window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Harga Bekasnya Cuma Rp180 Jutaan, Toyota Sienta Tipe Q 2017 Apakah Lebih Istimewa Dari Tipe V?

Yongki Sanjaya · 2 Feb, 2023 13:00

Harga Bekasnya Cuma Rp180 Jutaan, Toyota Sienta Tipe Q 2017 Apakah Lebih Istimewa Dari Tipe V? 01

Toyota Sienta telah menghilang dari website resmi Toyota Astra Motor. MPV ini kemudian hanya tersedia dengan pembelian secara spot order. Bila kalian ingin lebih mudah mendapatkan unitnya, bisa memilih Toyota Sienta tipe Q atau V bekas dengan pasaran di bawah Rp200 jutaan.

Toyota Sienta pertama kali meluncur di tahun 2016 dalam empat tipe yakni E, G, V, dan tipe tertingginya yaitu Q. Indonesia juga merupakan basis produksi pertama Sienta yang berada di luar Jepang. Kini harga bekas Sienta tipe V dan Q mirip, di kisaran Rp183 juta. 

Baca juga: 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Toyota Sienta Menghilang di Website Resmi TAM, Pertanda Mau Ganti Generasi?

All New Toyota Sienta 2023 Resmi Meluncur di Singapura, Harganya Setara Alphard

Alasan Kenapa Honda Freed Bekas Lebih Disukai Daripada Toyota Sienta

Ada tiga trim yang tersedia dalam varian transmisi otomatis CVT atau manual 6-percepatan (kecuali Q hanya CVT). Hal menarik dari Toyota Sienta ialah mesinnya yang serupa Avanza, namun beda material. Sebagai informasi, Sienta berkode 2NR-FE sedangkan Avanza 2NR-VE.

Perbedaan paling mendasar mesin itu dengan Sienta yaitu punya Avanza dikembangkan dan diproduksi Daihatsu. Sedangkan Sienta, seperti sudah diketahui, dibuat Toyota Motor Manufacturing Indonesia. Dengan style ala JDM, mana pilihan yang lebih oke antara tipe Q dan tipe V?

Toyota Sienta Tipe V, Kasta Nanggung

Harga Bekasnya Cuma Rp180 Jutaan, Toyota Sienta Tipe Q 2017 Apakah Lebih Istimewa Dari Tipe V? 01

Bicara kelengkapan fitur di Toyota Sienta tipe V ini termasuk yang paling lengkap, dengan aksesoris yang juga sudah lebih mewah dan cenderung mendekati tipe Q yang merupakan top of the line. Sebagai contoh, velg yang digunakan erupa dengan tipe Q yang berdiameter 16 inci dengan grafis yang menarik. Begitu pula dengan pelipat spion elektrik yang sudah menjadi standar mulai dari tipe ini.

Lebih lanjut, power sliding door di Sienta tipe V sudah terdapat untuk kedua pintu tengah, dan dapat dikendalikan dari sisi pengemudi maupun via remote. Selebihnya, penampilan fisik maupun fiturnya hanya penyempurnaan dengan tipe G. Kelengkapan fitur di Sienta V yakni AC Double Blower dengan  pengatur AC digital. 

Harga Bekasnya Cuma Rp180 Jutaan, Toyota Sienta Tipe Q 2017 Apakah Lebih Istimewa Dari Tipe V? 02

Lebih lanjut, panel MID di instrument dashboard masih bergaya monokrom dengan font ala kalkulator. Mulai dari tipe G ke atas,  perangkat hiburannya didukung layar sentuh 7 inci beresolusi tinggi dengan koneksi luas serta Mirrorlink dan koneksi internet. Mulai dari varian V ke atas, untuk menyala-matikan mesin sudah menggunakan tombol.

Sebagai catatan, ftur keselamatannya masih sama dengan tipe E dan G. Sienta V hanya didukung 3 buah airbag, ISOFIX tether, rem ABS, dan kunci immobilizer. 

Toyota Sienta Tipe Q, Varian Paripurna dari Kelengkapan Fitur

Harga Bekasnya Cuma Rp180 Jutaan, Toyota Sienta Tipe Q 2017 Apakah Lebih Istimewa Dari Tipe V? 03

Dengan harga bekas yang mirip, jelas kami akan merekomendasikan Sienta tipe Q sebagai pilihan mobil bekas kalian. Pasalnya, Sienta Q ini kelengkapan fiturnya jauh lebih beragam dan advance. 

Khusus pada tipe Q, lampu utama sudah bertipe projektor dengan lampu LED, lengkap dengan fitur auto levelling. Sehingga saat menanjak atau menurun, sorot lampu tak akan sampai mengganggu pengguna jalan lain. Pada bagian buritan juga lampu kombinasinya sudah diberikan aksen LED warna merah. 

Harga Bekasnya Cuma Rp180 Jutaan, Toyota Sienta Tipe Q 2017 Apakah Lebih Istimewa Dari Tipe V? 04

Hal menarik dari Sienta Q tak berhenti sampai di situ, karena fitur di kabin juga lebih beragam untuk memanjakan pengemudi dan penumpang. Pada tipe ini mendapatkan MID dengan layar berwarna 4,2 inci yang lebih atraktif. 

Sedangkan fitur hiburan dan kontrol AC masih sama dengan tipe V. Jangan lupa, Sliding door di Sienta tipe Q di kedua pintu tengah, dapat dikendalikan dari sisi pengemudi maupun via remote. 

Harga Bekasnya Cuma Rp180 Jutaan, Toyota Sienta Tipe Q 2017 Apakah Lebih Istimewa Dari Tipe V? 05

Fitur keselamatan di Sienta Q ini merupakan penyempurnaan tipe V. Khusus di varian ini, perantinya bertambah dengan VSC dan HSA. Sebagai catatan, Toyota menghadirkan Sienta Q hanya dengan satu jenis transmisi saja, otomatis CVT dengan sequential shift dalam simulasi 7 percepatan.

Kesimpulan

Harga Bekasnya Cuma Rp180 Jutaan, Toyota Sienta Tipe Q 2017 Apakah Lebih Istimewa Dari Tipe V? 06

Bisa kalian perhatikan kalau Toyota Sienta tipe Q lebih menarik dari sisi kelengkapan fitur yang dimiliki. Tentu ini membuat harga bekas Sienta Q jadi value for money atau lebih 'terjangkau' karena fiturnya lebih beragam. 

Selain itu, penampilan di Toyota Sienta Q juga lebih kece karena pada sistem pencahayaannya telah memakai LED Plasma. Style seperti ini umum tersedia dalam Sienta versi Japanese Domestic Market.  
 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Toyota Sienta 1.5 V MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil