window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Harga Bensin Naik Terus, Ini Pilihan Mobil Diesel yang Kuat Minum Solar Bersubsidi (Part 1)

Yongki Sanjaya · 11 Mei, 2022 11:30

Harga Bensin Naik Terus, Ini Pilihan Mobil Diesel yang Kuat Minum Solar Bersubsidi (Part 1) 01

Beberapa waktu lalu Pertamina bersama dengan perusahaan migas yang lain kompak menaikkan harga BBM jenis bensin non subsidi. Akibatnya, harga bensin yang semakin mahal membuat biaya perjalanan pun semakin tinggi. Di sisi lain, mobil bermesin diesel yang kuat minum solar bersubsidi semakin banyak dicari.

Banyak alasan kenapa mobil-mobil bermesin diesel masih diminati, salah satunya karena ketangguhannya. Selain itu mobil-mobil diesel juga memiliki torsi yang besar. Kemampuannya saat kondisi stop and go ini cukup bisa diandalkan.

Bahkan muncul idiom di kalangan pengguna mobil diesel bertransmisi manual, start dari gigi 2 pun mobil sudah mau jalan saking besarnya torsi di putaran bawah. Dengan harga solar bersubsidi yang cukup murah dan mudah didapat, mobil diesel konvensional pun senantiasa jadi favorit, dan terus diburu masyarakat karena efisiensi yang baik.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Nah, berikut beberapa mobil bermesin diesel yang bisa kalian pilih karena kuat minum solar bersubsidi.

Isuzu Panther, Mobil Diesel yang Mesinnya Kuat Disiksa

Harga Bensin Naik Terus, Ini Pilihan Mobil Diesel yang Kuat Minum Solar Bersubsidi (Part 1) 01

Isuzu Panther sudah mengaspal di Indonesia sejak 1991 dan sudah mengalami empat kali facelift dalam dua generasi. Generasi pertama lahir tahun 1991-1996 kemudian mengalami facelift 1996-2000. Generasi kedua muncul 2000-2005, yang disusul versi facelift pada 2005 yakni Panther Turbo hingga pensiun di 2021 lalu.

Untuk generasi terakhirnya yaitu Isuzu Panther Grand Touring cukup banyak diburu, karena penampilan ala SUV dan bermesin turbo. Interior Panther Touring ini memiliki ruang kabin yang cukup luas dan lapang.

Harga Bensin Naik Terus, Ini Pilihan Mobil Diesel yang Kuat Minum Solar Bersubsidi (Part 1) 02

Mobil ini mampu membawa sebanyak 7 hingga 8 orang penumpang. Dengan ruang kabin yang begitu luas sebenarnya membuat penumpang juga dapat merasakan kenyamanan bila hanya dibuat mengangkut maksimal tujuh orang.

Harga Bensin Naik Terus, Ini Pilihan Mobil Diesel yang Kuat Minum Solar Bersubsidi (Part 1) 03

Bicara fitur hiburannya, terdapat DVD Monitor yang terdapat di bagian atap mobil. Selebihnya tergolong sangat sederhana dan standar di MPV 7-seater yaitu AC double blower, head unit single din yang terkoneksi DVD monitor, sub woofer, dan roof rail.

Daihatsu Taft, Rocky, dan Hiline; Tangguh di Segala Medan

Harga Bensin Naik Terus, Ini Pilihan Mobil Diesel yang Kuat Minum Solar Bersubsidi (Part 1) 04

Keluarga SUV Daihatsu ini cukup legendaris di Tanah Air karena ketangguhannya. Bicara soal ukuran, Taft paling kecil karena punya versi short chassis. Kemudian ada Hiline, yang memakai sasis long, dengan 5 pintu. Terakhir yaitu Daihatsu Rocky yang memiliki body yang lebih besar dari pada varian Taft yang lainnya.

Kalau kamu orang yang doyan berpetualang tapi tidak sampai melewati jalur yang ekstrim, maka Taft 4X2 ini oke punya dipakai menjelajah. Berbekal mesin diesel, konsumsi bahan bakarnya bisa tembus kisaran 10 km/liter. Harganya pun terjangkau, di kisaran Rp70 jutaan.

Taft GT seri F70 didukung mesin diesel 4 silinder berkode DL41 2.765 cc. Tenaga maksimumnya hanya 72 hp pada 3.600 rpm dan torsi maksimumnya 170 Nm pada 2.200 rpm.

Harga Bensin Naik Terus, Ini Pilihan Mobil Diesel yang Kuat Minum Solar Bersubsidi (Part 1) 05

Mesin ini dikenal bandel dan perawatannya gampang karena masih menggunakan timing gear sebagai penggerak katupnya. Sementara itu pompa injeksi masih menganut model in-line.

Teknologi mesin yang masih sederhana ini bisa ditangani oleh bengkel umum, atau spesialis mesin diesel. Karena populasinya cukup banyak dan tersebar hingga ke penjuru Indonesia, maka kita masih cukup mudah mencari sparepart Taft GT ini.

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Isuzu Panther SMART

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil