Harga Cuma Rp60 Jutaan, Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Honda CR-V Gen-1 RD1

Enda · 10 Jan, 2022 14:30

Kelebihan dan kekurangan Honda CR-V gen-1 RD1

Kelebihan dan kekurangan Honda CR-V gen-1 RD1

Honda CR-V Gen-1 dengan kode body RD1 pertama kali masuk ke Tanah Air pada 1998. Sebagai SUV pertama Honda yang secara resmi masuk ke Indonesia, mobil ini memiliki kepanjangan nama Compact Recreational Vehicle. Untuk artinya sendiri adalah mobil kompak yang nyaman.

Perlu diketahui, sosok mobil ini mampu bertahan di Indonesia hingga 2002 sebelum digantikan oleh generasi keduanya. Melihat eksistensinya, SUV kompak asal Negeri Sakura tersebut tiba di Tanah Air dalam dua versi, CBU dan CKD.

Untuk CBU sendiri didatangkan secara utuh dari Australia. Perlu diketahui, jumlah unit CR-V gen-1 yang beredar dengan status CBU ini sangat amat jarang ditemui. Mengenai fitur yang didapat, varian ini telah disematkan sistem penggerak All-time four wheel drive atau lebih dikenal AWD, sunroof, bentuk velg berbeda, suspensi lebih tinggi, reflektor lampu, mesin, transmisi dan jok.

Sedangkan versi lokal RD1 hanya mengandalkan penggerak roda depan untuk membuatnya dapat berjalan. Memiliki harga bekas Rp60 jutaan dan berbagi platform dengan Civic Ferio, apa sih kelebihan dan kekurangan Honda CR-V gen-1 yang dijual di Indonesia?

Baca juga: Kelebihan dan Kelemahan Honda CR-V Gen 3, Si Kura-kura yang Tangguh

Kelebihan Honda CR-V gen-1 RD1

1. Suspensi Lebih Empuk Ketimbang Generasi Keduanya

Kelebihan dan kekurangan Honda CR-V gen-1 RD1

Suspensi Honda CR-V gen-1 lebih empuk dibandingkan generasi penerusnya

Seperti yang diketahui, Honda CR-V gen-1 RD1 berhasil disematkan suspensi berjeniskan double wishbone di empat rodanya. Menggunakan supensi jenis tersebut, ayunan yang diterimanya terasa empuk ketika melewati jalan berkontur bahkan lebih nyaman dibandingkan generasi keduanya.

Tak hanya itu, handling yang diterimanya juga terasa stabil sekaligus proper berkat perpaduan antara platform sedan serta suspensinya tersebut.

2. Tampilan Gagah Layaknya SUV Tangguh di Zamannya

Kelebihan dan kekurangan Honda CR-V gen-1 RD1

Tampilan Honda CR-V gen-1 RD1 terkesan gagah

Bicara tampilan, Honda CR-V gen-1 RD1 terlihat sederhana namun memiliki bentuk gagah layaknya SUV tangguh. Dibandingkan dengan generasi keduanya yang banyak mengaplikasikan desain membulat, generasi pertama CR-V ini banyak menerima garis tegas namun tetap terkesan macho sekaligus timeless.

Pada bagian fascianya sendiri CR-V gen-1 menerima bumper dengan moncong yang lebih maju dan terlihat tinggi. Disisi sampingnya, mobil ini terlihat begitu kokoh dengan pilar yang dibuat tebal sekaligus miring. Melihat buritannya,  lampu belakangnya sendiri diletakan di atas mengikuti desain lampu SUV yang saat itu sedang nge-trend.

Guna mencirikan SUV tangguh, di bagian belakang kalian bisa menemui adanya ban yang diletakan menggantung pada pintu bagasinya. Uniknya, pintunya tersebut dibuat seolah tidak menyatu dengan kacanya, sehingga dikondisi tertentu kalian bisa dengan hanya membuka kacanya saja.

3. Kabin Terasa Lega

Kelebihan dan kekurangan Honda CR-V gen-1 RD1

Honda CR-V gen-1 RD1 memiliki ruang kabin yang lega

Terlihat mungil dibandingkan generasi keduanya, nyatanya Honda CR-V gen-1 ini memiliki ruang kabin yang terasa cukup lega. Seperti yang bisa dilihat, khususnya di baris pertama tidak ada pemisah jarak ruang kaki antara pengemudi dan penumpang depan. Hal ini dikarenakan tuas transmisinya diletakan di balik lingkar kemudi.

Di console tengahnya juga terdapat cup holder serta ruangan yang bisa dimanfaatkan untuk menaruh beberapa barang bawaan.

Kelebihan dan kekurangan Honda CR-V gen-1 RD1

Di baris kedua, jarak dengan jok didepannya juga cukup luas sehingga mampu memberikan kenyamanan terhadap penumpangnya. Terlebih lantai kabin mobil ini dibuat tidak terlalu tinggi, dimana penumpang akan merasa lebih nyaman ketika berkendara dengan waktu yang cukup lama.

Di belakang, kapasitas bagasi Honda CR-V gen-1 juga terbilang besar. Dengan begitu kalian akan merasa lebih mudah disaat membawa barang banyak.

4. Tenaga Honda CR-V gen-1 RD1 Cukup Melimpah

Kelebihan dan kekurangan Honda CR-V gen-1 RD1

Honda CR-V gen-1 RD1 hadir ditawarkan mesin 2.0L dengan tenaga yang melimpah

Honda CR-V gen-1 RD1 yang bisa kalian temui di Tanah Air ditawarkan mesin berkapasitas 2.000 cc. Sebagai pembeda, varian AWD pada unit CBU AUDM (Australian Domestic Market) disematkan jantung pacu berkodekan B20B yang secara data di atas kertas dapat memuntahkan tenaga hingga 128 PS @5.400 rpm dengan torsi puncak hingga 130 Nm @4.300 rpm. Beda halnya dengan varian CKD, model ini dibenamkan mesin F20A yang sama persis dipakai oleh Accord Cielo dengan perolehan tenaga sebesar 135 PS @6.000 rpm serta torsi maksimal 159 Nm @3.700 rpm.

Untuk kalian ketahui, versi lokal hadir dengan pilihan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan berpenggerak roda depan (FWD).

5. Sparepart Mudah Dijumpai di Pasaran

Kelebihan dan kekurangan Honda CR-V gen-1 RD1

Sparepart Honda CR-V gen-1 RD1 mudah ditemukan

Mengenai ketersediaan sparepart, Honda CR-V gen-1 RD1 masih banyak tersedia di pasaran. Dengan begitu kalian tidak perlu khawatir untuk mendapatkannya. Jika tidak ingin repot mencarinya, kalian juga bisa memanfaatkan marketplace toko online untuk memperoleh sparepart yang dibutuhkan.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Nissan X-Trail T30, SUV Terlaris di Masanya?

Kekurangan Honda CR-V gen-1 RD1

1. Konsumsi BBM Terbilang Boros

Kelebihan dan kekurangan Honda CR-V gen-1 RD1

Konsumsi BBM Honda CR-V gen-1 RD1 terbilang boros

Perihal konsumsi BBM, beberapa sumber informasi menyebutkan penggunaan dalam kotanya Honda CR-V gen-1 RD1 ini mampu menempuh jarak 6-8 km/liter. Sedangkan pemakaian luar kota dapat menorehkan angka 10-12 km/liter.

2. Part Body dan Aksesoris Sulit Didapat

Memiliki usia di atas 20 tahun, Honda CR-V gen-1 RD1 kini terbilang sulit untuk mendapatkan part body ataupun aksesoris, terlebih jika kalian ingin merubahnya ke model AUDM ataupun JDM. Jika pun ada, tentunya harga part body maupun aksesoris yang ditawarkan tentunya bisa membuat isi kantong jebol.

3. Jok di Baris Ketiga Sangat Sempit

Kelebihan dan kekurangan Honda CR-V gen-1 RD1

Jok paling belakang Honda CR-V gen-1 RD1 sempit

Bukan cuma bisa digunakan untuk menaruh barang, di baris paling belakang mobil ini kalian juga bisa menemukan dua buah jok yang diletakan saling berhadapan. Namun sayang, jok yang ditawarkan sangat tidak ergonomis dan sempit sehingga tidak cocok disinggahi oleh siapapun ketika ingin melakukan perjalanan jauh.

4. Kaki-kaki Perlu Mendapatkan Perhatian Khusus

Beberapa pemilik mobil ini menyebutkan bahwa kaki-kaki Honda CR-V gen-1 RD1 memerlukan perhatian khusus. Dimana karet bushingnya gampang getas akibat usia serta faktor pemakian. Seperti yang diketahui, mobil ini setidaknya memiliki 6-7 karet bushing yang wajib dilakukan pengecekan secara berkala. Tak hanya itu, bermodalkan penggerak roda depan, seperti karet bushing pada ball joint, tie rod, long tie rod, swing arm pun tak luput wajib mendapatkan bentuk atensi dari pemiliknya.

Kesimpulan

Berbagai kelebihan dan kekurangan Honda CR-V gen-1 RD1 berhasil kami sampaikan di atas. Dibandingkan dengan generasi penerusnya, CR-V pertama memiliki bantingan yang lebih empuk sekaligus nyaman. Namun sebelum memutuskan untuk meminganya, hal yang paling penting diperhatikan ialah bagian kaki-kaki, transmisi, body dan mesinnya.

Dibandrol mulai dari Rp60 jutaan untuk harga bekasnya saat ini, SUV pertama Honda yang masuk secara resmi di Indonesia ini bisa menjadi alternatif lain ketika kalian bingung dihadapkan oleh Suzuki Grand Escudo, Nissan X-Trail T30 dan Kia Sportage.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Grand Escudo, SUV Tangguh Rp50 Jutaan!

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Honda CR-V Black Editon

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru