Harga Bekas Bersaing, Pilih Suzuki Grand Escudo atau Honda CR-V Gen-1?

Enda · 13 Jan, 2022 08:30

 

Suzuki Grand Escudo vs Honda CR-V Gen-1

Suzuki Grand Escudo vs Honda CR-V Gen-1
  • Honda CR-V gen-1 lebih nyaman ketimbang Suzuki Grand Escudo
  • Mengandalkan penggerak roda belakang, Suzuki Grand Escuco hadir dengan dua pilihan mesin

SUV kompak dengan harga bekas Rp50-Rp60 jutaan, saat ini Suzuki Grand Escudo dan Honda CR-V Gen-1 bisa menjadi pertimbangan untuk kalian yang sedang mencari mobil bekas terjangkau. Pasalnya, selain punya tampilan yang gagah dan tangguh, keduanya cukup nyaman digunakan, mudah dalam perawatan dan sama-sama terbilang bandel.

Sebagai informasi, generasi pertama Suzuki Grand Escudo diperkenalkan pertamakali di Indonesia pada tahun 2001 hingga 2006, sebelum digantikan oleh Grand Vitara. Sedangkan Honda CR-V Gen-1 versi CKD diluncurkan pada 2000 dan terakhir diproduksi 2001.

Punya harga bekas bersaing, namun bingung antara pilih Suzuki Grand Escudo atau Honda CR-V Gen-1 sebagai mobil idaman? Daripada galau, simak ulasan keduanya berikut ini.

Baca juga: Harga Bekas Sama, Kia Sportage II Lebih Menarik dari Hyundai Tucson Gen-1?

Desain Serba Membulat, Suzuki Grand Escudo Lebih Modern 

Suzuki Grand Escudo vs Honda CR-V Gen-1

Tampilan Suzuki Grand Escudo terkesan lebih modern

Bicara tampilan, menurut pandangan kami Suzuki Grand Escudo jauh lebih modern ketimbang Honda CR-V Gen-1. Seperti yang bisa dilihat, bagian eksterior SUV andalan Suzuki tersebut banyak mengemplementasikan bentuk membulat dan lebih kekar layaknya disuntik steroid baik pada fascia, samping serta buritannya.

Terlebih pada varian 2.000 cc, Grand Escudo berhasil disematkan side moulding dengan ukuran cukup besar, serta over fender di atas roda yang semakin memperlihatkan ketangguhan mobil tersebut. Guna meningkatkan pandangan pengemudi di belakang, Grand Escudo dengan mesin 2.0L juga dibenamkan tambahan lampu reflektor yang menempel di bumper belakangnya.

Suzuki Grand Escudo vs Honda CR-V Gen-1

Tampilan Honda CR-V gen-1 terkesan lebih jadul

Beda halnya dengan Honda CR-V gen-1, tampilan luar mobil ini terkesan lebih sederhana dan kaku namun tetap memiliki bentuk gagah layaknya SUV tangguh.

Dibandingkan Suzuki Grand Escudo, pada bagian fascianya sendiri CR-V gen-1 menerima bumper dengan moncong yang lebih maju dan terlihat tinggi. Menengok bagian sampingnya, mobil ini banyak menerima garis tegas namun tetap terkesan macho. Akan tetapi dari segi penampilan terasa lebih jadul dibandingkan rivalnya tersebut.

Melihat buritannya, CR-V gen-1 terlihat begitu unik. Tak seperti Suzuki Grand Escudo dengan lampu belakang yang diletakan seperti mobil pada umumnya, generasi pertama CR-V untuk lampu belakangnya diletakan di atas mengikuti desain lampu SUV yang sedang nge-trend saat itu.

Guna mencirikan SUV tangguh, di bagian belakang keduanya sama-sama diletakan ban cadangan yang menggantung pada sisi luar pintu bagasi.

Punya Kabin Lebih Luas, Honda CR-V gen-1 Bisa Menampung Orang Lebih Banyak

Suzuki Grand Escudo vs Honda CR-V Gen-1

Kabin Honda CR-V gen-1 lebih luas dan nyaman ketimbang Suzuki Grand Escudo

Sekilas Suzuki Grand Escudo maupun Honda CR-V gen-1 memiliki ruang kabin yang tak jauh berbeda. Namun jika dilihat lebih dekat dan dirasakan secara langsung keduanya, generasi pertama Honda CR-V terasa lebih luas.

Hal ini dikarenakan CR-V gen-1 sendiri di baris pertama tidak ada pemisah jarak ruang kaki antara pengemudi dan penumpang depan, serta tuas transmisinya yang diletakan di balik lingkar kemudi.

Tengah-tengah pemisah antara pengemudi dan penumpang depannya sendiri berhasil diletakan meja sekaligus cup holder, yang bisa dilipat dan digunakan sebagai tempat untuk menaruh barang ataupun lorong untuk lewatnya anak-anak.

Suzuki Grand Escudo vs Honda CR-V Gen-1

Area kokpit Suzuki Grand Escudo

Di baris kedua, jarak dengan jok didepannya juga cukup luas sehingga mampu memberikan kenyamanan terhadap penumpangnya. Terlebih lantai kabin mobil ini terasa lebih rendah dibandingkan Suzuki Grand Escudo sehingga penumpang akan merasa lebih nyaman ketika berkendara dengan waktu yang cukup lama.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Grand Escudo, SUV Tangguh Rp50 Jutaan!

Suzuki Grand Escudo vs Honda CR-V Gen-1

Honda CR-V gen-1 mendapatkan sepasang jok yang saling berhadapan di bagasinya

Untuk kapasitas bagasi, keduanya bisa dibilang sepadan. Hanya saja untuk CR-V di baris paling belakangnya tersebut tersematkan dua buah jok yang diletakan saling berhadapan. Namun sayang, jok yang ditawarkan sangat tidak ergonomis dan sempit sehingga tidak cocok disinggahi oleh siapapun ketika ingin melakukan perjalanan jauh.

Adu Fitur Suzuki Grand Escudo Vs Honda CR-V Gen-1

Suzuki Grand Escudo vs Honda CR-V Gen-1

Fitur keselamatan Honda CR-V gen-1 lebih menjanjinkan

Bicara fitur, keduanya terbilang standar. Secara umum baik Suzuki Grand Escudo Vs Honda CR-V Gen-1 berhasil disematkan power window, electric mirror, power steering dan central lock.

Keduanya juga ditawarkan Anti-Lock Braking System (ABS) untuk sistem pengeremannya. Namun dari segi keselataman CR-V lebih unggul, pasalnya mobil ini telah mendapatkan airbag yang tentunya mampu memberikan perlindungan lebih baik kepada penggunannya ketika mengalami benturan cukup keras.

Suzuki Grand Escudo Hadir dengan Dua Pilihan Mesin

Suzuki Grand Escudo vs Honda CR-V Gen-1

Suzuki Grand Escudo hadir dengan dua pilihan mesin, 1.6L dan 2.0L

Suzuki Grand Escudo hadir dengan dua pilihan mesin, yakni 1.6L dan 2.0L. Secara data mesin G16A multi-point injection 1590 cc 4 silinder segaris SOHC yang digunakan mampu melecutkan tenaga hingga 109 PS @6.000 rpm dengan torsi 144 Nm @4.500 rpm. Sedangkan varian 2.0L dibenamkan jantung pacu J20 DOHC 1995 cc 4 silinder segaris berkombusi injeksi yang diketahui dapat memeras tenaga sebesar 130 PS @5.900 rpm serta torsi 174 Nm @2.900 rpm.

Pada varian 2.0L, diketahui tipe ini ditawarkan dengan dua pilihan transmisi, yaitu manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan. Beda halnya tipe 1.6L, hanya disediakan transmisi manual 5-percepatan saja.

Suzuki Grand Escudo vs Honda CR-V Gen-1

Honda CR-V gen-1 versi CKD disematkan mesin 2.0L yang juga digunakan Accord Cielo

Bicara Honda CR-V gen-1 versi CKD, mobil ini dibenamkan mesin F20A berkapasitas 2.000 cc 4-silinder segaris yang sama persis dipakai oleh Accord Cielo. Untuk tenaga yang diperolehnya sebesar 135 PS @6.000 rpm serta torsi maksimal 159 Nm @3.700 rpm. CR-V sendiri hadir dengan pilihan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

Sebagai informasi, untuk membuatnya dapat berjalan Suzuki Grand Escudo mengandalakan penggerak roda belakang (RWD), sedangkan Honda CR-V menggunakan penggerak roda depan (FWD). Dengan begitu Grand Escudo terasa lebih tangguh ketika melewati jalan yang ekstrim dan berkontur.

Kesimpulan

Perbandingan antara Suzuki Grand Escudo dengan Honda CR-V gen1 berhasil kami sampaikan di atas. Punya harga bekas bersaing, keduanya kerap kali membuat calon konsumennya galau jika diharuskan memilih.

Menurut pandangan kami, jika kalian sering melakukan berpergian keluar kota dengan melewati medan jalan yang agak terjal, Suzuki Grand Escudo lebih cocok untuk digunakan. Hal ini dikarenakan SUV berlogokan ‘S’ tersebut mengandalkan penggerak roda belakang untuk membuatnya dapat berjalan.

Namun jika kalian lebih banyak melakukan aktifitas di kota besar maupun daerah dengan kondisi jalan off road ringan, Honda CR-V gen-1 layak untuk dibeli.

Alasan bukan hanya karena menggunakan penggerak roda depan, generasi pertama CR-V tersebut berhasil disematkan suspensi berjeniskan double wishbone di empat yang terasa empuk ketika melewati jalan keriting bahkan lebih nyaman dibandingkan generasi keduanya.

Tak hanya itu, handling yang diterimanya juga terasa stabil sekaligus proper berkat perpaduan antara suspensinya serta platform sedan yang digunakan.

Oh iya untuk kalian ketahui, kaki-kaki Honda CR-V gen-1 ini tak sebadak Suzuki Grand Escudo. Dengan begitu kalian harus seringkali mengeceknya khususnya pada karet bushing yang wajib dilakukan pengecekan secara berkala. Tak hanya itu, ball joint, tie rod, long tie rod, swing arm pun tak luput wajib mendapatkan bentuk atensi dari pemiliknya.

Sebagai informasi, konsumsi BBM yang dimiliki keduanya juga sepadan. Rata-rata penggunaan dalam kotannya mampu mencatatkan angka 8 km/liter. Sedangkan luar kota 12 km/liter. Untuk ketersedian sparepart, keduanya juga masih mudah ditemukan.

Baca juga: Harga Cuma Rp60 Jutaan, Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Honda CR-V Gen-1 RD1

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Honda CR-V Black Editon

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru