window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Harga Bekas Lebih Murah dari Suzuki APV, Ini Kelebihan dan Kekurangan Mitsubishi Maven

Enda · 10 Apr, 2023 16:30

Kelebihan dan kekurangan Mitsubishi Maven

Melihat adanya peluang cukup besar di segmen MPV, membuat salah satu pabrikan otmotif asal Jepang berlogo tiga berlian menghadirkan Mitsubishi Maven di Indonesia pada tahun 2005. Maven sendiri merupakan rebadge dari Suzuki APV yang mana lebih dulu mewarnai kancah otomotif Tanah Air.

Meski memiliki banyak persamaan, antara Suzuki APV dengan Mitsubishi Maven mempunyai beberapa perbedaan seperti grill, velg, dan mesin. Sekedar informasi saja, untuk pasaran harga bekas Maven kini berada di angka Rp50 jutaan. Harga yang ditawarkan tersebut lebih murah Rp5 juta dari saudara kembarnya. Apabila tertarik dengan Mistubishi Maven, ada baiknya ketahui kelebihan dan kekurangannya melalui ulasan di bawah ini.

Baca juga: Suzuki APV vs Daihatsu Luxio Tipe Terbawah, Mana Paling Oke Sebagai Minibus Andalan Travel?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });
  • 2013 Suzuki APV GX ARENA 1.5

    Rp 113,40 Juta
    Rp 2,05 Juta
    /bulan

    37.210 km

    10,5 tahun

    Jakarta

  • 2019 Suzuki APV LUXURY 1.5

    Rp 175,50 Juta
    Rp 3,17 Juta
    /bulan

    55.433 km

    4,5 tahun

    Jakarta

  • 2018 Suzuki APV GL 1.5

    Rp 126,10 Juta
    Rp 2,28 Juta
    /bulan

    83.375 km

    5 tahun

    Jakarta

Kelebihan Mitsubishi Maven

1. Tampil Ekstetik dengan Fitur Cukup Lengkap

Kelebihan dan kekurangan Mitsubishi Maven

Tampilan depan Mitsubishi Maven GLX

Mitsubishi Maven untuk pasar Tanah Air memiliki dua tipe, GLX dan GLS. Bila dibandingkan dengan saudara kembarnya, secara tampilan mobil ini terlihat lebih estetik. Dimana untuk grillnya memiliki kesan lebih dinamis sekaligus modern. Bahkan untuk tipe teratasnya, GLS, berhasil mendapatkan aksen krom pada grill dan garnish belakang sebagai pemanis penampilan.

Lainnya, tipe GLS berhasil mendapatkan foglamp yang mampu meningkatkan visibilitas ketika berkendara di malam hari. Tak hanya itu, untuk pengaturan spionnya sudah mengusung teknologi electric mirror. Meski begitu, kedua tipe berhasil disematkan rear wiper yang memudahkan pengemudi ketika ingin melihat objek di belakang.

Bicara soal fitur yang ada di dalam, kedua varian berhasil tersematkan power window, power steering dan AC guna memberikan kenyamanan selama berkendara. Pada instrument clusternya menggunakan tampilan digital untuk jarak tempuh kendaraan, sedangkan rpm, kecepatan dan beberapa informasi lainnya masih memakai tampilan analog. 

Pada tipe teratas, mobil ini mendapatkan AC double blower di baris kedua yang berfungsi untuk mendistribusikan udara sejuk hingga penumpang paling belakang.

2. Pandangan Mengemudi Luas

Kelebihan dan kekurangan Mitsubishi Maven

Dari segi pandangan mengemudi, Mitsubishi Maven terbilang luas. Hal ini terjadi karena posisi duduknya yang tinggi, kaca depan lebar, serta dashboardnya yang dibuat tidak terlalu tinggi.

Melihat objek di belakang melalui spion samping pun terasa mudah karena ukurannya yang besar, ditambah jendela samping dan kaca belakang yang lebar.

3. Kabin Luas Bisa Memuat 8 Orang

Kelebihan dan kekurangan Mitsubishi Maven

Mitsubishi Maven menggunakan jok menghadap ke depan dengan konfigurasi 2+3+3. Dapat diisi 8 orang sekaligus, baris keduanya mobil ini dilengkapi arm rest yang bisa dibuka tutup.

Meski sanggup memuat penumpang banyak, kabin mobil ini terasa luas berkat legroom dan headroom yang dibuat berjarak. Berkat kabin yang luas, kalian juga bisa membawa barang dengan jumlah cukup banyak. Pada bagasinya, mobil ini bisa membawa empat galon sekaligus atau dua koper berukuran besar tahpa harus melipat jok belakang.

4. Spare Part Murah dan Mudah Ditemukan

Kelebihan dan kekurangan Mitsubishi Maven

Dibuat berdasarkan Suzuki APV, kalian tidak perlu khawatir kesulitan untuk mendapatkan spare part. Seperti kaki-kaki dan body ‘plug and play’ dengan saudara kembarnya tersebut. Untuk harganya pun cenderung terjangkau tidak akan menguras isi dompet terlalu dalam.

Baca juga: 5 Fakta Menarik Mitsubishi Maven, Spesifikasi Cakep Tapi Kurang Laku

Kekurangan Mitsubishi Maven

1. Performa Lebih Kecil dari APV dan Boros Bahan Bakar

Kelebihan dan kekurangan Mitsubishi Maven

Mesin 4G15 Mitsubishi Maven

Berbeda dengan saudara kembarnya, Mitsubishi Maven berbekal mesin 4G15 Multi Point Injection, SOHC 12-valve yang juga dipakai oleh T120SS. Menurut data di atas kertas, mesin berkapasitas 1.468 cc yang dipakai dapat meletupkan tenaga 88 PS di 5.750 rpm serta torsi maksimal 114,7 Nm pada putaran 2.750 rpm.

Untuk performa yang dihasilkan masih berada di bawah APV. Beberapa pemilik menyebutkan bahwa untuk konsumsi BBM nya sedikit lebih boros dari saudara kembarnya tersebut.

2. Tidak Ada Pilihan Transmisi Matic

Mengenai sistem pengoperasiannya baik varian GLX maupun GLS dipadukan dengan transmisi manual 5-percepatan. Berbeda dengan APV, pada tipe teratasnya mendapatkan opsi transmisi matic 4-percepatan.

3. Mesin Diletakan di Bawah

Kelebihan dan kekurangan Mitsubishi Maven

Kekurangan lain yang ada pada mobil ini yaitu mesinnya yang diletakan di bawah jok pengemudi dan penumpang depan. Posisi mesin di bawah menghasilkan panas berlebih di dalam kabin yang dapat mengurangi rasa nyaman dalam berkendara. Terlebih juga untuk peredamnya mobil ini tipis.

Selain mengurangi kesan nyaman, kekurangan lain ada pada faktor keselamatan. Hal itu dikarenakan di bagian depannya untuk bonnet sangat pendek sehingga serapan energi ke kabin ketika mengalami tumbukan sangat besar.

4. Suspensi Keras dan Limbung

Berbekal suspensi Mac Pherson Strut & coil springs di depan dan 3-link rigid axle with coil springs pada roda belakang, untuk bantingan yang dihasilkan terbilang keras ketika melewati jalan berkontur. Tak hanya itu, mobil ini juga terasa limbung ketika dipacu dalam kecepatan tinggi berkat tubuhnya yang bongsor serta minim tingkat keaerodinamisan berkendara.

Kesimpulan

Pasaran harga bekas lebih murah dari Suzuki APV, Mitsubishi Maven mudah dan murah dari segi perawatan karena memiliki banyak kesamaan dengan saudara kembarnya.

Sebagai mobil keluarga terjangkau, secara kapasitas daya tampung Maven sanggup diisi hingga 8 orang tanpa mengurangi rasa nyaman berkat kabin serta pandangan mengemudi yang luas. Ruang kabin yang besar juga bisa memberikan kemudahan kepada pemilik ketika membawa barang dengan jumlah banyak.

Namun untuk kelemahannya mobil ini tidak tersedia pilihan transmisi otomatis serta performa di bawah APV dan lebih boros bahan bakar. Selain itu, mobil ini terasa limbung ketika dipacu dalam kecepatan tinggi dan terasa sedikit panas di dalam kabin, berkat mesin yang diletakan di bawah serta peredamnya yang tipis.

Baca juga: Jangan Sampai Salah, Ini Bedanya Mitsubishi Maven dengan Suzuki APV

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Suzuki APV Arena Blind Van

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil