Harga Bekas Toyota Fortuner Cuma Rp130 Jutaan, Masih Punya Banyak Kelebihan!

Enda · 5 Apr, 2021 15:00

Harga Bekas Toyota Fortuner Cuma Rp130 Jutaan, Masih Punya Banyak Kelebihan! 01

Toyota Fortuner generasi pertama

Toyota Fortuner masuk dalam daftar aturan kemenperin sebagai salah satu model kendaraan roda empat yang merasakan perluasan relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) dari pemerintah kategori 1.501 cc sampai dengan 2.500 cc mulai April 2021. Bicara harga barunya saat ini, SUV flagship pabrikan otomotif berlogokan tiga oval ini memiliki harga baru lebih murah Rp33 juta hingga Rp40 jutaan, dengan harga yang ditawarkan Rp478.9 juta sampai dengan Rp670.9 juta.

Mendapat subsidi dari pemerintah untuk kondisi barunya, membuat harga bekas Toyota Fortuner kini terlihat semakin terjun bebas. Mencoba melihat iklan baris daring pada salah satu marketplace mobil bekas, Toyota Fortuner generasi pertama lansiran 2005 kini dibandrol hanya Rp135 juta. Sedangkan facelift generasi pertama yang diperkenalkan pada 2011, dipatok dengan harga paling murah Rp180 juta.

Memiliki harga bekas yang cukup terjangkau, apa keistemewaan yang dimiliki Toyota Fortuner generasi pertama ini? Dari pada penasaran, simak terus ulasannya di bawah ini.

Baca juga: Sering Kali Dibandingkan, Segini Biaya Servis Toyota Fortuner Vs Mitsubishi Pajero

1. Toyota Fortuner Bisa Angkut Delapan Orang plus Kemewahan

Harga Bekas Toyota Fortuner Cuma Rp130 Jutaan, Masih Punya Banyak Kelebihan! 02

Interior Fortuner generasi pertama

SUV flagship Toyota dengan sasis model tangga ini, memiliki material jok berbahan kulit yang terbilang mewah dan bagus, sehingga dapat memberikan rasa nyaman kepada setiap penggunanya. Melihat pada daya tampung yang dimiliki, mobil ini mengantongi tiga baris tempat duduk yang bisa dimuati hingga delapan orang tanpa mengorbankan kenyamanannya.

Ketika menengok sistem hiburannya, kalian bakal langsung dihadapkan dengan head unit double din berukuran 7 inci dengan layar sentuh dan dapat memutar file hiburan berformat mp4 dan mp3. Untuk menghasilkan suara yang baik di keseluruh kabinnya, Toyota melengkapinya dengan 6 buah speaker premium yang juga dapat diatur output suaranya melalui tombol pada sisi lingkar kemudinya.

2. Gejala Body Roll yang Minim

Harga Bekas Toyota Fortuner Cuma Rp130 Jutaan, Masih Punya Banyak Kelebihan! 03

Tampilan belakang Toyota Fortuner generasi pertama

Mempunyai panjang 4.795 mm, lebar 1.855 mm, tinggi 1.835 mm serta jarak permukaan aspal dengan bodi mencapai 220 mm, membuat Toyota Fortuner generasi lawas ini terbilang nyaman dikendarai ketika melaju di kecepatan tinggi termasuk saat menikung. Hal ini dikarenakan pada bagian depan mobil ini menggunakan suspensi bermodelkan Double Wishbone with coil spring & stabilizer dan peredam kejut jenis 4 link with Lateral Rod & coil spring pada kedua roda belakangnya.

Kedua jenis suspensi yang digunakan ini dapat berkerja secara baik menjaga kestabilan kendaraan sehingga gejala body roll pada mobil ini dapat diminimalisir. Tidak hanya itu, suspensi ini juga dapat bertugas dengan baik untuk meredam getaran ketika mobil melaju di jalan bergelombang.

Baca juga: Perbedaan Sasis Monocoque di Honda CR-V dan Ladder Frame di Toyota Fortuner, Andalan SUV di Indonesia

3. Dua Pilihan Mesin dengan Performa Mumpuni

Harga Bekas Toyota Fortuner Cuma Rp130 Jutaan, Masih Punya Banyak Kelebihan! 04

Mesin diesel Toyota Fortuner D-4D terkenal tangguh

Toyota Fortuner lansiran 2005 hingga 2015 ini dihadirkan dalam dua pilihan mesin, mesin bensin 2.7L dan diesel 2.5L. Melihat spesifikasi di atas kertas, generasi pertama sebelum facelift dibenamkan mesin bensin ini 2.7 L 2TR-FE VVT-i 2.693 cc I4 DOHC, 16 katup dengan tenaga 161PS @ 5.200 rpm serta torsi 244 Nm @3.800 rpm. Sedangkan varian dieselnya sendiri mendapatkan teknologi D-4D, Direct Four Stroke Turbo Commonrail Injection 2.5 Liter, 2.494 cc yang dapat memuntahkan tenaga hingga 118 PS @3.400 rpm serta torsi maksimal 325 Nm @1600-3600 rpm dengan intercooler.

Facelift generasi pertama Fortuner masih dengan model yang sama, namun ditambahkan teknologi Variable Nozzle Turbo (VNT) untuk mesin dieselnya yang dapat mendongkrak tenaga menjadi 144 PS @3.400 rpm dengan torsi 343 Nm @1600-2800 rpm.

4. Mendapat Fitur Keselamatan Cukup Baik

Harga Bekas Toyota Fortuner Cuma Rp130 Jutaan, Masih Punya Banyak Kelebihan! 05

Baris pertama Fortuner generasi pertama

Mengintip fitur keselamatan yang digunakan, Toyota Fortuner mendapatkan fitur yang terbilang cukup baik di zamannya. Bagaimana tidak, mobil ini berhasil di dukung dengan fitur keselamatan berupa dual SRS Airbags yang berfungsi untuk melindungi pengemudi dan penumpang depan saat sedang terjadi benturan cukup keras.

Mengenai sistem pengeremannya, SUV pesaing utama Mitsubishi Pajero Sports ini juga telah dilengkapi ABS + EBD yang berfungsi untuk menjaga dan menstabilkan kendali laju kendaraan ketika melakukan pengereman secara mendadak.

5. Pakai Sasis Ladder Frame yang Unggul Di Berbagai Medan

Harga Bekas Toyota Fortuner Cuma Rp130 Jutaan, Masih Punya Banyak Kelebihan! 06

Sasis jenis ladder frame

Fortuner menggunakan sasis atau rangka model struktur ladder frame yang terpisah dengan body utama, dengan keunggulan utama dalam segi durabilitas. Tidak hanya memiliki tingkat daya tahan yang baik, model yang digunakan juga mempunyai tingkat kelenturan sehingga tidak mudah patah saat digunakan di jalan yang ekstrim. Di sisi lain, daya serap benturan yang dihasilkan sasis ini juga mampu memberi jaminan keselamatan lebih baik bagi penumpangnya ketika mengalami benturan yang cukup kencang.

6. Opsi Penggerak Roda Belakang dan 4WD

Harga Bekas Toyota Fortuner Cuma Rp130 Jutaan, Masih Punya Banyak Kelebihan! 07

Shift knob Toyota Fortuner

Sebagai SUV tangguh, Fortuner mengandalkan penggerak roda belakang yang ditranslasi dari mesin utama dengan posisi memanjang. Penggerak jenis Rear-Wheel Drive (RWD) ini lebih bisa diandalkan ketika melintasi permukaan jalan yang tidak rata serta menghadapi tanjakan-tanjakan.

Tidak hanya itu, beberapa model Fortuner generasi awal juga ditawarkan sistem penggerak Four-Wheel Drive (4WD) untuk dapat menakhlukan medan yang lebih ekstrim.

Kesimpulan

Toyota Fortuner generasi awal, diperkenalkan pertama kali pada Juli 2005 dalam perhelatan Gaikindo Auto Expo ke-13 di Jakarta. Ketika diluncurkan, SUV ini sontak menuai decak kagum masyarakat Indonesia karena memiliki tampilan yang berkarakter dan menampilkan kesan tangguh. Tidak hanya itu, beberapa keistimewaan seperti kenyamanan, performa, fitur keselamatan serta hiburan di mobil ini juga terbilang baik.

Harga Bekas Toyota Fortuner Cuma Rp130 Jutaan, Masih Punya Banyak Kelebihan! 08

Toyota Fortuner generasi pertama menjadi pilihan menarik untuk dipinang

Apabila kalian saat ini sedang mencari mobil idaman dalam kondisi bekas selain MPV dan LSUV yang bisa dimuati hingga delapan penumpang, tidak ada salahnya memasukan nama Toyota Fortuner generasi pertama ke dalam daftar mobil idaman sebagai opsi. Selain harga bekasnya yang terbilang sangat terjangkau, SUV ini sangat nyaman digunakan dan memiliki ketersediaan suku cadang yang melimpah di seluruh penjuru nusantara.

Baca juga: Harga Toyota Fortuner Diskon PPNBM, Siap Rebut Pasar Mitsubishi Pajero Sport dan Isuzu MU-X

Komentar