Harga Daihatsu Terios IDS Sudah Rp260 Jutaan, Mending Beli Toyota Fortuner Bekas yang Lebih Gagah

Prasetyo · 6 Okt, 2021 15:29

Toyota Fortuner Bekas

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) memperkenalkan Daihatsu Terios IDS beberapa waktu lalu. Perbedaannya adalah adanya tambahan fitur Eco Idle yang sistem kerjanya sama seperti fitur Idling Stop System pada Toyota Rush GR Sport.

Teknologi ini memerintahkan ECU untuk mematikan mesin mobil secara otomatis. Mesin akan berhenti bekerja ketika kendaraan berhenti sesaat misalnya ketika macet atau waktu berhenti di lampu merah.

Harga Daihatsu Terios IDS 2021

Harga Daihatsu Terios IDS 2021

Daihatsu Terios IDS ini hadir hanya untuk Terios varian tipe X, R, dan R Custom. Harganya mulai dari Rp216,4 juta hingga Rp268,9 juta. Cukup tinggi memang, mengingat di harga Rp260 jutaan ada pilihan mobil bekas yang segmennya di atas Daihatsu Terios, yakni Toyota Fortuner.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Meskipun beda segmen, namun ternyata Toyota Fortuner bekas kini harganya sudah ada yang dikisaran Rp250 juta hingga Rp260 juta. Pad rentang banderol ini, Anda bisa dapatkan Toyota Fortuner bekas tahun 2012-2015. Baik Toyota Fortuner seken bermesin bensin, atau Fortuner VNT Diesel bekas.

Baca juga : Naik Rp5 Jutaan, Daihatsu Terios IDS Cuma Nambah Dua Fitur!

Fitur Keselamatan Toyota Fortuner Juga Tak Kalah Lengkap

Daihatsu Terios IDS 2021

Fitur Eco Idle yang bisa matikan mesin sesaat

Daihatsu Terios IDS sejatinya adalah varian tambahan dari Terios X, Terios R, dan Terios R Custom. Dan selain fitur Eco Idle, semua varian ini juga sekarang telah dilengkapi HSA (Hill Start Assist) dan VSC (Vehicle Stability Control).

HSA memungkinkan mobil tidak merosot ke belakang dengan menahan posisi mobil selama 2-3 detik saat berhenti ditanjakan. Sedangkan fitur VSC merupakan satu fitur yang memiliki fungsi penting mendeteksi dan mencegah tergelincirnya mobil pada saat sedang melaju.

VSC dapat mencegah roda selip dan hilang nya traksi dengan mengurangi tenaga mesin menerapkan gaya pengereman secara efektif pada setiap rodanya. Selain itu Terios juga punya fitur ABS dan EBD untuk membantu pengereman agar tidak tergellincir dan juga Around View Monitor.

Toyota Fortuner Bekas -1

Kabin Fortuner lebih nyaman dari Terios

Untuk Fortuner, meskipun usaianya sudah lebih dari 5 tahun namun model ini juga punya banyak fitur keselamatan aktif dan pasif. Antara lain dibemper depan sudah ada tambahan LED Daytime Running Light (DRL).

Lalu di bemper belakang juga sudah ada corner and parking sensor. Biar makin lengkap, Fortuner juga sudah disertakan rear camera. Lalu SUV Toyota ini juga sudah ada fitur ABS dan Dual SRS Airbags.

Keduanya Juga Manjakan Penumpang Belakang

Daihatsu Terios IDS -2

Terios masuk kategori Low SUV sementara Fortuner Medium SUV

Kemudian bagaimana dengan fitur penunjang kenyamanannya? Di Terios ada head adjuster, tilt steering, Start/Stop Engine Button, Keyless Entry, AC Digital, Auto Headlamp, dan power outlet hingga ke bangku baris ketiga.

Cukup lengkap memang, tapi bukan berarti Toyota Fortuner bekas kalah kumplit. Sebab di model ini juga sudah ada seat adjuster, kisi-kisi AC hingga ke jok baris belakang, sampai roof monitor untuk sarana hiburan penumpang belakang.

Baca juga : Perbandingan Honda BR-V Tipe E 2022 vs Daihatsu Terios R IDS 2021: Crossover vs Real SUV

Mesin Toyota Lebih Superior

Toyota Fortuner Bekas -2

Soal mesin tentu Fortuner lebih unggul

Kalau dari sisi kelengkapan fitur boleh dibilang setara bahkan Daihatsu memberikan banyak teknologi modern. Tetapi untuk sektor mesin Terios harus tunduk dari Fortuner. Karena dibedakan pada kelas setingkat di atasnya, Fortuner juga punya mesin lebih digdaya dibanding Terios.

Di tahun produksi 2012-2015, Toyota membekali Fortuner dengan dua pilihan mesin. Yakni mesin diesel 2KD-FTV 2.5-liter D-4D VN Turbo Intercooler dan mesin bensin 2TR-FE 2.7-liter DOHC VVT-i. Mesin diselnya sanggup menghasilkan tenaga 144 PS pada 3.400 rpm dengan torsi 343 Nm di 1.600-2.800 rpm. Sementara mesin bensinya mampu memproduksi tenaga 160 PS pada 5.200 rpm dnegan torsi 241 Nm di 3.800 rpm.

Bandingkan dengan Daihatsu Terios yang cuma pakai mesin 2NR-VE 1.5-liter 4 silidner DOHC Dual VVTi. Meisn ini cuma sanggup memproduksi daya puncak 104 PS di 6.000 prm dengan torsi 136 Nm di 4.200 rpm.

Toyota Fortuner Buat yang Mau Cari SUV Tangguh

Toyota Fortuner Bekas -4

Fortuner sudah ada opsi 4x4

Mencari mobil SUV tentunya harus kuat dipakai menghadapi beberapa medan jalan yang mungkin saja tidak selamanya ramah. Daihatsu Terios beruntung pakai sistem pengegrak roda belakang (RWD) meski mesinnya tidak istimewa.

Tapi kalau Anda mencari SUV sejati yang tangguh, maka rasanya Toyota Fortuner adalah pilihan paling tepat. Sebab Toyota selain menggunakan sistem penggerak RWD, juga ada varian yang berpenggerak semua roda (4x4). Sehingga tentunya bisa lebih kampiun saat menghadapi medan cukup ekstrim sekalipun.

Jadi, yakin masih mau pilih Daihatsu Terios IDS?

Baca juga : Lebih Irit Mana, Konsumsi BBM Toyota Fortuner Diesel Manual atau Matic?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Daihatsu Terios X M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru