window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Harga Honda Mobilio E dan S Selisih Rp20,6 Juta, Apakah Keduanya Lebih Menarik Dari Toyota Avanza?

Enda · 3 Sep, 2021 16:30

Harga Honda Mobilio E dan S Selisih Rp20,6 Juta, Apakah Keduanya Lebih Menarik Dari Toyota Avanza? 01

Perbedaan Honda Mobilio E dan S

Bicara mobil di segmen Low MPV, cukup banyak yang jadi pesaing Toyota Avanza. Ada satu model yang kiprahnya makin terlupakan, yaitu Honda Mobilio. Eksistensi Honda Mobilio hingga kini masih bisa dirasakan meskipun secara penjualan tidak segemilang para pesaing terdekatnya.

Tercatat selama Juli 2021 Mobilio berhasil mencatat angka penjualan wholesales (pabrik ke delaer) sebanyak 711 unit, yang membuatnya menempati urutan ketiga di bawah Avanza dan Xpander. Mengetahui harga barunya saat ini, Honda Mobilio diniagakan mulai dari Rp206,4 juta hingga Rp261,5 juta.

Pada pembahasan kali ini, kami akan mengulas perbedaan antara Honda Mobilio E dan S. Lantas apakah Low MPV pabrikan otomotif berlogokan ‘H’ tegak ini juga lebih menarik dimiliki daripada Toyota Avanza?

Baca juga: Harga Beda Rp30 Jutaan dan Basis Sama, Mending Beli Honda Mobilio atau Honda BR-V?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Tampilan Luar Honda Mobilio E Lebih Lengkap Dibandingkan S

Harga Honda Mobilio E dan S Selisih Rp20,6 Juta, Apakah Keduanya Lebih Menarik Dari Toyota Avanza? 01

Honda Mobilio E lebih lengkap

PT Honda Prospect Motor (HPM) pada Februari 2019 diketahui kembali melakukan update terhadap Mobilio. Untuk varian E nya, mobil ini kini dilengkapi dengan grill berlapisan krom dengan dimensi cukup tebal.

Selain itu, pada fascianya kini mendapatkan New Projector Headlamp with LED Daytime Running Light, serta fog lamp di bumpernya untuk visibilitas pengendara yang lebih baik. Di bagian bumpernya tersebut, kalian juga bisa menemukan adanya tambahan body kit untuk mempertegas kesan sporty.

Pada bagian samping, Mobilio E diaplikasikan velg alloy 15 inci dengan desain baru berkelir Two-Tone yang tampak semakin sporty. Selain itu, kalian juga bisa melihat handle pintu yang dicat senada dengan warna body, cover spion dengan lampu sein, serta tambahan side skirt yang menambah kesan stylish untuk varian ini. 

Kesan stylish sekaligus sporty pada model ini juga semakin diperkuat dengan spoiler di bagian bawah bumper belakang yang dikombinasikan garnish berwarna krom di atas plat nomornya.

Harga Honda Mobilio E dan S Selisih Rp20,6 Juta, Apakah Keduanya Lebih Menarik Dari Toyota Avanza? 02

Eksterior Honda Mobilio S

Tidak seperti tipe S, varian terendah Mobilio tersebut terlihat lebih ekonomis namun tetap menghadirkan nilai lebih bagi konsumen. Dimana pada fascianya hadir dengan beberapa ubahan seperti New Stylish Front Grille Design yang atraktif, headlamp halogen serta belum dilengkapi fog lamp.

Melihat bagian sampingnya, mobil ini disematkan velg alloy baru 15 inci Alloy Wheel. Tidak seperti Mobilio E, varian S belum dilengkapi dengan body kit, handle pintu berwarna hitam serta tidak ditemukannya lampu sein pada cover spion.

Interior Keduanya Sedikit Berbeda

Harga Honda Mobilio E dan S Selisih Rp20,6 Juta, Apakah Keduanya Lebih Menarik Dari Toyota Avanza? 03

Dashboard Honda Mobilio E

Dilihat secara sekilas, tampilan interior Mobilio E dan S terlihat sama. Hanya saja interior varian E didominasi dengan warna ivory dan black.

Pada dashboard, Mobilio E disematkan dengan New 6,2” Resistive Touchscreen Display Audio yang mendukung berbagai fitur seperti Hands Free Telephone, Bluetooth Connection, serta pemutar CD & DVD.

Untuk memberikan kemudahan terhadap penggunanya dalam mengatur sistem infotaiment, pada lingkar kemudinya berhasil disematkan Audio Sterring switch. Selain itu, kalian juga bisa menemukan fitur berupa Rear Camera dan spion Retractable.

Bicara Mobilio S, varian ini memperoleh New 2DIN Audio with Bluetooth & Hands Free Telephone, pengaturan AC digital dengan double blower, ECO Indicator, layar MID, One Touch Tumble 2nd Row Seat, dan Heat Rejecting Green Tinted Glass. Perlu kalian ketahui, tipe terendah Mobilio ini memiliki nuansa kabin yang serba hitam.

Baca juga: Menanti Generasi Baru Honda Mobilio: Apa yang Harus Disempurnakan dari Mobil Ini?

Fitur Keselamatan Keduanya Sama

Harga Honda Mobilio E dan S Selisih Rp20,6 Juta, Apakah Keduanya Lebih Menarik Dari Toyota Avanza? 04

Fitur keselamatan Honda Mobilio E dan S sama

Untuk keselamatan berkendara, Honda Mobilio E dan S menggunakan rangka G-CON + ACE untuk meredam benturan saat terjadi kecelakaan, serta dilengkapi Dual Front SRS Airbags untuk perlindungan lebih lengkap. Sistem pengereman keduanya juga didukung dengan ABS + EBD.

Disisi lain, kalian juga akan menemukan Seatbelt Reminder untuk pengemudi dan penumpang depan, Pretensioner with Load Limiter Seatbelt, Isofix & Tether, Parking Sensor serta Alat Pmadam Api Ringan (APAR) untuk keduanya.

Mengenai fitur keamanannya, varian S telah dibenamkan Immobilizer, dan Auto Door Lock by Speed. Sedangkan tipe E nya mendapat tambahan Keyless Entry serta Alarm System.

Honda Mobilo E dan S Sama-sama Dibenamkan Mesin 1.500 Cc

Harga Honda Mobilio E dan S Selisih Rp20,6 Juta, Apakah Keduanya Lebih Menarik Dari Toyota Avanza? 05

Mesin 1.5L SOHC pada Honda Mobilio

Bicara jantung pacu, Honda Mobilio E dan S dibenamkan mesin 1.5L SOHC 4 Silinder Segaris 16 Katup i-VTEC +DBW yang digunakan dapat memuntahkan tenaga hingga 118 PS @6.600 rpm, serta torsi maksimal 145 Nm @4.600 rpm. Untuk membuatnya dapat berjalan, Mobilio mengandalkan penggerak roda depan (FWD).

Transmisi Otomatis CVT Hanya Tersedia di Varian E Saja

Harga Honda Mobilio E dan S Selisih Rp20,6 Juta, Apakah Keduanya Lebih Menarik Dari Toyota Avanza? 06

Honda Mobilio E mendapat transmisi otomatis CVT

Honda Mobilio E ditawarkan dengan dua pilihan transmisi, yakni manual 5-percepatan serta otomatis CVT. Sedangkan Mobilio S hanya memperoleh satu pilihan transmisi manual 5-percepatan saja.

Kesimpulan

Setelah membahas perbedaan antara Honda Mobilio E dan S, dapat ditarik kesimpulan bahwa keduanya memiliki kontras pada lampu utama, fog lamp, grill, body kit, cover spion, handle pintu, serta desain velg untuk sektor tampilan luarnya.

Pada sisi interiornya, nuansa kabin tipe E dan S juga berbeda. Dimana Mobilio E didominasi dengan warna ivory dan black serta mendapatkan Head Unit layar sentuh, Audio Sterring switch, Rear Camera serta spion Retractable.

Oh iya, sebagai informasi, Honda Mobilio E hadir dengan dua pilihan transmisi manual 5-percepatan serta otomatis CVT. Sedangkan varian S hanya ditawarkan transmisi manual 5-percepatan saja.

Sedikit melakukan perbandingan dengan pesaing terdekatnya, yakni Toyota Avanza G (tipe teratas), bagi kami tipe termurah Honda Mobilio, S, masih lebih layak untuk dipilih. Hal ini diakarenakan Mobilio memiliki performa, kenyamanan serta fitur keselamatan yang lebih unggul.

Seperti yang kami sebutkan di atas, Mobilio S menggunakan rangka G-CON + ACE untuk meredam benturan saat terjadi kecelakaan, serta dilengkapi Dual Front SRS Airbags untuk perlindungan lebih lengkap. Sistem pengereman keduanya juga didukung dengan ABS + EBD.

Selain itu juga terdapat Seatbelt Reminder untuk pengemudi dan penumpang depan, Pretensioner with Load Limiter Seatbelt, Isofix & Tether, Parking Sensor serta Alat Pemadam Api Ringan (APAR).

Mengenai fitur keselamatan, yang ada di Avanza G, mobil ini behasil ditanami Dual Airbags, ABS (Anti-Lock Braking System), ISOFIX, 3-Points Seatbelt, Side Impact Beam dan Front Passenger Seat belt Warning.

Dari segi performa, Avanza menawarkan mesin 1.3L yang mampu merilis tenaga hingga 96.5 PS @6.000 rpm serta torsi mencapai 120 Nm @4.200 rpm.

Sedangkan Mobilio tercatat menggunakan mesin 1.5L yang dapat memuntahkan tenaga hingga 118 PS @6.600 rpm, serta torsi maksimal 145 Nm @4.600 rpm.

Baca juga: Jarang Dilirik, Ini Keistimewaan Honda BR-V yang Wajib Kalian Ketahui

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda Mobilio S MT 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil