window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Harga Bekas Cuma Rp30 Jutaan, Pikir-Pikir Lagi Buat Beli Peugeot 206!

Enda · 1 Feb, 2024 10:15

peugeot 206 bekas

Peugeot 206 bekas merupakan pilihan menarik jika kalian mengincar mobil second berjenis hatchback dengan harga yang terjangkau.

Bicara sejarah Peugeot 206, mobil perkotaan jenis hatchback kompak asal pabrikan otomotif Perancis ini pertama kali mendarat di Tanah Air pada awal tahun 2000 serta bertahan hingga tahun 2006.

Secara tampilan, Peugeot 206 bisa dibilang enggak gampang ngebosenin dan tidak ketinggalan zaman walau kini usianya sudah nyaris dua dekade.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Ini karena gaya bahasa desain kapsul yang diterapkan serta bentuknya yang sporty tidak banyak sudut menyiku atau tampilan terlalu agresif seperti beberapa kebanyakan mobil hatchback di masanya.

Terlebih, lampu utamanya mengaplikasikan model diamond cut yang terlihat eyes-catching untuk lansiran 2003 ke atas.

peugeot 206 bekas

Sempat dirakit di Indonesia karena peminatnya cukup banyak

Mengintip sedikit kiprahnya di Indonesia, keberadaan Peugeot 206 ini pada awalnya didatangkan secara utuh atau Completely Build Up (CBU) dari negara asalnya.

Namun selang tiga tahun kemudian, Peugeot Indonesia memutuskan untuk merakitnya atau yang biasa disebut Completely Knock Down (CKD) dikarenakan keberadaan 206 saat itu cukup banyak diminati konsumen Tanah Air.

Mengenai variannya, Peugeot 206 hadir dengan dua pilihan, yaitu standar dan sporty.

Varian sporty sendiri lebih diminati kaum muda berkat adanya spoiler di belakang, jok kulit, sensor parkir, power window belakang serta sistem kelistrikan multiplex.

Oh iya, bicara harga bekas Peugeot 206, mobil ini kini ditawarkan dengan bandrol yang sangat terjangkau berbeda dengan harga barunya dulu yang menembus angka Rp200 jutaan.

Melihat pasaran di bursa mobil seken, harga Peugeot 206 bekas kini mulai dari Rp30 jutaan.

Namun sebelum tertarik untuk meminangnya, sebaiknya pikir-pikir lagi deh buat beli Peugeot 206 bekas.

Mengapa demikian? Daripada penasaran simak ulasannya di bawah ini.

Spesifikasi Peugeot 206 2003
Dimensi
Panjang 3.835 mm
Lebar 1.652 mm
Tinggi 1.428 mm
Jarak sumbu roda 2.442 mm
Jarak ke tanah 119 mm
Kapastas tangki BBM 50 liter
Ukuran ban 175/65 R14
Mesin
Tipe mesin TU3JP SOHC Injection
Isi silinder 1.360 cc
Jumlah silinder 4
Daya maksimum 76 PS @5.400 rpm
Torsi maksimum 111 Nm @3.400 rpm
Transmisi Manual 5-percepatan
  Otomatis 5-percepatan Triptonic
Sistem penggerak roda Penggerak roda depan
Sasis
Suspensi depan Semi independent
Suspensi belakang Torsion bar with stabilizer
Rem depan Drum
Rem belakang Ventilated disc

Baca juga: Harga Mobil Chery Bekas Emang Murah Banget, Tapi Apa Benar Sparepartnya Susah?

1. Lemah di Bagian Kaki-kaki

Harga Bekas Cuma Rp30 Jutaan, Pikir-Pikir Lagi Buat Beli Peugeot 206! 02

Peugeot 206 lemah di bagian kaki-kaki

Ketika ingin membeli Peugeot 206 dalam kondisi second, sebaiknya cek dulu bagian kaki-kaki khususnya pada suspensi.

Lengan ayun mobil ini memiliki karakter yang keras dan mudah bocor untuk varian CBU-nya.

Dan untuk kaki-kakinya sendiri karena sudah berumur, mobil ini rentan rusak sehingga menimbulkan suara berisik baik pada bushing, arm, tie rod, stabilizer serta ball joint.

2. Varian Manual, Pijakan Kopling Terasa Keras

Dalam meramaikan kancah otomotif Tanah Air, Peugeot 206 hadir dengan dua pilihan transmisi, yakni manual 5-pecepatan serta otomatis 4-percepatan.

Untuk 206 berstatuskan CKD dengan tahun produksi 2003 hingga 2006 varian matic-nya sendiri sudah menggunakan 5-percepatan dengan tekonologi tiptronic yang bisa dikendalikan secara manual.

Sementara yang memakai transmisi manual Peugeot 206, mobil ini kerap kali dikeluhkan sebagian besar penggunanya karena terkenal pedal koplingnya keras.

Dengan begitu pengemudi akan merasa mudah pegal ketika berkendara di daerah yang sering terjebak kemacetan.

Sebagai informasi, baik transmisi manual dan otomatis yang ada pada Peugeot 206 dikawinkan dengan jantung pacu berkodekan TU3JP berkapasitas 1.400 cc 4-silinder segaris 8 valve SOHC berteknologi injeksi.

Mesin asal pabrikan berlogo Singa itu dapat memeras tenaga hingga 76 PS di 5.400 rpm dengan torsi puncak sebesar 111 Nm pada 3.400 rpm.

Untuk membuatnya dapat berjalan, selanjutnya putaran mesin yang dihasilkan ditranslasi ke penggerak roda depan (FWD).

3. Material Pada Interior Mudah Mengelupas

Harga Bekas Cuma Rp30 Jutaan, Pikir-Pikir Lagi Buat Beli Peugeot 206! 03

Material dashboard dan setir mudah mengelupas dan retak-retak

Sebagai negara yang memiliki iklim tropis, tingkatan suhu panas di Indonesia terbilang cukup tinggi.

Hal ini membuat material pelapis pada dashboard dan setir Peugeot 206 mudah mengelupas dan retak-retak karena dianggap tidak cocok dengan iklim Eropa yang lebih dingin dari Indonesia.

Kalau mau membeli Peugeot 206 bekas, pastikan bagian ini masih utuh, atau kalau pun dapat kondisinya yang sudah retak-retak, maka opsi retrim bisa ditempuh demi mengembalikan kondisi bagian yang mulai rusak tersebut.

4. Gaya Berkendara Kurang Nyaman

Memiliki ruang kabin yang terbilang kecil, membuat jok belakang mobil ini terlalu tegak serta ruang kaki yang sempit.

Di sisi lain, posisi mengemudi Peugeot 206 juga dianggap kurang nyaman untuk jarak tempuh yang jauh atau perjalanan yang memakan waktu lama, misalnya akibat terjebak kemacetan panjang.

5. Suku Cadang Mulai Sulit Ditemukan

Harga Bekas Cuma Rp30 Jutaan, Pikir-Pikir Lagi Buat Beli Peugeot 206! 04

Spare part Peugeot 206 mulai sulit ditemukan

Mengenai ketersedian suku cadang, spare part Peugeot 206 sebenarnya masih dijual hingga saat ini.

Terlebih lagi, mobil tersebut pernah dirakit di Indonesia sehingga ada beberapa perusahaan komponen lokal yang bermitra dengan Peugeot untuk menyediakan suku cadang mobil tersebut.

Namun karena populasinya kini terbilang semakin langka dibanding mobil Jepangan, alhasil ketersediaan sparepart juga ikutan menghilang.

6. Beli Peugeot 206 Bekas Waspada Biaya Servis Mahal

Karena sudah cukup berumur, biasanya pengguna Peugeot 206 memiliki kendala dan juga penggantian suku cadang.

Selain ketersediaannya yang semakin langka, sparepart mobil ini untuk beberapa komponen juga jauh lebih mahal ketimbang mobil hatchback Jepangan.

Begitu pula ketika harus ada perbaikan pada sistem pendingin udara atau AC.

Permasalahan yang seringkali timbul adalah munculnya suara berisik dari kompresor yang selanjutnya menyebabkan suhu kabin menjadi panas.

Bicara soal perbaikan AC, biasanya akan merogoh isi kantong cukup dalam.

7. Parts Body Sulit Didapatkan

Harga Bekas Cuma Rp30 Jutaan, Pikir-Pikir Lagi Buat Beli Peugeot 206! 05

Parts body Peugeot 206 seringkali harus gunakan komponen kampakan

Melihat populasinya yang semakin sedikit dan sudah tak lagi dijual di Indonesia sejak 2006, membuat parts atau bagian body Peugeot 206 sulit untuk didapatkan.

Dengan begitu kalian harus lebih behati-hati ketika bekendara menggunakan mobil ini jika tidak ingin berakhir di kampakan.

8. Kelistrikan dan Gear Box Matic Lemah

Beberapa pemilik Peugeot 206 kerap kali mengalami kerusakan pada sistem kelistrikan dan juga gearbox maticnya.

Apabila kedua bagian ini mengalami kerusakan, pemilik harus siap-siap mengeluarkan biaya perbaikan yang cukup tinggi.

9. Sering Overheat di Jalan

peugeot 206 bekas

Periksa sistem pendingin mesin dan AC untuk mencegah overheating

Beberapa kasus mobil Perancis mengalami overheating di jalan juga masih ada yang menimpa pemilik Peugeot 206 bekas.

Kondisi ini seringnya akibat dua masalah, yaitu saluran radiator yang bocor atau mampet akibat kotoran, dan yang kedua bisa jadi akibat sistem AC yang kurang benar.

Jika sistem AC mengalami kerusakan misalnya kipasnya mati atau freon rusak, maka bisa berbuntut pada terjadinya overheat.

10. Bengkel Spesialis di Daerah Mulai Jarang

Ini juga wajib jadi pertimbangan saat hendak meminang Peugeot 206 seken.

Sebab selain suku cadang mulai langka dan harganya mahal, teknisi yang piawai menangani masalah mobil Perancis tersebut juga semakin jarang.

Walau begitu, kalian bisa gabung ke komunitas Peugeot 206 atau pengguna mobil Peugeot lainnya.

Dari situ bisa didapat informasi valid tentang dimana rekomendasi bengkel yang ciamik menangani masalah mobil-mobil Peugeot.

Kesimpulan

Peugeot 206 bekas merupakan city car tanpa buntut yang masuk dalam kategori entry-level dan kini harganya sangat menarik.

Meski demikian, biaya perwatan dan harga sparepartnya tidak semurah mobil Jepangan patau jadi pertimbangan.

Seperti yang sudah kami sampaikan sebelumnya, Peugeot 206 hadir dengan dua varian, standar dan sporty. Dimana tipe sporty sendiri memiliki fitur paling lengkap.

Mengenai kelebihan, mobil ini memiliki kabin yang kedap suara, handling mantap, dan stabil ketika dipacu dalam kecepatan tinggi.

Fitur lengkap, irit BBM. Untuk produksi 2005 ke atas, mobil ini juga telah mendapatkan fitur keselamatan berupa Airbag dan ABS. Selain itu juga dilengkapi dengan tilt steering serta immobilizer.

Oh iya, bicara jantung pacu, kalian tidak perlu khawatir dengan mesinnya. Karena mesin TU3JP berkapasitas 1.400 cc yang ada di Peugeot 206 bisa dibilang tidak terlalu banyak kerusakan kecuali part yang ada sudah termakan usia.

@autofun.indonesia Kalau versi bensinnya kurang menarik, yang elektrik mestinya jadi daya tarik. Gimana menurut kalian si Citroen E-C3 ini? #citroen #ec3 #citroenindonesia #mobillistrik #mobilbaru #reviewmobil ♬ Smooth jazz with a nice groove(935050) - tosuya

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Peugeot 2008 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil