window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Harga Bekas Mirip, Apakah Mitsubishi Kuda Diesel Lebih Tangguh Ketimbang Isuzu Panther?

Enda · 28 Jun, 2022 17:30

Mitsubishi Kuda diesel vs Isuzu Panther

Mitsubishi Kuda diesel dan Isuzu Panther hingga kini masih terus diburu kondisi bekasnya. Hal ini terjadi lantaran keduanya diminati karena memiliki tingkat durabilitas tinggi, mudah dalam perawatan, hemat bahan bakar, serta dapat diandalkan dalam mendukung kegiatan sehari-hari.

Sebagai minibus dengan konfigurasi tujuh penumpang, baik Mitsubishi Kuda diesel maupun Isuzu Panther ditawarkan dengan harga berkas yang beragam. Dengan budget Rp80 jutaan, kalian bisa mendapatkan Mitsubishi Kuda diesel lansiran tahun 2004, sedangkan untuk Isuzu Panther produksi tahun 2000.

Bagi kalian yang sering merasa bingung antara pilih Mitsubishi Kuda diesel atau Isuzu Panther untuk mobilitas sehari-hari, baiknya simak ulasan mengenai keduanya berikut ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Adu Kenyamanan Interior Isuzu Panther Grand Touring vs Toyota Kijang Innova Diesel Barong, 'Si Kucing Besar' Fiturnya Low Profile

Mitsubishi Kuda Diesel Kalah di Tenaga dan Torsi

Mitsubishi Kuda diesel

Mesin 4D56 Mitsubishi Kuda diesel kalah tenaga dan torsi dari Isuzu Panther

Bagi kalian yang belum tahu, Mitsubishi Kuda diesel disematkan jantung pacu kepunyaan L300. Di atas kertas, mesin 4D56 2.5L SOHC 4-silinder segaris yang digunakan mampu melecutkan tenaga hingga 75 PS @4.200 rpm serta torsi 143 Nm @2.500 rpm.

Bicara Isuzu Panther, generasi pertama kapsul dibenamkan mesin 4ja1 2.500 cc 4-silinder segaris OHV Direct Injection yang dapat menghasilkan tenaga sebesar 80 PS @3.900 rpm dengan torsi 170 Nm @2.300 rpm.

Punya tenaga dan torsi lebih jumawa, tarikan awal Isuzu Panther terasa lebih ‘ngejambak’ dibandingkan Mitsubishi Kuda diesel. Dengan begitu tak heran apabila Isuzu Panther terasa lebih mudah dikendarai ketika melintasi jalan yang menanjak dan menurun.

Konsumsi BBM Mitsubishi Kuda Diesel dan Isuzu Panther Hampir Mirip

Mitsubishi Kuda diesel

Konsumsi BBM Mitsubishi Kuda diesel dan Isuzu Panther sepadan

Bicara konsumsi BBM, Mitsubishi Kuda diesel untuk penggunaan dalam kotanya mampu menempuh jarak 12 km/liter dan luar kota mampu menorehkan angka 16 km/liter.

Sementara itu, Isuzu Panther, beberapa pengetesan yang pernah dilakukan untuk pemakaian dalam kotanya mencapai angka 12 km/liter. Beda halnya penggunaan luar kota, konsumsi bahan bakar solarnya mobil ini tembus 14-16 km/liter.

Bermodalkan Timming Belt, Mitsubishi Kuda Diesel Perlu Mendapatkan Perhatian Lebih

Mitsubishi Kuda diesel

Mitsubishi Kuda diesel masih menggunakan timming belt

Sama seperti Kijang Kapsul, Mitsubishi Kuda diesel juga masih mengandalkan timming belt. Beda halnya Isuzu Panther, mobil ini sudah memakai timming gear. Secara fungsional, timming belt maupun timming gear sendiri berguna untuk menggerakan crankshaft dengan camshaft secara selaras di mesin mobil.

Timming belt yang ada di Mitsubishi Kuda diesel memiliki masa pakai yang harus selalu diperhatikan. Pada umumnya, mobil yang masih menggunakan timming belt harus lebih disiplin dalam melakukan pergantian maksimal setiap 100.000 km. Apabila pemilik mobil lupa melakukan pergantian, gejala yang umumnya terjadi adalah timming belt putus ketika mobil sedang digunakan.

Apabila hal tersebut terjadi, mesin mobil biasanya akan mati seketika akibat piston yang bertabrakan dengan klep. Oh iya, timming belt sendiri akan mudah rusak bila terkena oli, bensin, dan semacam cairan lainnya karena berbahan dasar karet.

Baca juga: Isuzu Panther Kapsul Vs Toyota Kijang Kapsul Diesel, Mana yang Lebih Bertenaga?

Bantingan Empuk, Kaki-kaki Isuzu Panther Lebih Cengeng

Isuzu Panther

Bantingan Isuzu Panther terasa lebih empuk

Dari rasa berkendara, Isuzu Panther terasa lebih empuk ketimbang Mitsubishi Kuda diesel untuk bantingan yang dihasilkan. Meski lebih nyaman, untuk kaki-kakinya Isuzu Panther sendiri mudah rusak apabila sering membawa muatan berat, serta melewati jalan berkontur terlebih jarang melakukan perawatan.

Kerusakan yang kerap kali terjadi ada di kaki-kaki bagian depan. Dimana kerusakan biasanya muncul pada bearing, bushing strutbar, shockbreaker, ball joint, tierod dan long tierod.

Untuk bearing bagian depannya, mobil ini menggunakan jenis tapered roller bearing. Kejadian bearing mudah sekali longgar, karena tapered bearing adalah jenis bearing yang dapat disetel dan bukan termasuk bearing paten.

Demi memberikan keawetan bearing, kalian bisa melakukan pengecekan secara rutin terlebih pada tingkat kekencangan setelan bearing. Mengenai kelebihannya, bearing model mampu menahan tekanan beban dari arah samping sisi luar dan samping sisi dalam dengan sangat baik.

AC Mitsubishi Kuda Diesel Kalah Dingin Sama Isuzu Panther

Mitsubishi Kuda diesel

AC Mitsubishi Kuda diesel gak sedingin Isuzu Panther

Mengenai sistem pendingin udaranya, dalam kondisi normal Isuzu Panther terasa lebih dingin ketimbang Mitsubishi Kuda diesel. Hal tersebut dikarenakan Isuzu Panther memiliki kompresor lebih besar yang digerakan oleh dua v-belt.

Memiliki AC yang lebih dingin, tentunya kabin akan lebih cepat sejuk hingga baris paling belakang.

Perawatan Isuzu Panther dan Mitsubishi Kuda Diesel Sama-sama Mudah dan Murah

Mitsubishi Kuda diesel

Perawatan Mitsubishi Kuda diesel dan Isuzu Panther mudah

Menyoal perawatan, baik Isuzu Panther maupun Mitsubishi Kuda diesel ini terbilang mudah dan murah. Di pasaran untuk spare part keduanya masih mudah dijumpai dan harganya pun bersaing.

Guna menghindari mogok di jalan, baiknya sering melakukan tune up, membersihkan dan stel bospom. Tak ketinggalan rutin menganti oli, filter oli dan filter solar secara teratur, serta selalu menambahkan bahan bakar saat jarum berada di posisi setengah.

Kesimpulan

Setelah membahas keduanya, secara konklusi Isuzu Panther terasa lebih mudah digunakan di jalan yang menanjak dan menurun berkat tenaga dan torsi yang melimpah. Untuk konsumsi BBM yang dihasilkan, keduanya terbilang irit dengan angka perolehan yang sama.

Melihat dari segi perawatan khusunya di sektor mesin, Isuzu Panther lebih mudah karena menggunakan timming gear beda dengan Mitsubishi Kuda diesel yang masih mengandalkan timming belt. Namun untuk kaki-kakinya, Mitsubishi Kuda diesel terasa jauh lebih bandel dan jarang mengalami masalah.

Baca juga: Mulai Dari Rp35 jutaan, Perhatikan Hal Berikut Sebelum Membeli Mitsubishi Kuda Diesel dan Bensin

 

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Isuzu Panther SMART

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil