Harga Bekas Wuling Almaz Rp220 Jutaan, Lebih Layak Dibeli Dibandingkan Toyota Avanza Baru?

Enda · 22 Mar, 2021 12:00

Harga Bekas Wuling Almaz Rp220 Jutaan, Lebih Layak Dibeli Dibandingkan Toyota Avanza Baru? 01

Bicara mengenai harga bekas Wuling Almaz, melansir beberapa iklan pada marketplace mobil bekas, dibandrol mulai Rp220 jutaan. Bila dibandingkan dengan harga baru Toyota Avanza trim paling atas Rp216.5 juta, Almaz bisa dikatakan memiliki harga bekas yang sepadan.

Wuling Almaz termasuk model yang belum lama meluncur, karena pertama kali diperkenalkan oleh PT SGMW Motor Indonesia selaku agen pemegang mere dalam ajang pagelaran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada Agustus 2018.

Belum genap setahun diperkenalkan, SUV pertama Wuling di Indonesia ini kembali mendapat update pada 2019 dengan tambahan konfigurasi seat menjadi 7-seater serta penambahan beberapa fitur.

Harga bekas Wuling Almaz yang kini sama dengan harga baru Toyota Avanza, apakah membuat Almaz bekas layak untuk dibeli sebagai mobil idaman?

Baca juga: Test Drive Singkat Wuling Almaz RS yang Bisa Bikin Malu Mobil Jepang

Ciri Khas SUV, Wuling Almaz Punya Bentuk yang Agresif

Harga Bekas Wuling Almaz Rp220 Jutaan, Lebih Layak Dibeli Dibandingkan Toyota Avanza Baru? 02

Tampilan depan Wuling Almaz

Wuling Indonesia belum lama ini memperkenalkan varian terbaru Almaz dengan sebutan Wuling Almaz RS. RS pada Almaz facelift ini merupakan kepanjangan dari Rising Star. Meski sekarang terlihat lebih sporty, generasi pertama Almaz juga tak kalah menawan.

Harga Bekas Wuling Almaz Rp220 Jutaan, Lebih Layak Dibeli Dibandingkan Toyota Avanza Baru? 03

Iklan mobil bekas Wuling Almaz

Seperti yang bisa dilihat, Pada fascianya Wuling Almaz generasi pertama mendapatkan wajah yang terkesan agresif. SUV pesaing Honda CR-V ini berhasil disematkan lampu senja berteknologi LED di bagian atasnya dengan bentuk yang pipih.

Demi meningkatkan visibiltas berkendara dimalam hari, sistem pencahayaan utama menggunakan LED Projector yang diletakan di bawah berdekatan dengan fog lamp. Bergeser ke sisi samping, guratan serta lekukan yang diterima Wuling Almaz ini tidak terlihat lebay. Pintu dibuat sedikit membulat namun tetap ada garis tegas membujur dari depan hingga belakang. Di ujung pintu depan, terdapat kaca spion berteknologi electric outer mirror dengan LED turn signal.

Harga Bekas Wuling Almaz Rp220 Jutaan, Lebih Layak Dibeli Dibandingkan Toyota Avanza Baru? 04

Tampilan belakang Wuling Almaz

Wuling Almaz juga terkesan lebih sporty berkat diaplikasikannya velg 17 inci berdesain Two-Tone Alloy Wheel. Bergeser melihat bagian buritannya, Wuling Almaz mendapatkan bentuk yang tidak kalah dengan para pesaingnya. Lampu sinyal kepada pengendara di belakang dibagi menjadi dua, dan diletakan di antara pintu bagasi serta bumper bagian bawah berdekatan dengan under guard. Uniknya, ketika semua pintu bagasi dibuka, lampu sign yang ada di bumper secara otomatis akan menyala.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Wuling Almaz

Tanpa melihat brand, fokus pada tampilan serta kapasitas muat orang, rasanya kalian akan menjatuhkan hati pada Wuling Almaz bekas bila dibandingkan dengan Toyota Avanza baru.

Interior Almaz Memberikan Nilai Prestisius

Harga Bekas Wuling Almaz Rp220 Jutaan, Lebih Layak Dibeli Dibandingkan Toyota Avanza Baru? 05

Tampilan dalam Wuling Almaz

Sebagai mobil SUV, Almaz tidak hanya terlihat garang melainkan juga terkesan mewah. Bagaimana tidak, SUV ikoniknya Wuling ini berhasil dibalut bahan kulit kualitas premium di sektor joknya.

Beberapa partisi yang melekat pada dashboard dan door trim juga berhasil mendapatkan material jenis soft-touch. Pada lingkar kemudinya mendapat balutan kulit Premium yang mana telah diaplikasikan tombol pengaturan.

Harga Bekas Wuling Almaz Rp220 Jutaan, Lebih Layak Dibeli Dibandingkan Toyota Avanza Baru? 06

Panoramic sunroof Wuling Almaz

Untuk mendapatkan gaya berkendara yang menyenangkan, varian tertentu Almaz juga disematkan extensive panoramic sunroof berukuran 0.82 m2. Ukuran ini dapat dikatakan terbesar dikelasnya, yang mana 70% atap Almaz terdiri dari kaca panoramic sunroof tersebut.

Untuk menambah kenyamanan berkendara, SUV garapan Wuling ini mendapatkan power outlet yang bisa digunakan untuk menambah daya pada gawai. Kenyamanan lainnya pada jok pengemudi dilengkapi dengan electric seat adjuster yang bisa diatur menyesuaikan posisi pengendara.

Meski Bekas, Wuling Almaz Punya Fitur Unggulan yang Belum Dimiliki Pesaingnya

Harga Bekas Wuling Almaz Rp220 Jutaan, Lebih Layak Dibeli Dibandingkan Toyota Avanza Baru? 07

Smart Voice Command (WIND) Wuling Almaz

Jangankan Toyota Avanza terbaru, beberapa pesaing Wuling Almaz saat diluncurkan pada 2019, juga belum mendapatkan fitur yang serupa dimiliki SUV ini. Fitur yang dimaksud adalah smart Voice Command (WIND).

Agar dapat mengoperasikan beberapa fitur, kalian hanya cukup menyampaikan secara lisan untuk menjalankan perintah seperti membuka kaca, menghidupkan AC, menaikkan-menurunkan suhu, membuka dan menutup sunroof, serta melakukan perintah lainnya.

Wuling Almaz juga sudah dilengkapi Full Surround View 360 Camera. Kamera 360 derajat ini memberikan informasi di sekeliling mobil secara visual melalui head unit paling besar dikelasnya berukuran 10,4 Touchscreen Smart Multimedia.

Almaz Mendapat Mesin Turbo yang Kaya Akan Performa

Harga Bekas Wuling Almaz Rp220 Jutaan, Lebih Layak Dibeli Dibandingkan Toyota Avanza Baru? 08

Mesin 1.5L turbocharged Wuling Almaz

Seperti yang diinformasikan, Wuling Almaz bersenjatakan mesin 1.5L ditambah turbocharged garapan Honeywell. Secara spesifikasi, mesin yang menganut teknologi DOHC, DVVT pada SUV ini mampu memeras tenaga hingga 141 PS @5.200 Rpm pada angka torsi mencapai 250 Nm @1.800-3.600 Rpm. Melihat pada iklan mobil bekas, Wuling Almaz kondisi bekas yang diniagakan tersebut memperoleh transmisi otomatis berupa CVT yang bisa disimulasikan menjadi manual 8 percepatan. Perlu kalian ketahui, Almaz juga ditawarkan transmisi manual 6-percepatan yang putaran tenaganya difinalisasi ke dua buah roda didepannya.

Berbeda dengan Toyota Avanza, varian termahalnya yang kini dibandrol Rp216.5 juta dibenamkan mesin 1.3L 1NR-VE 4 Cylinder, 16V, DOHC, Dual VVT-I dengan tenaga 96.5 PS @6.000 Rpm serta torsi maksimal 120 Nm @4.200 Rpm. Pada varian termahal LMPV andalan Toyota ini dikawinkan transmisi otomatis konvensional 4-percepatan.

Kesimpulan

Harga Bekas Wuling Almaz Rp220 Jutaan, Lebih Layak Dibeli Dibandingkan Toyota Avanza Baru? 09

Harga bekas Wuling Almaz Rp220 juta produksi 2019

Harga bekas Wuling Almaz lansiran 2019, saat ini dibandrol Rp220 juta hingga Rp270 juta. Bicara mengenai mobil ini dalam kondisi setengah pakai, rasanya tidak tertalu bermasalah bila pemilik sebelumnya memperhatikan betul soal perawatan dan penggunaan.

Terlebih soal perawatan, apabila pemilik sebelumnya rajin melakukan servis berkala ke bengkel resmi, tentunya Wuling juga masih memberikan garansi servis kendaraan serta bebas biaya jasa perawatan berkala.

Jika kalian tidak terlalu memperhatikan soal brand, Wuling Almaz setengah pakai rasanya sangat ‘worth it’ untuk dipilih sebagai mobil idaman bila dibandingkan dengan Toyota Avanza baru. Selain melihat segi tampilan, fitur serta performa, SUV jenama Tiongkok ini juga lebih nyaman ketika dikendarai.

Baca juga: Review Wuling Almaz 2019

Komentar