Harga Honda Mobilio RS Lebih Mahal Rp5,8 Jutaan, Tapi Kok Fiturnya Setara Daihatsu Xenia R CVT ADS?

Yongki Sanjaya · 14 Des, 2021 12:30

Harga Honda Mobilio RS Lebih Mahal Rp5,8 Jutaan, Tapi Kok Fiturnya Setara Daihatsu Xenia R CVT ADS? 01

Pertarungan model di segmen low MPV kian memanas setelah meluncurnya facelift garapan duo Astra, yaitu Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza. Dari sekian banyak model low MPV, rupanya masih ada Honda Mobilio yang belum menghadirkan versi major facelift. Berbekal fitur 'seadanya', apakah Honda Mobilio RS ini mampu bersaing dengan Daihatsu Xenia R CVT ADS?

Agak jomplang bila membandingkan kedua model tersebut, pasalnya Daihatsu Xenia generasi ketiga telah didukung fitur keselamatan aktif A.S.A. Sebaliknya, Honda Mobilio belum mendapat dukungan Honda Sensing sebagaimana BR-V yang sudah terlebih dahulu memilikinya. Berikut ini perbandingan harga antara kedua mobil tersebut:

  • Harga Honda Mobilio RS CVT Rp 250.000.000
  • Harga Daihatsu Xenia R CVT ASA Rp242.400.000
  • Harga Daihatsu Xenia R CVT ADS Rp244.200.000

Melihat perbandingan harga tadi, Mobilio RS jadi yang paling mahal bahkan dibandingkan dengan tipe tertinggi Xenia sekalipun. Sebagai informasi, Xenia R CVT ADS ini tidak memiliki fitur keselamatan aktif Advanced Driver Assistance System (ADAS), diganti oleh aksen body kit serta upgrade kualitas hiburan pada head unit dan speaker. 

Ada banyak ubahan yang ditawarkan pada Xenia R ini, mulai dari desain yang lebih maskulin, fitur baru, serta perubahan menyeluruh dari segi sasis dan penambahan transmisi CVT. Semua hal tadi sebelumnya sudah dimiliki oleh Honda Mobilio RS. Adapun Mobilio terakhir kali mendapatkan peningkatan fitur dan tampilan pada Februari 2019 silam.

Lantas, apakah dengan harga yang lebih mahal membuat Honda Mobilio RS ini fiturnya terlihat usang? Mari kita bandingkan dengan Daihatsu Xenia R sebagai sang kuda hitam.

Adu Fitur Infotainment Honda Mobilio RS vs Daihatsu Xenia 1.5 R, Harga Mahal Belum Tentu Keren 

Harga Honda Mobilio RS Lebih Mahal Rp5,8 Jutaan, Tapi Kok Fiturnya Setara Daihatsu Xenia R CVT ADS? 01

Ruang kabin Mobilio termasuk cukup baik dalam hal akomodasi, walau belum punya fitur Ultra Seat seperti pada Jazz atau HR-V. Selain itu, agak disayangkan bangku baris ketiga tidak begitu lega untuk penumpang dewasa. 

Untuk Mobilio RS sebagai tipe tertinggi sudah dibekali penyejuk udara AC auto climate yang membuat suhu kabin menjadi lebih nyaman. Head unit berukuran 8 inci untuk Mobilio RS sebagai varian tertinggi terpasang pada dashboard. Fitur hiburannya didukung oleh 6 speaker premium yang menemani sepanjang perjalanan.

Makin praktis, head unitnya sudah didukung dengan konektivitas USB, AUX, Bluetooth dan konektivitas smartphone termasuk Android Mode dengan menggunakan Smart App.

Harga Honda Mobilio RS Lebih Mahal Rp5,8 Jutaan, Tapi Kok Fiturnya Setara Daihatsu Xenia R CVT ADS? 02

Bagaimana dengan Xenia 1.5 R CVT ADS ini? Tipe tertinggi ini berusaha tampil keren walau tanpa ASA. 

Ada sedikit keunikan pada pembagian tipe di Daihatsu Xenia 2022 ini. Sebab PT Astra Daihatsu Motor menjadikan tipe 1.5 R CVT ADS sebagai tipe tertinggi, bukan varian dengan ASA. Bila dibandingkan tipe standar, ada beberapa penambahan aksen body kit dan garnish merah. 

Xenia 1.5 R CVT ADS fiturnya paling banyak dari seluruh varian yang ada. Tipe ini mendapat start/stop button, digital AC, steering switch dan auto retractable function. Ada lagi key free system dan outer mirror with turn lamp. 

Head unit sebesar 9-inci dengan monitor bergaya floating yang mendukung Android Auto dan Apple CarPlay untuk kemudahan konektivitas. Makin menarik karena ada Around View Camera bakal memudahkan memantau kondisi di sekitar mobil. Pada trim ADS juga ketambahan fitur ambient light, air purifier dan karpet 3D.

Fitur keselamatan Honda Mobilio RS vs Daihatsu Xenia R CVT ADS, Beda Harga Tapi Serupa

Harga Honda Mobilio RS Lebih Mahal Rp5,8 Jutaan, Tapi Kok Fiturnya Setara Daihatsu Xenia R CVT ADS? 03

Mobilio juga harus mengakui ketertinggalannya dalam hal keselamatan. Pasalya Honda masih belum menambahkan fitur keselamatan canggih Honda Sensing. Padahal fitur ini sudah disematkan pada Honda BR-V 2022.

Namun jangan khawatir, karena sebenarnya tipe tertinggi di Daihatsu Xenia juga tidak memiliki ADAS. Jadi, masih agak berimbang kelengkapan antara Xenia R CVT ADS dengan Mobilio RS.

Pada Honda Mobilio RS, konsumen bisa mendapatkan fitur pengereman Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brakeforce Distribution (EBD), termasuk Hill Start Assist (HSA) dan Vehicle Stability Assist (VSA).

Harga Honda Mobilio RS Lebih Mahal Rp5,8 Jutaan, Tapi Kok Fiturnya Setara Daihatsu Xenia R CVT ADS? 04

Walaupun All New Xenia 1.5 R ADS tidak dilengkapi Advanced Safety Assist (ASA) tapi bukan berarti peranti keselamatannya payah. Fitur yang ada sudah cukup layak untuk kebutuhan mobil harian masa kini, seperti dual airbag, ABS+EBD, Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Start Assist (HSA).

Kesimpulan

Daihatsu memanfaatkan momentum peluncuran Xenia facelift sebagai yang paling akhir di antara low MPV lainnya dengan menyajikan banyak keunggulan. Penampilannya lebih keren, fitur tak kalah lengkap tapi unggul dari sisi harga yang ditawarkan lebih murah. 

Dengan segala perubahan tadi membuat Daihatsu Xenia lebih worthy dan kualitasnya setara Honda Mobilio. Dengan keunggulan tadi, Mobilio tampaknya harus segera berbenah dari kelengkapan fitur maupun desain agar tidak kian terlupakan. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Honda Mobilio S MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru