window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Harga Bekas Honda Mobilio RS Lebih Murah Dari Mitsubishi Xpander Ultimate, Mana Lebih Unggul?

Yongki Sanjaya · 17 Nov, 2022 16:00

Harga Bekas Honda Mobilio RS Lebih Murah Dari Mitsubishi Xpander Ultimate, Mana Lebih Unggul? 01

Kiprah Honda Mobilio kian meredup setelah berbagai merek meluncurkan pembaharuan pada model Low MPV mereka. Kini, Honda Mobilio RS hanya tersedia dalam unit bekas. Bahkan bila melihat harga pasarannya di CARSOME, Mobilio RS bisa jauh lebih murah daripada Mitsubishi Xpander Ultimate.

Padahal bila melihat strata keduanya, Xpander Ultimate ataupun Mobilio RS sama-sama menjadi tipe tertinggi. Memang, Xpander pamornya lebih melesat karena unggul dari sisi kenyamanan. Sementara itu, orang mulai melupakan Mobilio karena desainnya yang mirip seperti Brio, dan pastinya Brio harganya jauh lebih murah. Sebagai perbandingan, harga pasaran termurah Xpander Ultimate 2018 di angka Rp205 juta, sementara Mobilio RS Rp184 juta. 

Baca juga:

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Selisih Rp3,9 Juta, Ini Bedanya Mitsubishi Xpander Ultimate dan Sport

7 Faktor Kenyamanan Terbaik di Mitsubishi Xpander 2021, MPV Impian Keluarga Indonesia

Biar Tidak Bingung, Begini Cara Ketahui Perbedaan Mitsubishi Xpander 2021 dan Nissan Livina 2021

Selisihnya lumayan jauh, mencapai lebih dari Rp30 juta antara kedua model dengan tahun yang sama. Kamu yang lagi cari mobil keluarga, mungkin berpikiran kalau Xpander Ultimate yang pasarannya lebih mahal bisa unggul di banyak aspek. Supaya sesuai antara kebutuhan dan budget kamu, mari kita bandingkan kedua model ini.

Honda Mobilio RS, Versi MPV Dari Honda Brio?

Harga Bekas Honda Mobilio RS Lebih Murah Dari Mitsubishi Xpander Ultimate, Mana Lebih Unggul? 01

Untuk Mobilio RS sebagai tipe tertinggi sudah dibekali penyejuk udara AC auto climate yang membuat suhu kabin menjadi lebih nyaman. Head unit berukuran 8 inci untuk Mobilio RS sebagai varian tertinggi terpasang pada dashboard. Fitur hiburannya didukung oleh 6 speaker premium yang menemani sepanjang perjalanan.

Makin praktis, head unitnya sudah didukung dengan konektivitas USB, AUX, Bluetooth dan konektivitas smartphone termasuk Android Mode dengan menggunakan Smart App. Karena memanfaatkan platform yang sama seperti Brio, maka interior di Mobilio ini bakal mirip dengan city car tersebut. Pada bagian dashboard, kita pasti sudah tidak asing dengan desain yang sama persis seperti Brio RS, bedanya hanya pada aksen warna dan beberapa hal minor lain. 

Untuk memaksimalkan kenyamanan perjalanan bersama keluarga, Honda Mobilio ini juga dilengkapi dengan ruang bagasi seluas 223 Liter. Bagasinya dapat menampung sepeda lipat, koper, galon hingga 5 tas berukuran sedang. Bicara dukungan akomodasi, Honda Mobilio dilengkapi dengan cup holder di berbagai sisi serta charging port di bagian depan.

Fitur Keselamatan di Honda Mobilio RS, Seberapa Lengkap?

Harga Bekas Honda Mobilio RS Lebih Murah Dari Mitsubishi Xpander Ultimate, Mana Lebih Unggul? 02

Adapun fitur keselamatan dasar di Honda Mobilio memiliki Dual Front-SRS Airbags, 3 Point Seatbelt di semua kursinya, Seatbelt Reminder untuk barisan depan, serta fitur Isofix. Ada pula beberapa fitur keselamatan tambahan yang disematkan pada Honda Mobilio, seperti immobilizer, alarm system, dan auto door lock by speed.

Selain itu, untuk memaksimalkan perlindungan, Honda Mobilio dibekali Dual Front SRS Airbags dan sistem pengeremannya dilengkapi ABS (Anti-lock Braking System) yang berfungsi untuk mengurangi gejala penguncian ban saat pengereman. Didukung juga dengan EBD (Electronic Brake- Distribusi kekuatan) yang membantu. bagi tekanan pengereman secara merata ke setiap roda mobil.

Khusus untuk tipe RS, Honda Mobilio dilengkapi fitur Vehicle Stability Assist (VSA) yang berfungsi untuk menstabilkan manuver kendaraan ketika bermanuver, sehingga tidak limbung. Hadirnya Hill Start Assist (HSA) akan membantu menahan kendaraan agar tidak bergerak mundur saat kaki berpindah dari pedal rem ke pedal gas saat di tanjakan.

Honda Mobilio, Low MPV dengan Tenaga Terbesar

Harga Bekas Honda Mobilio RS Lebih Murah Dari Mitsubishi Xpander Ultimate, Mana Lebih Unggul? 03

Bicara soal performa, hal inilah yang jadi keunggulan utama di Honda Mobilio. Low MPV andalan Honda Prospect Motor ini menggunakan mesin 1.5L L15Z i-VTEC I4 yang mampu mengeluarkan tenaga 118 PS pada 6.600 rpm dan torsi maksimal 145 Nm pada 4.600 rpm. Daya itu disalurkan ke roda depan, melalui transmisi CVT atau transmisi manual lima percepatan.

Mitsubishi Xpander Ultimate Pre Facelift, MPV Ternyaman Untuk Keluarga

Harga Bekas Honda Mobilio RS Lebih Murah Dari Mitsubishi Xpander Ultimate, Mana Lebih Unggul? 04

Mitsubishi Xpander yang debut pada 2017 hadir sebagai MPV dengan kelengkapan fitur dan kenyamanan berkendara yang kualitasnya lebih dari sekedar mobil keluarga biasa. Bicara soal Mitsubishi Xpander, maka nilai utama yang bakal kalian dapat dari mobil ini ialah soal kenyamanan dan desain yang stylish. 

Desain lampu Xpander yang tajam, ditambah dengan aksen chrome yang begitu terpampang secara jelas di bagian depan, memberikan nuansa modern sekaligus atletis.  Mitsubishi menyebutnya sebagai Dynamic Shield, di mana desain tersebut kini sudah menjadi identitas utama pada line up Mitsubishi.

Mitsubishi Xpander Ultimate memiliki panjang 4.475 mm, lebar 1.175 mm dan tinggi 1.700 mm. Soal ground clearance, Mitsubishi Xpander sangat mencirikan gaya SUV. 

Harga Bekas Honda Mobilio RS Lebih Murah Dari Mitsubishi Xpander Ultimate, Mana Lebih Unggul? 05

Xpander Ultimate yang memakai velg berukuran 16-inci, membuat jarak terendah dengan tanah bisa setinggi 205 mm. Kelebihan lain dari Mitsubishi Xpander yaitu memiliki ruang kabin yang luas serta kedap suara. Ini karena Mitsubishi Xpander mendapatkan peredam kabin dengan lapisan yang cukup tebal. 

Dalam hal kenyamanan, Xpander lebih baik dari Mobilio dengan bantingan suspensi empuk. Lebar ban ukuran 205 milik Xpander turut menambah kestabilan di kecepatan tinggi, rasanya lebih menjejak aspal. Itu tadi sekilas soal penampilan dan kenyamanan berkendara, bagaimana soal kelengkapan fiturnya?

Interior Mitsubishi Xpander Ultimate, Terkesan Nyaman

Harga Bekas Honda Mobilio RS Lebih Murah Dari Mitsubishi Xpander Ultimate, Mana Lebih Unggul? 06

Xpander Ultimate menggunakan warna beige yang cerah dengan bahan jok fabric. Ini menciptakan kesan lapang dan homey namun risikonya lebih mudah kotor. Hal menarik dari mobil ini ialah  pada sisi kanan kemudi Mitsubishi Xpander Ultimate sudah dibekali dengan tombol cruise control.

Xpander sudah didukung dengan teknologi keyless dan tombol start/stop untuk menyalakan atau mematikan mesin. Lebih lanjut, LMPV andalan Mistubishi ini sudah dilengkapi fitur tilt dan telescopic yang bisa diatur tingkat ketinggiannya dan jarak lingkar kemudinya. Agak disayangkan soal fitur multimedia di Xpander tipe Ultimate hanya mendapatkan 6-speaker, namun tetap dapat menghasilkan kualitas suara dengan lebih baik.

Xpander memiliki banyak ruang penyimpanan besar dan kecil di pintu atau dinding pada baris ketiga. Konsol ini dapat menampung segala sesuatu mulai dari barang bawaan yang sangat besar hingga smartphone dan koin. Mitsubishi juga menyematkan power outlet dari baris pertama, kedua dan ketiga.

Bicara fitur keselamatannya, Xpander Ultimate mendapatkan fitur berupa ABS + EBD, Brake Assist (BA), Dual SRS Airbags, 3P ELR seatbelt pretensioner x2 with force limiter and seatbelt reminder buzzer, ISO-FIX Child Seat Anchor x 2 for 2nd Row Seat, Active Stability & Traction Control (ASC + TCL), Hill Start Assist (HSA) dan Parking Sensor + Rear View Camera.

Performa Mitsubishi Xpander Ultimate Kalah Tenaga

Harga Bekas Honda Mobilio RS Lebih Murah Dari Mitsubishi Xpander Ultimate, Mana Lebih Unggul? 07

Karena fokus utama pada aspek kenyamanan berkendara dan penampilan yang stylish, maka sektor dapur pacu pada Xpander Ultimate tak seganas para rival. Mobil ini dibenamkan  mesin berkode 4A91 empat silinder segaris dengan teknologi MIVEC (Mitsubishi Innovative Valve Timing Electronic Control).

Mesin 1.5L berteknologi MIVEC DOHC 16 Valve berkapasitas 1.499 cc yang dapat memuntahkan tenaga 105 PS @6.000 rpm serta torsi 141 Nm @4.000 rpm. Layout mesinnya memakai struktur transverse (melintang) sebagai ciri khas mobil penggerak roda depan, dengan opsi transmisi otomatis konvensional 4-speed atau manual 5-speed. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Honda Mobilio S MT 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil