window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Harga Cuma Setara Honda Brio Baru, Odyssey RB1 Mewah dan Bermesin Bandel

Yongki Sanjaya · 29 Nov, 2021 13:00

Harga Cuma Setara Honda Brio Baru, Odyssey RB1 Mewah dan Bermesin Bandel 01


Nama Honda Odyssey seringkali di bawah bayang-bayang Toyota Alphard sebagai MPV premium. Meskipun kalah pamor, namun Odyssey tak kalah nyaman dan bandel ketimbang MPV flagship Toyota tersebut. Kini, kalian bisa beli Honda Odyssey RB1 bekas dengan harga cuma setara Brio baru.

Honda Odyssey RB1 ini hadir pada periode 2005 sampai 2010, dan merupakan generasi ketiga secara global. Kini harga pasaran Honda Odyssey RB1 berkisar antara Rp115 juta sampai yang termahal yaitu Rp185 juta. Pilihan harga yang cukup besar ini memudahkan kita memilih sesuai kemampuan kantong.

Odyssey RB1 cukup banyak pilihan tipenya, mulai dari tipe M, L, Absolute, Absolute+, Absolute++. Sekalipun usianya sudah di atas 15 tahunan, namun Odyssey RB1 ini tetap seksi sebagai sebuah MPV. Desainnya yang pipih membuat Odyssey ini kadang terkesan sebagai mobil estate.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Harga Cuma Setara Honda Brio Baru, Odyssey RB1 Mewah dan Bermesin Bandel 01

Desainnya masih jauh lebih futuristik dan menarik dibanding mobil-mobil keluaran 2013/2014. Makin cantik lagi karena desain headlamp Odyssey RB1 yang sipit seperti mobil kekinian. Inilah faktor yang membuat Honda cukup banyak digemari anak muda, desainnya timeless.

Lantas, apakah Honda Odyssey RB1 bekas ini masih oke untuk dimiliki? Mari kita bahas lebih lanjut sosok MPV mewah ini.

Honda Odyssey RB1, Istimewa dengan Harga Murah

Harga Cuma Setara Honda Brio Baru, Odyssey RB1 Mewah dan Bermesin Bandel 02

Kenapa kami sebut Odyssey RB1 ini istimewa? Karena untuk sebuah motuba dengan harga di bawah Rp150 juta, Odyssey ini jadi paket lengkap. Desain timeless, fitur melimpah, harga terjangkau, dan driving impressions yang nyaman dengan handling impresif.

Honda Odyssey yang hadir di Indonesia umumnya tersedia dalam tipe Absolute. Pilihan transmisinya ada otomatis CVT untuk tipe M, dan L, kemudian transmisi otomatis tiptronic untuk tipe Absolute ke atas. Untuk jenis transmisi CVT ini terkenal 'cengeng' karena salah satunya juga salah asuhan. 

"Banyak kasus transmisi odyssey RB1 jebol tapi yang tipe CVT. Selain memang transmisi CVT honda generasi awal yang kurang durable, ada kasus gara-gara salah ganti oli transmisi. Semestinya menggunakan oli khusus CVT malah diisi ATF/ATFz1," tulis akun Sandwich di forum Seraya Motor. 

Harga Cuma Setara Honda Brio Baru, Odyssey RB1 Mewah dan Bermesin Bandel 03

Honda Odyssey ini memiliki dimensi panjang 4.830mm, lebar 1.820mm dan tinggi 1.695mm. Kesan mewah juga melengkapi mobil Honda Odyssey ini dengan lekukan yang di setiap sudutnya membuat penampilan ini terlihat modern. 

Hal yang membuatnya tak terlihat usang ialah adanya pilihan warna Black Amethyst, yang membuatnya seperti 'cat bunglon'. Warna hitam yang bila dilihat dari sudut lain berubah jadi ungu. Interiornya punya desain elegan dan terkesan luas, walau fitur entertainment belum didukung head unit layar sentuh. 

Interior Premium di Honda Odyssey RB1, Nyaman dan Berkelas

Harga Cuma Setara Honda Brio Baru, Odyssey RB1 Mewah dan Bermesin Bandel 04

Dengan harga yang cukup murah, kita bisa merasakan sensasi mobil mewah yang nyaman di Odyssey RB1 ini. Ruang kabin yang sangat luas menjadi salah satu kelebihan Honda Odyssey ini. Desain dashboardnya memberi kesan luas yang modern bahkan sampai sekarang. Kualitas material dan finishingnya cukup baik, tombolnya enak ditekan, knob halus dengan Bahannya yang bagus dan awet.

Dengan desain interior yang modern ini, kabin Honda Odyssey ini mampu membuat kagum penggunanya. Fiturnya yaitu jok driver elektrik, Sunroof, tombol pengaturan audio dan cruise control di setir. Odyssey sudah menganut keyless entry dan keyless starter. Model Kuncinya berupa smart card, seperti kartu kredit hanya lebih tebal. 

Perbedaan Performa Tiap Tipe Honda Odyssey RB1, Tipe Absolute Tenaganya Lebih Baik

Harga Cuma Setara Honda Brio Baru, Odyssey RB1 Mewah dan Bermesin Bandel 05

Kalian yang mencari Honda Odyssey RB1 bekas sebaiknya mengetahui tipe apa yang akan dipilih. Meskipun pakai mesin yang sama, tapi output tenaga di tipe Absolute lebih besar daripada tipe M dan L yang ada dibawahnya. 

Honda RB1 Absolute dibekali mesin K24A2 2.4 liter dengan output 200 hp dan torsi 232 Nm, atau memiliki tenaga lebih besar dari tipe L maupun M yang hanya 160hp saja. Konsekuensinya jelas pada konsumsi bahan bakar yang 'loss dol', kisaran 1:6 untuk pemakaian dalam kota. 

Selain desainnya yang masih keren, kelebihan Honda Odyssey lainnya itu nyaman dikendarai. Mobil ini didukung suspensi independen si depan dan belakang, dengan double wishbone dengan per keong. 

Sekalipun body mobil cukup besar, Odyssey mempunyai kenyamanan berkendara yang sangat oke. Body roll Odyssey RB1 juga tak separah Alphard karena desain ground clearance rendah dan body pipih. 

Kesimpulan

Statusnya yang merupakan mantan flagship tentu tidak sepadan kalau membandingkan Odyssey dengan Avanza atau Ertiga di kisaran harga bekas yang sama. Kamu yang mencari MPV dengan tingkat kenyamanan sangat baik bisa memasukkan Odyssey ini dalam daftar pilihan. Hanya saja, harga part dan konsumsi BBM jangan dibandingkan dengan LMPV. 

Paket lengkap dalam Honda Odyssey RB1 ini perlu dibayar dengan harga sparepart yang cukup mahal dan konsumsi bahan bakar yang agak boros. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

2021 Honda Odyssey 2.4L

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil