Harga Honda Brio 2021 Tembus Rp200 Juta, Nih Alternatif Mobil Lainnya yang Layak Kita Lirik

Enda · 25 Jan 2021 19:00

Honda Brio 2021

Honda Brio sepanjang tahun 2020 kemarin berhasil menorehkan catatan penjualan yang sangat gemilang. Menurut data penjualan wholesales (dari pabrik ke diler) yang dihimpun dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), Honda Brio berhasil mencatat angka penjualan sebanyak 43.021 unit.

Angka penjualan yang diperoleh sepanjang Januari-Desember 2020, membuat Honda Brio mampu bertengger di urutan nomor satu di antara berbagai merek dan model kendaraan roda empat yang ada di Tanah Air.

Menyoal harga terbaru Honda Brio 2021 yang ditawarkan saat ini, hatchback kompak LCGC besutan pabrikan berlogokan ‘H’ tegak ini ditawarkan lebih mahal Rp3 juta.

Harga Honda Brio 2021 kini menjadi Rp149 juta hingga Rp204 juta. Tembus di atas Rp200 juta, salah satu produk flagship Honda ini dihadirkan dalam lima varian, All New Honda Brio S M/T, All New Honda Brio E M/T, All New Honda Brio E CVT, All New Honda Brio RS M/T dan All New Honda Brio RS CVT.

Semakin Mahal, Honda Brio RS 2021 Andalkan Desain Stylish dan Eye-Catching

Tampilan samping Honda Brio 2021

Honda Brio 2021 yang dijual saat ini diperkenalkan pada 2018.Saat diluncurkan, Honda Brio mendapat ubahan besar dari segi tampilan eksterior, interior dan fitur. Pada tampilan eksterior, Honda Brio 2021 kini terlihat lebih atraktif, sporty dan eyes catching tentunya.

Saat kita masuk ke bagian dalamnya, kalian akan disuguhkan sebuah tampilan terbaru Honda Brio 2021 yang terkesan lebih dinamis dibanding generasi sebelumnya.

Kompartemen bagian depan yang melekat di area dashboard dibuat lebih ergonomis. Hal ini tentunya memberikan kemudahan bagi penggunannya dalam menjalankan setiap fitur yang tersedia pada city car paling populer saat ini.

Tampilan dashboard Honda Brio 2021

Honda Brio 2021, City Car Kaya Fitur

Lalu bagaimana dengan fiturnya? Honda Brio 2021 diduking fitur yang lumayan banyak. Tidak hanya itu, fitur yang disematkan di mobil terjangkau garapan Honda ini juga memiliki fitur keselamatan dan keamanan terlengkap dan terbaik di kelasnya.

Semua varian Honda Brio 2021 kini ditanamkan sistem pengereman dengan teknologi Anti-Lock Braking System (ABS) yang dapat mencegah penguncian roda saat mengalami pengereman secara mendadak. Ada juga Electronic Brake-force Distribution (EBD) berfungsi untuk mendistribusikan daya pengereman sesuai beban kendaraan.

Baik penumpang depan maupun pengemudi juga dapat meminimalisir cedera akibat benturan. Karena Honda Brio 2021 dibekali Dual Front SRS Airbags yang tertanam di dashboard penumpang serta lingkar kemudi.

G-CON + ACE Honda Brio 2021

Oh iya, All New Honda Brio memakai teknologi G-CON + ACE untuk struktur rangka. Dengan adanya teknologi ini, maka penumpang akan lebih terlindungi ketika mengalami benturan cukup keras.

Bicara fitur keamanan, All New Honda Brio juga mendapatan berbagai fitur kekinian, mulai dari kunci dengan teknologi Immobilizer. Fitur ini terdiri dari transponder chip yang ada di kunci mobil, kemudian menempel pada lubang kunci yang terdapat transponder qoil, transponder key amplifire, transponder key ECU dan akhirnya mengirimkan sinyal ke ECU.

APAR (Alat Pemadam Api Ringan) pada mobil baru 2021

Demi memenuhi regulasi terkait keamanan dari Kemenhub, Honda Brio 2021 kini mendapatkan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) yang diletakan di bawah.

Dengan tampilan menarik, kenyamanan unggul serta fitur lebih lengkap di kelasnya, sebagian calon konsumen melihat bahwa city car besutan Honda kini dibandrol sudah cukup mahal. Mengingat mobil seperti ini umumnya dijual dengan harga terjangkau, biasanya di bawah Rp200 juta.

Berikut adalah pilihan mobil baru seharga Rp200 jutaan yang bisa kalian pertimbangkan selain memilih Honda Brio 2021

1. Toyota Avanza (Rp200,2 juta)

Toyota Avanza 2021

Sebagai mobil ‘sejuta umat’, nama besar Toyota Avanza masih sering ditulis pada list kertas calon pembeli ketika sedang mencari mobil dikisaran harga Rp200 jutaan. Masuk dalam golongan LMPV (Low Multi Purpose Vehicle), Toyota Avanza 1.3 E STD M/T menurut situs resminya dibandrol Rp200,2 juta OTR Jakarta.

Bermain di segmen LMPV, Toyota Avanza sendiri sangat bisa diandalkan. Selain terjangkau, salah satu flagship Toyota ini juga sangat cocok untuk keluarga di Indonesia.

Toyota Avanza sendiri kini sudah dilengkapi dengan fitur yang lebih baik serta tampilan lebih atraktif dari generasi sebelumnya. Bicara soal dapur pacu, varian 1.3L dan 1.5L kini mendapatkan mesin baru yang diklaim lebih bertenaga.

2. Suzuki Ignis (Rp204,5 juta)

Suzuki Ignis 2021

Masuk dalam segmen hatchback kompak berpenampilan crossover, Suzuki Ignis pada tipe teratasnya ditawarkan dengan harga yang sangat bersaing dengan Honda Brio 2021. Dilansir dari situs resminya, Suzuki Ignis GX AGS dibandrol Rp204,5 juta.

Melihat kelasnya, Suzuki Ignis sendiri memposisikan dirinya berada di atas Honda Brio 2021. Fitur, kenyaman, serta tampilan yang disuguhkan crossover kompak pabrikan berlogo ‘S’ ini juga tidak kalah keren dari Honda Brio 2021.

Transmisi otomatis yang ditawarkan pada tipe teratasnya juga terbilang responsif dan mudah digunakan bila dibandingkan dengan transmisi CVT pada Honda Brio 2021.

Fitur dari Suzuki Ignis juga tidak mau ketinggalan, mobil mungil non LCGC produk Suzuki ini dilengkapi ABS, EBD, Dual SRS Airbags, Keyless Entry, LED Projector Headlamps dan mesin 1.2L yang bertenaga.

3. Wuling Cortez (Rp209 juta)

Wuling Cortez 2021

Pabrikan otomotif jenama China, Wuling belum genap lima tahun turut meramaikan kancah otomotif Tanah Air. Wuling sendiri terkenal akan menawarkan harga murah dengan fitur melimpah pada setiap produk yang dijajakannya.

Salah satunya Wuling Cortez. MPV yang digadang-gadang sebagai pesaing Toyota Kijang Innova ini. Untuk varian Wuling Cortez 1.5S T (4x2) 6 M/T hanya dibandrol Rp209 juta OTR Jabodetabek.

Di kelas mobil MPV medium, Wuling Cortez punya harga paling murah. Untuk kalian yang sedang mengidamkan mobil impian dikisaran Rp200 jutaan yang bisa dimuati 7 orang, Cortez tipe ini bisa jadi satu alternatif.

Wuling Cortez 1.5S T (4x2) 6 M/T yang dibandrol setara dengan Honda Brio tipe teratas ini mendapatkan mesin 1.5L dengan dorongan turbocharger. Tenaga yang dihasilkan cukup besar mengingat kubikasinya di bawah 2.000 cc, sebesar 142 PS @5.200 Rpm serta torsi 250 Nm @1.600-3.600 Rpm.

Begitu juga fiturnya. Meski varian terendah, Wuling Cortez 1.5S T (4x2) 6 M/T mendapat fitur keselamatan dan keamanan yang terbilang cukup lengkap.

4. Daihatsu Xenia (Rp207,6 juta)

Daihatsu Xenia 2021

Saudara kembar dari Toyota Avanza ini dibandrol dengan harga yang relatif terjangkau. Dengan uang Rp 200 jutaan, kalian bisa memilih Grand New Xenia X A/T 1.3 STD yang dijual Rp207,6 juta.

Pada varian manualnya, di tipe yang sama ditawarkan lebih murah, yakni Rp 196,7 juta. Namun, Kalian bisa diuntungkan ketika menajuthkan hati pada Daihatsu Xenia.

Selain mempunyai harga yang bersaing dengan Honda Brio 2021, Daihatsu Xenia ini menawarkan kapasitas lebih banyak, mudahnya perawatan, serta ketersediaan suku cadang yang melimpah.

Sama seperti Toyota Avanza, kini Daihatsu Xenia mempunyai tampang yang terkesan lebih atraktif dari generasi sebelumnya. Bicara soal dapur pacu, pihaknya menanggalkan mesin 1.0L yang dianggap kurang bertenaga. Daihatsu Xenia kini tersedia dua varian 1.3L dan 1.5L yang diklaim juga lebih bertenaga.

5. Daihatsu Sirion (Rp201,7 juta)

Daihatsu Sirion 2021

Punya uang Rp200 jutaan, tidak diharuskan melulu memilih Honda Brio RS CVT. Untuk di kelas city car hatchback yang notabenenya bukan LCGC, terdapat Daihatsu All New Sirion STD M/T yang dijual Rp201,7 juta.

Sebagai hatchback kompak yang masih ditawarkan hingga saat ini oleh PT Astra Daihatsu Motor, Daihatsu Sirion memiliki dimensi yang lebih besar dari Honda Brio 2021. Selain itu, kapasitas mesin yang dimiliki Daihatsu Sirion juga terbilang lebih besar dan unggul dari Honda Brio. Mesinnya mendapatkan kapasitas 1.3L berteknologi Dual VVT-i yang irit akan penggunaan bahan bakar.

Daihatsu All New Sirion STD M/T juga dilengkapi pengaturan AC secara digital, spion retractable, Headlamp Leveling Adjuster yang juga menganut teknologi LED Headlamp With Follow Me Home.

Kesimpulan

Untuk kalian yang saat ini mencari sebuah mobil impian dikisaran angka Rp200 jutaan, masih ada pilihan lain yang tak kalah menarik dari Honda Brio RS CVT.. Pasalnya, kami melihat masih ada beberapa opsi mobil lain yang lebih menarik dari segala segmen dan merek.

Opsi ini bisa kalian sesuaikan dengan kebutuhan ketika sedang mencari sebuah mobil baru. Jika kebutuhan utama digunakan untuk ke pasar, mengantar anak ke sekolah maupun kuliah, mungkin Honda Brio, Suzuki Ignis dan Daihatsu Sirion bisa menjadi opsi.

Namun, ketika kalian sudah memiliki keluarga dan menginginkan sebuah mobil yang lebih besar dikisaran harga Rp200 jutaan, nama Toyota Avanza, Daihatsu Xenia atau Wuling Cortez bisa kalian pilih.

Komentar

Mobil Terbaru