agya GR Sport punya value yang setara dengan harganya yang mahal.

Agya GR Sport dilengkapi dengan aero kit yang meningkatkan kesan sporty dan aerodinamika agar menghasilkan down force yang baik. Lebih lanjut, kaki-kaki juga mendapat upgrade dengan velg alloy 15 inci, berikut shock absorber serta coil spring yang lebih rigid. PT Toyota Astra Motor juga melakukan tuning pada bagian power steering dengan power motor yang lebih tinggi, steering gear dengan gear ratio yang lebih rendah.

Harga Beda Tipis, Wuling Alvez CE Lebih Jor-joran Fitur Daripada Toyota Agya GR Sport? 02

Tak lupa, penggunaan sport tires untuk steering yang lebih responsive handling yang lebih superior. Tujuannya, agar Agya GR Sport ini menghasilkan handling yang lincah dan lebih responsif.

Masih seputar eksterior, Agya GR Sport telah memakai headlamp berteknologi LED dengan fitur Follow Me Home dan Auto Cut Off. Kemudian, pengaturan spionnya telah memakai electric mirror. 

Harga Beda Tipis, Wuling Alvez CE Lebih Jor-joran Fitur Daripada Toyota Agya GR Sport? 03

Kemudian pada interior terdapat aksen ornamen GR Sport seperti dark silver ornament color pada kisi AC, GR Sport logo dan red stitch pada bangku depan dan bagian bawah kemudi sudah berbahan kulit sintetis, floor mat, serta leather shift knob. Kursinya memakai jok model semi bucket bermaterial suede dengan penyematan logo GR Sport di sandaran punggung.  

Agya GR Sport didukung Head Unit 7 inch lengkap dengan fitur mirroring, ditambah koneksi via Bluetooth, AUX-IN, dan USB. Lebih lanjut, city car ini juga telah memiliki fitur Tilt steering, Front & Rear Separated Head Rest, Digital AC, Steering Switch, dan Push Start Button. Khusus tipe CVT, tersedia Paddleshift dan Power Mode sehingga lebih fun to drive.  

Fitur Keselamatan yang Oke

Sementara itu fitur keselamatannya terdapat ABS+EBD, dengan diameter teromol rem belakang ditambah untuk meningkatkan daya pengereman. Terdapat pula Rear Parking Sensor, Speed Sensor Lock, Alarm dan Immobilizer, Isofix, serta Seat Belt Warning. Dual Airbags ada di seluruh tipe, berikut Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Start Asssist (HSA) sebagai standar.

Performa Mesin Serupa versi LCGC

Harga Beda Tipis, Wuling Alvez CE Lebih Jor-joran Fitur Daripada Toyota Agya GR Sport? 04

Performa mesin pada varian GR Sport maupun tipe G atau E sebenarnya sama, karena memakai mesin serupa. Agya GR Sport dibekali new engine 1.200 cc 3-silinder Dual VVT-i bertenaga 88 PS dan torsi yang lebih tinggi pada 113 Nm. Improvement di putaran mesin rendah memberikan power agility yang lebih baik.

Wuling Alvez CE, Crossover paling Worth?

Harga Beda Tipis, Wuling Alvez CE Lebih Jor-joran Fitur Daripada Toyota Agya GR Sport? 05

Wuling Alvez sukses menyita perhatian publik, karena crossover ini hadir dengan harga super ekonomis. Kalian yang mencari crossover seharga Rp250 jutaan, hanya ini pilihan yang tersedia di pasaran. 

Karena harganya lebih murah maka varian CE pada eksteriornya tidak dilengkapi forglamp serta DRL LED. Tipe ini juga tak memiliki sunroof sebagaimana tipe EX.

Harga Beda Tipis, Wuling Alvez CE Lebih Jor-joran Fitur Daripada Toyota Agya GR Sport? 06

Beranjak ke bagian dalam, Wuling Alvez tipe CE pada setir telah dibungkus bahan kulit premium serta material soft touch di beberapa bagian. Pada pusat informasi berkendara, tipe CE mendapat tambahan layar MID TFT. menggunakan layar MID berukuran 3,5 inci.

Wuling Alvez CE dan EX dibekali head unit yang sama, yaitu layar sentuh berukuran 10,25 inci yang terintegrasi secara langsung dengan kamaera belakang berteknologi Dynamic Trajectory, serta 4 speaker. Semua varian telah memiliki port USB 20W fast charging di bagian depan.

Fitur Keselamatan Wuling Alvez CE Tidak Istimewa

Sebagai fitur keselamatan standar, semua varian Wuling Alvez telah dilengkapi dengan ABS, EBD, Emergency Stop Signal (ESS), dual srs airbags, seatbelt reminder, ISOFIX and child-proof door lock, immobilizer, dan anti-theft alarm. Untuk varian tengah, CE mendapat tambahan sensor parkir di belakang yang memudahkan pengemudi kita melakukan parkir mundur. Agak disayangkan Wuling Alvez CE tidak memiliki Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Start Asssist (HSA) sebagai standar. 

Performa Wuling Alvez CE Lebih Perkasa

Harga Beda Tipis, Wuling Alvez CE Lebih Jor-joran Fitur Daripada Toyota Agya GR Sport? 07

Wuling Alvez mengusung mesin berkapasitas 1.485 cc 4-silinder segaris DOHC, DVVT Euro 4. Di atas kertas, mesin itu bisa memproduksi tenaga hingga 107 PS di 5.800 rpm dengan torsi sebesar 143 Nm pada putaran 4.000 - 4.600 rpm. Untuk tipe CE dan EX hanya terdapat opsi transmisi CVT dengan tenaga didistribusikan ke penggerak roda depan.

Sistem peredam guncangan sama seperti dua tipe diatasnya, yaitu di bagian depan menggunakan MacPherson Strut dan Torsion Beam jadi penyangga roda belakang.

Kesimpulan

Melihat kelengkapan fitur yang dimiliki, maka Toyota boleh berbangga diri kalau harga Agya GR Sport yang tinggi ini dikompensasi dengan fitur yang melimpah. Desainnya pun oke karena aksen sporty sebagai DNA Gazoo Racing. 

Kelemahannya hanyalah pada aspek performa mesin yang tidak istimewa karena hanya berbekal dapur pacu 1.200 cc. Layar head unitnya juga lebih mungil, namun telah mendukung berbagai konektivitas. Andai saja harganya masih di kisaran Rp240 juta, mungkin Agya GR Sport generasi kedua ini bisa memberi value lebih baik. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Wuling Alvez SE 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil