Harga Honda BR-V 2022 Termurah Bisa Beli Toyota Rush Tertinggi dengan Fitur Lebih Banyak

Adit · 2 Des, 2021 15:04

Harga Honda BR-V 2022 Termurah Bisa Beli Toyota Rush Tertinggi dengan Fitur Lebih Banyak 01

Harga Honda BR-V 2022 terbilang tinggi bila dibandingkan para kompetitornya. Untuk varian terendah S M/T misalnya, banderolnya mulai dari Rp275,9 juta. Beberapa Low SUV lain bahkan harga tipe tertingginya tidak terpaut mahal, contohnya Toyota Rush GR Sport A/T yang harganya Rp267,1 juta. 

Ini karena Rush masuk ke dalam kategori mobil yang mendapat relaksasi PPnBM (Pajak Penjualan Barang Mewah), makanya harganya lebih rendah. Sedangkan BR-V saat ini disebut pabrikan dilego dengan harga khusus, sebelum mengalami penyesuaian lagi di awal tahun. 

Harga Honda BR-V 2022 Termurah Bisa Beli Toyota Rush Tertinggi dengan Fitur Lebih Banyak 02

Tampilan Toyota Rush GR Sport

Baca Juga: 5 Perbedaan Toyota Rush GR Sport dan Rush TRD Sportivo, Lebih Suka yang Mana?

Meski begitu secara harga, mobil-mobil yang dipasarkan lebih murah tentu semakin menggiurkan. Oleh karena itu bisa dikatakan pemilihan Toyota Rush tipe tertinggi akan lebih masuk akal daripada model yang lebih mahal. Selain itu fiturnya juga lebih lengkap. Jadi, begini ulasan perbandingannya.

Toyota Rush GR Sport Lebih Banyak Fitur

Walaupun dijual lebih murah, tetapi pabrikan tetap menyematkan banyak fitur. Untk fitur keselamatan sudah ada 6 airbags, Vehicle Stability Control, Hill Start Assist, Anti-lock Braking System, Emergency Brake Signal, hingga seatbelt indicator 7-titik. 

Masuk ke interior Toyota Rush GR Sport ada panel soft touch di dashboard, kombinasi panel meter baru, auto AC, juga head unit 7 inci baru yang bisa terhubung Android Auto dan Apple CarPlay. Tak lupa, ditambahkan juga fitur Idling Stop untuk menghemat konsumsi BBM

Harga Honda BR-V 2022 Termurah Bisa Beli Toyota Rush Tertinggi dengan Fitur Lebih Banyak 01

Interior Toyota Rush GR Sport

All New Honda BR-V juga ada beberapa fitur seperti model sebelumnya. Hanya saja tidak terlalu lengkap. Jumlah airbag hanya 2 titik untuk perlindungan pengemudi dan penumpang depan, serta minus fitur penghemat bahan bakar. 

Toyota Rush RWD, Honda BR-V FWD, Mana yang Lebih Baik?

Sistem penggerak Toyota Rush masih menggunakan roda belakang atau RWD, sedangkan lawannya di komparasi ini menggunakan roda depan alias FWD. Berdasarkan catatan kami, mobil RWD bakal lebih tangguh di tanjakan. 

Karena pada saat itu sesuai gaya gravitasi, bobot akan berpindah ke belakang. Benefitnya daya cengkeram ban belakang akan lebih baik, membuatnya bisa terus menapak ke permukaan jalan. Inilah yang tidak dimiliki mobil FWD seperti all new Honda BR-V. 

Harga Honda BR-V 2022 Termurah Bisa Beli Toyota Rush Tertinggi dengan Fitur Lebih Banyak 02

All New BR-V baru didistribusikan tahun depan

Baca Juga: Membandingkan Biaya Servis Toyota Rush dan Honda BR-V

Besar kemungkinan di beberapa tanjakan curam akan sulit melahap tanjakan. Sebab ban depan justru akan mengalami spin alias berputar di tempat. Hanya saja di jalan mendatar penyaluran tenaganya lebih responsif. 

Honda BR-V Unggul di Tenaga

Lanjur mari kita ulas perbandingan performa mesin. Di atas kertas keduanya sama-sama menggendong mesin 1.500 cc. Hanya saja Honda BR-V menjanjikan keluaran tenaga yang lebih besar, hingga 121 PS di 6.600 rpm. Sementara Toyota Rush lebih kecil, sekitar 104 PS di 6.000 rpm. 

Demikian halnya untuk besaran torsi mesin. Honda BR-V rupanya juga sedikit lebih unggul, besarannya 145 Nm yang dicapai di 4.300 rpm, sedangkan Toyota Rush 136 Nm pada 4.200 rpm. Jadi dari perbandingan output dapur pacu sudah ketahuan siapa juaranya. 

Harga Honda BR-V 2022 Termurah Bisa Beli Toyota Rush Tertinggi dengan Fitur Lebih Banyak 03

Interior All New Honda BR-V

Sama-sama Berkemampuan Tangguh di Jalan Rusak

Terakhir bicara kemampuannya melibas jalan rusak berlubang atau semi off road. Sebenarnya keduanya sama-sama mumpuni, sebab baik all new Honda BR-V tipe S dan Toyota Rush GR Sport memiliki ground clearance 220 m. Bukan yang tertinggi di kelasnya, karena masih ada Mitsubishi Xpander Cross 225 mm. 

Tetapi untuk kemudahan operasional, Toyota Rush bisa lebih unggul. Karena versi termahalnya hadir dalam format transmisi AT, sedangkan Honda BR-V termurah atau terendah cuma tersedia transmisi manual 6-percepatan. 

Baca Juga: Perbandingan Toyota Rush Bekas dan Baru, Perkara Kapasitas Jadi Pertimbangan

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Toyota Rush 1.5 G MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru