Harga Bekas Sepadan, Timor S515 Lebih Layak Dipilih Ketimbang Toyota Soluna?

Enda · 26 Nov, 2021 16:30

Toyota Soluna

Toyota Soluna vs Timor S515 

Bicara mobil bekas jenis sedan sub-kompak di harga Rp25 jutaan, Toyota Soluna maupun Timor S515 saat ini bisa jadi bahan pertimbangan. Selain memiliki harga bekas yang terjangkau, keduanya juga terbukti mudah dalam perawatan dan nyaman untuk ditunggangi.

Di Tanah Air, Soluna dan S515 muncul di era 90-an. Dimana Timor S515 diperkenalkan pada tahun 1996, sedangkan Toyota Soluna satu tahun setelahnya. Karena memiliki mesin yang bandel serta irit dalam penggunaan bahan bakar, saat itu keduanya banyak digunakan sebagai armada taksi oleh beberapa operator taksi ternama.

Seringkali merasa galau antara menjatuhkan pilihan terhadap Toyota Soluna atau Timor S515? Daripada bingung, simak ulasan kedua di bawah ini.

Baca juga: Kisah 'Mobil Nasional' Bikinan Indonesia, Mulai Morina Sampai Esemka

Tampilan Toyota Soluna Terkesan Lebih Jadul Dibandingkan Timor S515

Timor S515

Tampilan depan Timor S515

Mengenai tampilan, setiap orang sebenarnya memiliki seleranya masing-masing. Namun menurut pandangan kami, Timor S515 terlihat jauh lebih modern dibandingkan Toyota Soluna.

Hal ini dibuktikan dari tampilan luarnya, S515 mempunyai bentuk yang lebih membulat dari Soluna. Pada bagian wajahnya, mobil ini bisa dibilang cukup dinamis sekaligus atraktif berkat disematkan lampu utama berbentuk pipih yang terhubung dengan lampu sein di kedua sisinya.

Di bagian ujung bumpernya, kalian juga bisa menemukan fog lamp yang dapat memberikan tingkat visibilitas pengemudi saat berkendara di malam hari. Pada tampilan sampingnya, S515 juga terlihat lebih membulat dibandingkan Soluna dan terdapat side moulding yang berguna untuk memberikan perlindungan terhadap pintu.

Timor S515

Tampilan belakang Timor S515

Untuk bagian belakangnya, stop lamp Timor S515 dibuat seolah tehubung dengan kedua sisinya dengan adanya garnish ditengahnya. Uniknya, sinyal lampu mundur mobil ini diletakan di garnish sebagai ciri khasnya.

Toyota Soluna

Tampilan depan Toyota Soluna

Bicara Toyota Soluna, secara tampilan mobil ini terlihat lebih kaku. Dimana bodynya tidak banyak mengemplementasikan bentuk bulat. Di bagian depannya, mobil ini terlihat sederhana dengan disematkannya dua buah lampu utama serta lampu sinyal untuk berbelok yang dibuat menyatu seperti bentuk daun. Pada bumpernya, mobil ini belum dilengkapi dengan foglamp.

Bergeser ke sisi samping, Soluna juga terlihat sederhana. Mobil ini tidak banyak mendapatkan lekukan namun sudah disematkan side moulding di setiap pintunya. Begitupun buritannya, Soluna tampak kaku karena tidak banyak menerima desain berbentuk bulat dan terlihat polos.

Toyota Soluna

Interior Toyota Soluna Xli

Begitupun pada bagian dalamnya, Timor S515 terlihat lebih modern berkat tampilannya yang lebih membulat serta center cluster yang dibuat condong ke arah pengemudi sehingga terasa lebih ergonomis.

Baca juga: Harga Bekas Menggiurkan, Ini Kelebihan dan Kekurangan Toyota Soluna

Fitur Toyota Soluna Kalah Lengkap dari Timor S515

Timor S515

Fitur Timor S515 lebih lengkap dibanding Toyota Soluna

Seperti yang diketahui Timor S515 sudah dilengkapi dengan Air Conditioner (AC), power steering, tilt steering dan power windows. Namun mobil ini belum dilengkapi dengan electric mirror. Untuk fitur keselamatannya, S515 berhasil diaplikasikan side impact beam, sabuk keselamatan tiga titik, dan khusus untuk penumpang depan posisi ketinggiannya dapat diatur.

Selain itu, mobil ini juga mendapatkan crumple zone di bagian depan yang mampu meredam jika terjadi benturan. Mengenai sistem pengeremannya, Timor S515 menggunakan rem cakram di bagian depan, serta rem tromol di belakang.

Mengetahui fitur yang ada di Toyota Soluna, tipe Xli sebagai varian terendahnya yang dibandrol Rp25 jutaan sudah dilengkapi Air Conditioner (AC), power steering, namun belum mendapatkan electric mirror dan power window. Jika bicara fitur keselamatannya, mobil ini tidak kalah dengan Timor S515. Pasalnya Soluna berhasil disematkan side impact beam, serta sabuk keselamatan tiga titik. Bukan cuma itu, mobil ini juga memperoleh crumple zone.

Sistem pengeremannya sendiri Toyota Soluna juga sudah menggunakan rem cakram di bagian depan, serta rem tromol di belakang.

Sama-sama 1.500 Cc, Toyota Soluna Lebih Bertenaga dan Mudah dalam Perawatan

Toyota Soluna

Toyota Soluna memperoleh mesin 1.5L dengan teknologi Twin-cam EFI

Melihat spesifikasinya, Toyota Soluna dibenamkan mesin 1.500 cc berkodekan 5A-FE 4 silinder segaris 16 valve DOHC dengan teknologi Twin-cam EFI yang dapat memuntahkan tenaga sebesar 95 PS @5.600 rpm serta torsi puncak 124 Nm @4.800 rpm.

Sedangkan Timor S515 menggunakan jantung pacu berkodekan B5 4 silinder segaris SOHC 8 valve karburator berkapasitas 1.500 cc. Secara data, mesin ini mampu menghasilkan tenaga 82 PS @5.500 rpm dengan torsi 120 Nm @2.500 rpm.

Untuk membuatnya dapat berjalan, tenaga yang dihasilkan Soluna Xli dan S515 diatur menggunakan transmisi manual 5-percepatan yang selanjutnya ditranslasi ke penggerak roda depannya (FWD).

Mengenai perawatannya, Toyota Soluna dianggap mudah dibandingkan Timor S515. Karena sudah menggunakan teknologi injeksi, pengguna Soluna hanya cukup melakukan tune up, mengecek kondisi busi, mengganti oli secara teratur, serta mengecek ketersedian air radiator.

Konsumsi BBM Toyota Soluna Paling Irit

Toyota Soluna

Konsumsi BBM Toyota Soluna lebih irit dari Timor S515

Didukung dengan sistem pembakaran Electronif Fuel Injection (EFI), konsumsi BBM Toyota Soluna lebih irit dibanding Timor S515. Dengan perbandingan rasio kompresi di angka 9.5:1, penggunaan dalam kotanya mampu menempuh jarak hingga 13 km/liter. Sedangkan luar kotanya bisa mencapai 15-16 km/liter.

Berbeda dengan Timor S515, varian ini untuk sistem pembakarannya masih mengandalkan karburator dengan perbandingan rasio kompresi 9.4:1, yang mana untuk konsumsi BBM di dalam kota mampu menempuh jarak 10 km/liter. Ketika digunakan berpergian keluar kota, maka angka konsumsi yang diperoleh sebesar 13 km/liter.

Kesimpulan

Mobil bekas Rp25 jutaan, secara tampilan dan fitur Toyota Soluna kalah telak dari Timor S515. Namun dari segi konsumsi BBM, perawatan mesin dan ketersedian spare part, produk Toyota tersebut tidak bisa dikalahkan.

Setelah membaca ulasan mengenai Toyota Soluna dan Timor S515, kalian lebih tertarik pilih yang mana?

Baca juga: Sekilas Sama, Ini Perbedaan Timor S515 dan S515i, Sang Mantan 'Mobil Nasional'

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Toyota Vios E M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru