Harga Bensin Naik Terus, Ini Mobil Diesel yang Kuat Minum Solar Bersubsidi (Part 2)

Yongki Sanjaya · 11 Mei, 2022 12:30

Harga Bensin Naik Terus, Ini Mobil Diesel yang Kuat Minum Solar Bersubsidi (Part 2) 01

Saat ini SUV bermesin diesel semakin disukai masyarakat, karena punya torsi besar dan bisa diakali dengan mengisi solar berkualitas rendah. Dengan begini, biaya perjalanan jadi cukup ekonomis karena Solar bersubsidi harganya cukup murah.

Pada mobil dengan mesin diesel, torsi besarnya diraih pada putaran mesin rendah. Ini artinya karakter mesin bertenaga jika untuk menarik atau menggendong beban berat.

Torsi besar ini bermanfaat ketika situasi berada di luar aktivitas perkotaan, seperti  perjalanan penuh penumpang ketika mudik Lebaran. Mesin diesel juga mumpuni saat melewati medan menanjak pegunungan dan situasi di jalan berlumpur atau berbatu.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Berikut ini mobil yang sanggup minum Solar bersubsidi yang bisa kalian pilih.

Toyota Kijang Innova Gen 1 Awal, MPV Nyaman dan Modern

Harga Bensin Naik Terus, Ini Mobil Diesel yang Kuat Minum Solar Bersubsidi (Part 2) 01

Innova generasi pertama lahir pada 2004, dengan penampilan jauh lebih mewah dari versi Kijang kapsul.  Kijang Innova merupakan salah satu dari tiga produk global Toyota dari satu platform yaitu Innovative International Multi-purpose Vehicle (IMV). Dua produk lainnya dari tiga produk tersebut adalah Toyota Hilux dan Toyota Fortuner.

Kijang Innova generasi pertama bermesin diesel hadir pada varian E, G, dan V. Mobil ini didukung mesin D4D atau Direct Four Stroke Turbo Commonrail Injection 2.500 cc memakai mesin 2KD-FTV turbo non intercooler.

Tenaganya sih lumayan oke tapi tarikannya yang kurang galak. Kelebihannya, generasi awal ini nggak cengeng kalau kita isikan solar biasa.

Mitsubishi Kuda, Mobil Keluarga yang Harganya Murah Meriah

Harga Bensin Naik Terus, Ini Mobil Diesel yang Kuat Minum Solar Bersubsidi (Part 2) 02

Bila kamu hanya memiliki budget terbatas, maka Mitsubishi Kuda versi diesel ini cocok kamu jadikan pilihan. Kuda hadir dalam tiga varian, yaitu Super Exceed, GLX dan GLS. Selang tiga tahun kemudian, Kuda mendapatkan update tampilan serta penambahan varian yang lebih mewah yaitu Deluxe, Diamond dan Grandia.

Untuk pilihan mesin diesel, Mitsubishi Kuda ini paling bertenaga. Mesinnya memakai basis yang sama seperti Mitsubishi L300 tapi dengan tenaga yang sudah di-upgrade. Sebagai perbandingan, Mitsubishi Kuda punya tenaga sebesar 86 ps @4.200 rpm sedangkan L300 75ps.

Mitsubishi Pajero Sport Gen 1, Mesinnya Serupa Kuda Tapi Pakai Turbo

Harga Bensin Naik Terus, Ini Mobil Diesel yang Kuat Minum Solar Bersubsidi (Part 2) 03

Mitsubishi Pajero Sport generasi pertama meluncur sejak 2009. Tak seperti Fortuner, Pajero Sport sejak awal hadir dengan mesin diesel. Jenis mesinnya serupa dengan Mitsubishi Kuda atau L300 tapi sudah memakai turbo. 

Bila melihat sejarahnya, Pajero Sport yang masuk ke Indonesia ini adalah generasi kedua secara global. SUV besutan pabrikan berlogo tiga berlian ini juga terkenal dengan mesinnya yang badak. Selain itu, walaupun Pajero Sport ini SUV ladder frame tapi tapi cukup nyaman bila dipakai di dalam kota atau luar kota.

Bila dibandingkan Fortuner, Pajero Sport tipe Dakar ini fiturnya lebih oke. Tipe tersebut sudah dibekali sunroof, paddle shift dan jok juga sudah kulit yang warnanya hitam.

Bicara soal kinerja, mesin diesel milik Pajero Sport memiliki dua output yang berbeda, untuk generasi awal mesinnya masih belum mengusung teknologi variable geometry turbo (VGT). Outputnya hanya sebesar 136 hp dan torsi 314 Nm.

Harga Bensin Naik Terus, Ini Mobil Diesel yang Kuat Minum Solar Bersubsidi (Part 2) 04

Kemudian pada versi facelift di tahun 2011 tenaganya naik jadi 174 hp dan torsi 400 Nm setelah mengusung teknologi variable geometry turbo (VGT). Sebagai informasi, Pajero Sport yang mengusung teknologi VGT mulai mengaspal di jalanan Indonesia pada tahun 2011 untuk varian Dakar.

Pilihan transmisinya juga lebih beragam, karena Pajero Sport generasi kedua mempunyai tiga pilihan. Ada manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan untuk varian GLS dan Exceed, serta otomatis 5-percepatan untuk varian 4×4 GLX dan Dakar.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

Komentar

Harga tukar tambah yang adil

2020 Toyota Kijang Innova 2.0 G M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru