window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Harga Bekas Sama, Pilih Suzuki Ertiga atau Toyota Calya?

Enda · 7 Des, 2022 15:30

Harga bekas Suzuki Ertiga

Nama Suzuki Ertiga kerap kali masuk dalam daftar pilihan mobil keluarga dengan harga terjangkau. Untuk harga bekasnya, di CARSOME Ertiga GL manual 2014 dibandrol Rp124 juta atau setara dengan Toyota Calya G 2019.

Baik Ertiga maupun Calya secara konfigurasi sanggup dimuati hingga 7 orang sekaligus. Namun secara kelas keduanya berbeda. Seperti yang diketahui Ertiga bermain di segmen Low MPV, sedangkan Calya masuk dalam kategori LCGC.

Punya harga bekas yang sama, untuk mobil keluarga mending pilih Suzuki Ertiga atau Toyota Calya? Guna mengetahui lebih dekat keduanya, simak perbandingan melalui ulasan berikut.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Ternyata Toyota Calya 2022 Punya Varian Luxury, Beda Harganya Lumayan Banyak!

Dimensi Lebih Besar, Suzuki Ertiga Lebih Nyaman

Harga bekas Suzuki Ertiga

Sama-sama sanggup dimuati hingga 7 orang, Suzuki Ertiga tentu terasa lebih nyaman ketika digunakan berpergian bersama keluarga bila dibandingkan dengan Toyota Calya.

Pertama dari segi dimensi, Suzuki Ertiga memiliki panjang 4.265 mm, lebar 1.695 mm dan tinggi 1.685 mm. Bila dibandingkan dengan Toyota Calya, tentu Ertiga lebih besar.

Menurut data, secara dimensi Calya mempunyai panjang 4.070 mm, lebar 1.650 mm dan tinggi 1.600 mm.

Selain dimensi lebih besar yang menyuguhkan keleluasan berkendara, Suzuki Ertiga juga memiliki jok tebal dan bantingan yang lebih empuk.

Harga bekas Suzuki Ertiga

Baris kedua Suzuki Ertiga

Tak hanya itu, pada baris keduanya Ertiga juga sudah dilengkapi AC double blower yang mampu menghembuskan udara sejuk hingga baris paling belakangnya. Berbeda dengan Toyota Calya, mobil ini hanya mengandalkan air circulator yang meneruskan udara sejuk dari depan ke belakang.

Fitur Unggulan Suzuki Ertiga GL Kalah Komplit

Harga bekas Toyota Calya

Fitur Toyota Calya G lebih lengkap

Bicara fitur unggulan yang ada pada Suzuki Ertiga GL lansiran 2014, mobil ini berhasil dibenamkan head unit 2-din model tanam pada centec clusternya. Secara penampilan terlihat modern, untuk sistem hiburannya sebenarnya terbilang jadul karena belum bisa menampilkan visual video dan hanya mendukung format CD mp3.

Meski begitu tipe tengah Suzuki Ertiga ini sudah dilengkapi banyak laci penyimpanan barang termasuk cup holder, power window, electric mirror, tilt steering dan EPS.

Bagaimana dengan Toyota Calya? Sebagai tipe teratasnya, mobil ini telah mendapatkan head unit double din layar sentuh yang dapat dikendalikan melalui tombol pada lingkar kemudinya. Walaupun laci penyimpanan barang yang ditawarkan tak sebanyak Ertiga, didalamnya kalian bisa menjumpai fitur seperti power window, pengaturan spion electric dengan retractable dan jok baris ketiga yang sudah dilengkapi head rest.

Baca juga: Mobil Keluarga Murah Under Rp200 Juta: Pilih Toyota Calya Baru Atau Wuling Cortez 1.8 Bekas 2018 yang Harga Pasarannya Mirip?

Fitur Keselamatan Toyota Calya Lebih Lengkap

Harga bekas Toyota Calya

Fitur keselamatan Toyota Calya G lebih lengkap ketimbang Suzuki Ertiga GL

Suzuki Ertiga GL 2014 untuk fitur keselamatannya hanya mengandalkan seat belt serta side impact beam di bagian samping untuk melindungi pengemudi serta para penumpang jika terjadi tabrakan atau benturan keras. 

Mengetahui fitur keselamatan yang ada pada varian teratas Calya, mobil ini telah didukung dengan dual SRS airbag di depan, seat belt with pretensioner & force limiter, ABS & EBD, side impact beam, serta parking sensor.

Suzuki Ertiga Menang Tenaga Tapi Kalah Irit dari Calya

Harga bekas Suzuki Ertiga

Mesin K14B Suzuki Ertiga

Untuk jantung pacunya, Suzuki Ertiga 2014 dibekali mesin 1.400 cc K14B DOHC-VVT 4 silinder segaris 16 valve Multi Point Injection dengan durabilitas tinggi. Di atas kertas jantung pacunya sanggup memuntahkan tenaga maksimal 95 PS di 6.000 rpm serta torsi puncak sebesar 130 Nm pada putaran 4.000 rpm.

Bicara Toyota Calya, mobil ini mengandalkan mesin 1.200 cc berkodekan 3NR-VE, 4-silinder segaris DOHC Dual VVT-i yang dapat memeras tenaga hingga 88 PS di 6.000 rpm serta torsi maksimal mencapai 107 Nm pada putaran 4.200 rpm.

Baik Ertiga maupun Calya yang dijual Rp124 juta di CARSOME ini sama-sama dipadukan transmisi manual 5-percepatan berpenggerak roda depan.

Mengenai konsumsi BBM nya, pemakaian normal dalam kota Ertiga sanggup menempuh jarak 12-13 km/liter. Sedangkan Calya mampu berjalan 14 hingga 16 km/liter.  

Kesimpulan

Perbandingan antara Suzuki Ertiga GL manual 2014 dengan Toyota Calya G manual 2019 berhasil kami sampaikan di atas. Memiliki harga bekas yang sama di CARSOME, apabila kalian lebih mengincar fitur unggulan dan keselamatan, produksi tahun muda, serta mudah sekaligus murah dalam hal perawatan, memilih Calya sebagai mobil keluarga adalah pilihan yang tepat.

Namun apabila pertimbangan lain lebih kepada kenyamanan berkendara, kabin luas, serta memiliki performa besar, menjatuhkan pilihan pada Suzuki Ertiga merupakan pilihan yang bijak.  

Baca juga: Suzuki Ertiga Bekas Generasi Pertama Harganya Sudah di Bawah Rp100 Juta, Tapi Pertimbangkan Hal Ini

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Toyota Calya E MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil