window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Harga Cuma Beda Sejutaan, Mending Beli Suzuki XL7 Alpha AT Daripada Honda BR-V S MT 2022

Yongki Sanjaya · 22 Sep, 2021 14:00

Harga Cuma Beda Sejutaan, Mending Beli Suzuki XL7 Alpha AT Daripada Honda BR-V S MT 2022 01

Honda BR-V generasi kedua akhirnya resmi meluncur di Indonesia. Kehadirannya sangat dinantikan karena membawa banyak inovasi baru. Namun bila dibandingkan, ternyata harga Honda BR-V S MT dan Suzuki XL7 Alpha AT bedanya sangat tipis.

Honda Prospect Motor memperkirakan estimasi harga untuk BR-V S MT ini Rp260 juta. Sementara itu, harga Suzuki XL7 Alpha AT dijual Rp 261,7 juta. Namun, Alpha AT ini adalah tipe teratas sedangkan BR-V S MT adalah tipe terbawah. Melihat harganya, XL7 Alpha AT tampak lebih menarik.

Baca juga:

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Honda BR-V 2022 Resmi Debut Global di Indonesia, Harga Mulai Rp260 Jutaan

Tambah Honda Sensing, Harga Honda BR-V 2022 yang Meluncur Besok Tembus Rp350 Jutaan?

Bocoran Honda BR-V 2022 Berbasis Honda N7X Concept: Daftar Varian dan Prediksi Harga!

Lantas, apa saja fitur dan spesifikasi yang jadi nilai plus dari XL7 Alpha AT ini? Mari kita bandingkan.

Spesifikasi dan Fitur Suzuki XL7 Alpha AT, Low SUV FWD Murah Meriah

Harga Cuma Beda Sejutaan, Mending Beli Suzuki XL7 Alpha AT Daripada Honda BR-V S MT 2022 01

Dengan harga PPNBM Rp261,7 juta, Suzuki XL7 Alpha AT termasuk jadi pilihan tipe yang value for money. Sebagai tipe teratas, pastinya XL7 Alpha AT memberikan seluruh fitur terbaiknya, seperti dashcam camera alias smart e-mirror yang jadi fitur mutakhir.

Suzuki mengklaim kalau ada 211 komponen baru yang sengaja dibedakan. Namun patut diakui kalau XL7 ini tak ubahnya seperti Ertiga yang ditinggikan. Konfigurasi kursi dan styling interiornya hampir sama seperti Ertiga.

Adanya penambahan aksesori SUV membuat dimensi XL7 lebih besar dari Ertiga. Ukurannya jadi melar sedikit jadi 4.445 x 1.775 x 1.710 (PxLxT), berbanding Ertiga sebesar 4.395 x 1.735 x 1.690 mm. Sementara itu ground clearance naik jadi 200 mm agar kesan SUV lebih terasa, atau lebih tinggi 20 mm dibanding Ertiga. 

Dari penampilan luar, XL7 Alpha AT tampil perkasa karena memakai velg 16 inci dan ban 195/60, sehingga tapak ban lebar dan menebal. Cladding plastik hitam berpadu skid plate silver jadi ciri khas di XL7 sebagai mobil bergaya SUV. 

Kalau soal penampilan, mungkin XL7 Alpha ini kalah menarik daripada BR-V S MT dengan penampilan baru yang fresh. Bagaimana dengan fitur yang jadi nilai jual utama XL7 Alpha ini? 

Interior Suzuki XL7 Alpha AT, Ertiga Versi 'Sporty'

Harga Cuma Beda Sejutaan, Mending Beli Suzuki XL7 Alpha AT Daripada Honda BR-V S MT 2022 02

Desain dashboard Suzuki XL7 Alpha tak ubahnya seperti Ertiga, perbedaannya hanyalah pada garnish dimana XL7 pakai motif serat karbon. Setirnya bergaya flat bottom yang sudah memiliki fitur tilt untuk posisi naik turun. 

Kontrol AC sudah model tombol dengan fitur auto climate dan heater sehingga tidak ketinggalan zaman. Adapun fitur multimedia di XL7 Alpha didukung monitor layar sentuh 8-inci ditambah 2 tweeter depan agar suara dihasilkan lebih manjakan telinga. 

Nah, head unit monitor 8 inci yang dimiliki XL7 Alpha ini terbesar di kelasnya, dan setara BR-V Prestige generasi pertama. Konektivitas juga telah tersedia apabila ingin mirroring dari ponsel. 

Nah, pada tipe Alpha ini menonjolkan fitur Smart E-Mirror yaitu spion canggih yang berfungsi sebagai monitor kamera di belakang dan bisa menyorot bagian depan melalui kamera dibaliknya. Sehingga fungsinya bermanfaat sebagai dashcam. 

Fitur lain yang jadi standar di mobil ini antara lain sudah pakai keyless. Kita tinggal menekan tombol hitam di gagang pintu, masuk dan kemudian nyalakan mesin juga lewat tombol. Hanya yang sedikit disayangkan yaitu belum ada fitur auto door lock. 

Fitur keselamatan jadi poin yang tak begitu unggul dari Suzuki XL7 Alpha AT ini, karena hanya ada 2 airbag di depan. Untungnya, sistem safety aktifnya cukup lengkap, mulai dari Antilock-Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), Electronic Stability Programme (ESP) dan Hill Hold Control (HHC). 

Tenaga Mesin Suzuki XL7 Alpha AT Kalah Perkasa Dari BR-V S MT 2022 

Harga Cuma Beda Sejutaan, Mending Beli Suzuki XL7 Alpha AT Daripada Honda BR-V S MT 2022 03

Bicara dapur pacu, output mesin K15B milik XL7 tak istimewa dan bahkan cenderung kecil. Total tenaga dihasilkan 104,7 PS di putaran 6.000 rpm dan torsi maksimum 138 Nm di 4.400 rpm. 

Meskipun tak terlalu besar, namun karakter torsi puncak berada di putaran menengah. Hasilnya, berkendara jadi fun to drive untuk akselerasi cepat, dan tak perlu bersusah payah kick down. 

Nah, itu tadi ulasan soal keunggulan dari Suzuki XL7 Alpha AT. Kini kita bahas nilai positif yang dimiliki oleh Honda BR-V S MT 2022.

Honda BR-V S MT 2022, Walau Tipe Termurah Penampilannya Makin Mewah

Harga Cuma Beda Sejutaan, Mending Beli Suzuki XL7 Alpha AT Daripada Honda BR-V S MT 2022 04

Generasi kedua Honda BR-V ini berubah total baik secara spesifikasi mesin, desain, maupun fitur yang tersedia. Harga Honda BR-V S MT naik sekitar Rp6 juta, dari Rp254 juta di generasi pertama, menjadi Rp260 juta pada versi 2022.

Honda BR-V 2022 menampilkan desain baru LED Headlamp yang dilengkapi LED Daytime Running Light yang menyatu dengan grille depan. Pada sisi belakang, Rear Combi Lamp dilengkapi dengan LED Light Bars dirancang menyatu dengan garis bodi. Sementara kesan tangguh dari sebuah SUV semakin kuat dengan desain velg 17”. 

Harga Cuma Beda Sejutaan, Mending Beli Suzuki XL7 Alpha AT Daripada Honda BR-V S MT 2022 05

Masuk ke interiornya, kita disuguhi kursi dengan bahan fabric pada tipe terbawah BR-V 2022 ini. Penyejuk udara sudah memakai AC digital yang pengaturannya memakai tombol. 

Kenyamanan mengendarai Honda BR-V 2022 didukung layar 4.2” TFT Display pada dashboard untuk menampilkan berbagai informasi akurat saat berkendara seperti rata-rata konsumsi bahan bakar, jarak tempuh perjalanan dan sisa bahan bakar. 

Fitur Honda BR-V S M/T 2022, Tipe Bawah Cukup Lengkap

Harga Cuma Beda Sejutaan, Mending Beli Suzuki XL7 Alpha AT Daripada Honda BR-V S MT 2022 06

Honda BR-V S M/T hadir dengan desain baru pada LED Headlamp with LED Daytime Running Light. Selain itu, tipe ini juga dilengkapi dengan sistem audio video dengan layar sentuh 7” yang telah dilengkapi Smartphone Connection. Untuk pengisian daya ponsel, terdapat power outlet di baris pertama. 

Tipe S M/T tetap menawarkan berbagai fitur yang sudah ada daeisebelumnya seperti Power Retractable Mirror, ECO Indicator, Digital A/C, G-CON + ACETM with Side Impact Beam, Dual Front SRS Airbags, Driver Seatbelt Reminder, ABS + EBD, ISOFIX + Tether, Keyless Entry, Immobilizer, Alarm System, Pretensioner with Load Limiter Seatbelt. Kali ini, Honda BR-V 2022 tipe S MT telah memiliki Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Assist (VSA), Side Airbags dan Parking Sensor. 

Dapur Pacu Honda BR-V 2022 Paling Jumawa

Harga Cuma Beda Sejutaan, Mending Beli Suzuki XL7 Alpha AT Daripada Honda BR-V S MT 2022 07

Untuk mesinnya, Honda BR-V 2022 memakai mesin baru yang diadopsi dari Honda City Hatchback yang telah berteknologi DOHC. Mesin 1.5L DOHC i-VTEC menghasilkan tenaga maksimum 121 PS pada 6.600 rpm dan torsi maksimum 145 Nm pada 4.300 rpm. Khusus untuk tipe S ini memakai transmisi manual 5-percepatan sehingga lebih sigap untuk melewati tanjakan yang relatif curam. 

Spesifikasi mesinnya punya tenaga yang mengungguli Suzuki XL7 Alpha AT. Torsi puncaknya ada di putaran menengah, sehingga membuat akselerasi awal bisa cukup responsif. 

Kesimpulan

Suzuki bisa menghadirkan XL7 yang fiturnya lebih lengkap dengan harga ekonomis. Namun, ada konsekuensi di balik harga terjangkau tadi yaitu pada performa mesin yang biasa saja. Secara keseluruhan, Suzuki XL7 ini tetaplah jadi low SUV yang value for money karena bisa menghadirkan tipe tertinggi di kisaran harga Rp260 jutaan. 

Sementara itu untuk Honda BR-V S MT ini semakin oke baik dari sisi fitur, desain, maupun performa yang diusungnya. Hanya saja, estimasi harga yang ditawarkan terasa kemahalan mengingat ini adalah tipe terendah. Patut diakui, Honda sejak lama terkenal sering mematok harga yang paling mahal untuk mobil yang mereka jual. 

 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

2022 Honda BR-V 1.5 S M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil